Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Posted by majalahsaran pada Agustus 31, 2009

Assalamu`alaikum Wr Wb

Alhamdulillah, kita kembali dapat bersua melalui media kita ini. Kini kita terbit untuk edisi ketiga dalam format majalah. Kami segenap pengasuh sungguh merasa bergembira karena ternyata majalah kita ini cukup mendapat sambutan hangat. Bukan saja dalam bentuk komentar tetapi juga bantuan ongkos cetaknya.

Besar harapan kami, media ini dapat terus kian baik penyajiannya dan isinya benar-benar dapat memiliki nilai informasi dan pendidikan yang bermanfaaat buat kemajuan masyarakat urang Saniangbaka di manapun ia berada, baik di kampuang halaman maupun di perantauan. Keberadaan Majalah Saran kita harapkan benar-benar dapat  menjadi penggerak dinamika masyarakat Saniangbaka.

Sajian Saran kali ini cukup banyak menginformasikan kaba dari dalam nagari, termasuk berita terhangat pengagkatan Suryadi Asmi SE sebagai penghulu bergelar Datuk Rajo Nan Sati. Informasi lainnya seputar listrik mati dan pernyataan Wali Nagari Saniangbaka Chandra Bahar menyambut bulan suci Ramadhan. Adanya berita-berita dalam nagari ini banyak berkat kesediaan  Nusa Jaya sebagai koresponden Saran untuk Saniangbaka dan sekitarnya.

Sajian lainnya, menyangkut kegiatan Pulang Basamo yang akan dilaksanakan pertengahan tahun 2010. Berbagai komentar dan masukan sudah terlontar untuk perhelatan akbar yang dikaitkan dengan IWS Cup VIII. Tidak lupa, edisi ini juga melaporkan kegiatan Muscab IWS Bekasi yang menghasilkan pengurus baru yang kini diketuai oleh Rudi Akbar, menggantikan H Faisal Akib.

Tak kalah menarik, tentu saja sajian utama Saran kali yang secara khusus menyorot tentang kiprah urang awak di dunia militer. Siapa-siapa tokoh urang awak di militer saat ini? Secara khusus dan lengkap kami tampilkan sosok Kolonel TNI AL Ruzel Habib, selain dilengkapi dengan tokoh lainnya, seperti Letkol Wahidup, Letkol Alfi Umir, dan tokoh senior Letkol TNI AD (pur) H.Syamsul Bahri SH Palimo Kayo.

Kami pengasuh menyadari, masih tetap sangat banyak kekurangan dalam tampilan Majalah Saran ini dan karena itu mohon masukannnya, terutama dukungan untuk menjadikan media ini tampil kian menarik. Akhirnya, media ini terbit dalam bulan suci Ramadhan dan boleh jadi diterima saat lebaran, maka kami menyampaikan selamat Idul Fitri 1430 H, Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin.

Wassalam,

Redaksi

Satu Tanggapan to “”

  1. Sri Wahyuni S.Pt, M.Si said

    Ass WR Wb.

    Saya Sri Wahyuni, salah seorang anak nagari saniang baka, dilahirkan dan dibesarkan di sungai penuh dan kuliah S1 dan S2 di IPB Bogor jurusan Komunikasi Pembangunan, sekarang saya Dosen di Fakultas Pertanian Unand. Sejak kecil dulu, saya sudah melihat adanya kiprah Buletin saran, kebetulan Papa saya Syafri Salam waktu itu Ninik Mamak di Sungai Penuh, jadi waktu saya SD dulu saya sering membaca buletin saran tersebut. SEkarang setelah saya menimba ilmu tentang komunikasi pembangunan, saya sadari buletin saran yang sekarang dalam 2 tahun terakhir berganti menjadi majalah saran adalah salah saty media pemersatu masyarakat yang ada di kampung dan yang ada di rantau. Saya berasumsi demikian, namun sebagai peneliti saya ingin membuktikan hal itu, apa benar majalah saran mampu berperan sebagai media pemersatu warga saning baka, jika ya bagaimana efektivitas media/majakah saran ini. Saya sudah menghubungi Uda Usman Yatim untuk berkonsultasi, saya sadari sejak saya kuliah Tahun 1997 sampai sekarang saya tidak pernah membaca majalah saran lagi, hal ini dikarenakan mobilitas saya yang cukup tinggi, selesai kuliah saya sempat tinggal di Aceh dan di Nias untuk tugas rehabilitasi Aceh dan Nias pasca sunami, saat itu saya bekerja dengan UNDP dan ADB. Dua tahun terakhir ini saya dipadang, itupun saya masih menata diri di padang ditambah kesibukan saya mengasuh anak saya. SEkarang saya ingin mulai berkiprah melalui rencana penelitian saya, saya sangat butuh informasi tentang sejarah dari mulai buletin saran sampai jadi majalah saran, struktur kepengurusan majalah saran, dan saya ingin sekali berkonsultasi dengan key informan yang dalam hal ini adalah pendiri majalah saran. Mungkin untuk sampel penelitian saya perlu majalah saran 2 tahun terakhir atau 6 edisi. Saya sudah download edisi 3, 4, 5, dan 6. bisakah saya mendapat edisi 1 dan 2. ini pertama kalinya saya berkomunikasi melalui media ini, saya mohon maaf atas salah dan khilaf dalam bertutur kata, besar harapan saya dapat dibantu. Mungkin nanti saya juga ingin menuangkan tulisan, mudah2an dapat diterima oleh masyarakat. Baiklah akhir kata saya ucapkan terima kasih banyak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: