Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

IWS Ke Depan Seperti Apa?

Posted by majalahsaran pada Agustus 31, 2009

Oleh Albar SE

Perkumpulan atau organisasi  Nagari perantauan dari Sumatra Barat yang ada saat ini sangat banyak. Organisasi kita IWS ( Ikatan Warga Saniangbaka) khususnya dari Solok cukup diperhitungkan. Bagi kita sebagai anak nagaripun sangat merasakan adanya peran dan keikutsertaan IWS dalam setiap gagasan dan harapan kita, terutama jika menyangkut masalah kampuang.

Alasannya adalah Sebagai berikut:

1.    Kita sudah dilengkapi dengan AD/ ART semenjak tahun 1990-an dan juga telah dideklarasikan
2.    Kita sudah punya struktural kepengurusan dari Pusat ( DPP) sampai DPC di hampir seluruh Indonesia.
3.    Kita punya program kerja yang jelas di setiap jenjang kepengurusan.
4.    Kita mempunyai anggota yang cukup banyak dan menpunyai rasa keterikatan dengan organisasi.
5.    Kita sudah punya sarana dan prasarana sebagai penunjang jalannya sebuah organisasi dan bahkan sudah memiliki media sejak tahun 1980 an.
6.    Kita juga sudah memiliki Gedung Serbaguna
7.    IWS  mendapat tempat yang cukup bagi setiap kegiatan yang dilakukan oleh anggotanya terutama dalam Pelaksanaan Pesta dan Penyelenggaraan Jenazah.
8.    IWS adalah wadah bagi kita untuk membuat berbagai event terutama yang bertemakan  silaturrahmi

Dari kesemua itu kita sebagai anak Nagari merasakan kibaran berndera IWS dan telah  menjadi simbol kebanggaan warga Saniangbaka. Setelah kebanggaan dan kesuksesan kita ber organisasi, dan untuk selanjutnya muncul pertanyaan” IWS ke depan seperti Apa ?

Sebagai jawaban dari pertanyaan itu menurut kami, kita perlu  menata kembali IWS untuk lebih baik lagi dan dapat mencapai kesuksesan yang lebih juga. Untuk hal ini ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, di antaranya :

1.    DPP harus mensosialisasikan AD/ ART kepada semua DPC IWS agar setiap kebijakan organisasi lebih teratur dan terukur dalan rangka mencapai visi, misi, tujuan dan saran organisasi.
2.    DPP IWS perlu lebih banyak melakukan konsolidari dengan setiap DPC, agar organisasi berjalan maksimal. DPP pun perlu lebih banyak tahu tentang kondisi DPC serta lebih mudah membuat Program yang bertaraf Nasional.
3.    DPP Harus selalu memantau DPC terutama dalan hal suksesi/ reorganisasi sehingga tidak ada lagi DPC yang mati suri dan bahkan adanya seperti tidak ada.

Demikianlah beberapa pandangan dari saya, semoga IWS ke depan dapat lebih berjaya lagi, mampu mengayomi segenap warga nagari Saniangbaka di perantauan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: