Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Pulang Basamo Dilaksanakan Sekitar Juli 2010

Posted by majalahsaran pada Agustus 31, 2009

Laporan Adlim Gani dari IWS Cup Bali

Mengambil kesempatan emas di sela-sela pelaksanaan acara spesial turnamen bulu tangkis IWS-Cup Bali,l 27 Juni 2009, berlangsung pertemuan DPP IWS dengan DPC-DPC IWS  yang umumnya dihadiri oleh seluruh ketua DPC IWS atau yang mewakilinya.

Dari DPP IWS terlihat Ketua Umum Yunasril Angah, didampingi oleh beberapa orang ketua-ketua bidang, antara lain Ketua Bidang Olahraga dan Pemuda Ade Patria, Ketua Bidang Organisasi Eri Yongker, Ketua Bidang Usaha dan Dana Ikhlas Bahar, Ketua bidang Humas Adlim Gani beserta Ketua pembina H.Chairul Umaya SE, MM. Mereka berkumpul dan bermusawarah selama lebih kurang 2 jam.

Banyak hal yang mengemuka dalam pertemuan itu, namun secara garis besar dapat kita tarik beberapa kesimpulan dan mufakat penting sebagai berikut :

1.    Di bawah tanggung jawab DPP-IWS, Pulang basamo IWS akan diadakan  sekitar bulan Juli 2010 atau masa liburan anak sekolah, panitia pelaksana adalah DPC-IWS Jakarta.
2.    Turnamen bulutangkis IWS Cup 2010 akan digelar pada waktu yang sama dengan pulang basamo, panitia pelaksana adalah DPC IWS Solok.
3.    Diharapkan sangat perhatian dan partisipasi seluruh DPC agar bangkit dan aktif memberikan dukungan moril dan materil terhadap program atau kegiatan utama IWS yang sedang berlangsung yakni usaha penerbitan media komunikasi ”Saran” dan pembangunan gedung serba guna / GSG-IWS.

Belajar dari pengalaman pulang basamo tahun 1990-1994-1998-2002 dan 2006 yang sarat dengan nilai-nilai positif dan negatif, perlu kita lebih memperhatikan peningkatan kualitas isi pelaksanaan.

Biarkanlah pada waktu pulang basamo lalu kita terlalu semangat membawa berbagai rencana-rencana pembangunan nagari yang pembahasannya dalam seminar umum menyiita dan banyak menghabiskan waktu, juga biarkanlah pulang basamo 2006 tercatat sebagai pulang basamo sangat meriah dengan peserta terbesar, sehingga banyak orang menggambarkan kemacetan total terjadi di kota Solok akibat lewatnya mobil-mobil peserta pulang basamo Saniangbaka.

Ke depan, untuk pulang basamo 2010 kita sedang menunggu seperti apa program yang akan disiapkan oleh panitia , namun demikian sebagai sumbang saran, rasanya sudah bukan waktunya lagi kita pulang basamo dengan membawa berbagai macam rencana-rencana pembangunan nagari yang kenyataannya tidak bisa direalisasikan berkelanjutan oleh pihak-pihak yang terkait dalam nagari.

Pulang basamo kali ini kalau tidak keberatan cukuplah mengedepankan program-program sederhana yang bertujuan membangun silaturrahmi, kebersamaan dan persaudaraan dalam bentuk-bentuk acara pengajian, seni-budaya dan olah raga saja, sehingga panitiapun selama di kampung tidak terlalu sibuk, tidak kelelahan dan  memiliki kesempatan waktu yang sama dengan peserta lain dalam hal silaturrahmi,serta memperkenalkan anggota keluarganya masing-masing dengan nuansa spiritual, seni-budaya dan olahraga kesenangan orang minang, Saniangbaka khususnya dan Sumatera barat umumnya.

IWS-Cup 2010 yang akan digelar bersamaan pada acara pulang basamo sesungguhnya sudah termasuk bagian utama dari acara pulang basamo. Misi dan motto yang ditebar dalam proses pelaksanaan turnamen IWS Cup  sebagaimana yang dilakukan di Bali 27-29 Juni lalu pada intinya adalah sama yakni silaturrahmi dan kebersamaan,

Hal ini sesuai dan cocok bagi warga kita, sehingga seberat apapun tugas dan tanggung jawab ke panitiaan yang diemban dan sepanjang apapun perjalanan jauh yang ditempuh tidak terasa melelahkan. Kontingen beserta suporter dapat datang dari berbagai daerah antara lain dari Jakarta, Bandung, Jogja, Semarang, Ngawi, Lombok dan banyak lagi kota-kota lain ( berkisar lebih kurang 150 mobil dan motor  atau 1000 orang). Mereka nani diharapkan tetap bersemangat seperti dalam perjalanan jauh p/p ke Bali.

Gambaran di atas mudah-mudahan memberikan semangat baru untuk meningkatkan kualitas kemampuan managerial DPC-DKI dalam pelaksanaan pulang basamo plus IWS-Cup 2010 nanti secara lebih optimis menuai sukses dalam kerangka pulang basamo plus “mandiri dalam kebersamaan dan persaudaraan Saniangbaka”. (AG)

3 Tanggapan to “Pulang Basamo Dilaksanakan Sekitar Juli 2010”

  1. adlim gani said

    Ralat,
    Judul Tulisan ini tampaknya, terjadi salah ketik tahun (2020), semestinya 2010.
    salam

  2. Desi Asmaret said

    Bagaimana jadwal pulang basamo diadakan di minggu terakhir Juli? Kalau bisa agendanya jangan hanya turnamen saja. tapi dilengkapi dengan hiburan kesenian. Sementara untuk penguatan organisasi perlu kiranya diadakan Rapat Nasional Pengurus IWS se-Indonesia, dengan agenda membahas usulan draff AD/ART IWS dan rencana MUnas IWS, hasil Rapat ini nanti direkomendasikan untuk dapat ditetapkan pada MUnas IWS yang akan datang.tks

    • majalahsaran said

      Ibu Desi Asmaret, usulnya cukup menarik, patut didengar segenap pengurus IWS. Hanya perlu diketahui, IWS sudah punya AD/ART tapi mungkin perlu disosialisasikan lagi. Wassalam, Usman Yatim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: