Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Pemuda Balai Lalang Giat Bangun Pos Ronda

Posted by majalahsaran pada Agustus 31, 2009

Masyarakat nagari Saniangbaka kini kian menyadari pentingnya menciptakan rasa aman di lingkungan sekitarnya. Terlebih lagi ketika dalam suasana menyambut ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke 64  dan bulan suci Ramadhan 1430 H, kondisi keamanan dan ketertiban dirasa perlu untuk dimantapkan.

Oleh karena itulah, para pemuda Balai Lalang Barat  berinisiatif membangun pos ronda dalam rangka lebih meningkatkan kegiatan keamanan lingkungan. Lokasi pos ronda persisnya berada di ujung jembatan Balai Lalang Barat.   Lokasinya terbilang  strategis  karena  berada di pusat nagari Saniangbaka.

Adanya pos ronda tersebut diharapkan segenap urang awak dalam nagari, terutama para pemuda lebih bergiat dalam menjaga keamanan lingkungan. Masalah ini terasa kian perlu  karena juga menyikapi situasi keamanan lingkungan yang akhir-akhir ini  agak meresahkan.

Untuk mengantisipasi  keadaan yang tidak diinginkan terutama munculnya tindak kejahatan baik dari dalam maupun dari luar nagari kita, dan kemungkinan terjadinya kebakaran yang diakibatkan oleh lilin dan  penggunaan lampu minyak yang tidak lagi menjadi kebiasaan masyarakat kita sekarang, maka masyarakat kita  terutama dari kalangan muda kembali menggalakkan ronda malam.

Ronda yang dikoordinir langsung oleh kepala jorong ini dilaksanakan secara bergiliran oleh setiap warga masyarakat laki-laki dewasa. Dan untuk  sarana penunjang dari pelaksanaannya, masyarakat  secara swadaya membangun kembali pos-pos penjangaan (pos ronda) terutama di tempat tempat (jorong ) yang belum memiliki pos ronda. “Warga juga mendayagunakan pos-pos yang ada seperti di Tanjungguci dan Pinyangek,” tutur Khairul salah seorang warga yang dihubungi Saran melalui telepon.

Dalam kesempatan  lain, Nusa Jaya (Pak Nus ) salah seorang warga yang tinggal di Balailalang Barat menjelaskan, sejauh ini (selama pemadaman) memang belum di temukan  kejadian- kejadian luar biasa yang membahayakan keamanan dan keselamatan warga, namun pembangunan pos ronda adalah salah satu  langkah antisipasi dan sebagai bentuk kepedulian masyarakat kita terhadap ketentraman dan keselamatan warga.

Pengerjaan  dan pengadaan bahan  Pos Ronda lebih  banyak dengan cara  gotong royong yang melibatkan  pemuda  di Jorong Balai Lalang. Segi pendanaan yang dibutuhkan diupayakan  dengan  menjalankan proposal sumbangan dana  kepada warga Saniangbaka  yang ada  di  Solok, sementara di kampuang berupa menjalankan sumbangan beras ke rumah rumah dengan ala kadarnya. Secara bertahap  akhirnya Pos Ronda pemuda Balai Lalang  sudah dapat dimanfaatkan.

M. Sonny  selaku ketua pembangunan  Pos Ronda Balai Lalang menyatakan  terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan  baik moril maupun materil. Adanya semangat membangun  Pos Ronda adalah untuk menyikapi isu  situasi  keamanan lingkungan  dalam nagari Saniangbaka  yang  meresahkan warga masyarakat akhir-akhir ini dan menjadi sarana  berkumpulnya pemuda sehabis aktifitas di siang hari. Salah seorang Pembina  pemuda menyarankan agar Pos Ronda digunakan sebagaimana mestinya. Artinya  harus  ada aturan yang dipahami  dan dilaksanakan  sehingga bisa membawa kebaikan  bersama.

Selain pembuatan pos ronda, para pemuda juga terlihat antusias menyambut HUT RI dengan melaksanakan perlombaan dan hiburan  seperti panjat batang pinang, jalan santai, Futsal ,  sepaktakraw, serta kegiatan kebersihan Surau yang bekerjasama dengan IPPSB cabang Padang.  (NJ)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: