Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Kolonel TNI AL (T) Ruzel: “Persiapkan Mental, Ideologi dan Kesehatan”Mental

Posted by majalahsaran pada September 5, 2009

Perwira Angkatan Laut Putra Tangaya, Kolonel TNI AL (T)  Ruzel Habib suku Koto berharap agar selalu tumbuh generasi baru dalam jalur militer dari angkatan muda Saniangbaka. Untuk  itu ia menyampaikan  beberapa masukan kepada pemuda yang berminat untuk itu. Beliau mengatakan bahwa untuk memasuki dunia kemiliteran banyak hal yang harus dipersiapkan, “Yang paling utama adalah persiapan mental, ideology dan kesehatan”, ucap Pak Kolonel kepada Saran, beberapa waktu lalu.

“Sebagai tentara angkatan laut, saya menekankan pada adik-adik sekampung agar menumbuhkan keinginan untuk membela bangsa melalui jalur militer,”kata putra Bapak Habib Pono Kayo ini memberi saran. Beliau sempat berulang mengatakan betapa pentingnya regenerasi untuk melanjutkan keterlibatan urang awak di TNI.

Harapan tersebut sejalan dengan himbauan Pemerintah dan Petinggi TNI agar generasi muda ramai-ramai mendaftar  menjadi tentara atau polisi, karena memang saat ini rasio jumlah anggota TNI plus polisi dibanding total jumlah pPenduduk masih kurang dari angka yang seharusnya, sehingga sering penanganan masalah territorial dan masalah keamanan dalam negri tidak terjangkau semuanya. Tentu tiada lain penyebabnya adalah kurangnya jumlah personel tentara/polisi, di samping juga masalah anggaran yang minim.

Dia juga menghimbau kepada yang pernah mendaftar tetapi belum lulus agar tidak patah semangat. Beliau menganjurkan agar mendaftar kembali, namun tentu dengan persiapan diri dengan lebih matang agar tidak kembali gagal. Persiapan yang utama adalah masalah mental, penguasaan tentang ideology bangsa serta kesehatan yang prima tentunya. Beliau tidak menyebut tentang persiapan uang yang banyak, mungkin sekarang dimasa sesudah reformasi ini situasinya sudah berubah, jadi tidak seperti dulu lagi. Mungkin yang dikedepankan sekarang adalah tingkat kemampuan dan kompetensi, semoga saja begitu adanya.

Dalam kesempatan pembicaraan tersebut, Pak Ruzel,  atau orang sekampung lebih mengenalnya dengan panggilan Panser ini menjelaskan dengan panjang lebar tentang perjalanan karirnya. Sejak dari pertama masuk yaitu lewat jalur Wamil, yaitu dengan pangkat Letda, sampai sekarang yaitu dengan pangkat Kolonel. Posisi Kolonel ini sudah diperolehnya kira-kira sejak tiga tahun yang lalu

Bapak dari tiga orang jagoan yakni Dian, Nico dan Dio ini mengaku banyak belajar pada seniornya yaitu Letkol (Pur) H. Syamsul Bahri Panglimo Kayo yang merupakan Paman Kandung beliau, serta Mayor (Pur) H. Hasan Latif, adalah Mamak kontan beliau, juga kepada yang lainnya. Umurnya yang baru menginjak 49 tahun memungkinkan ia untuk dapat meraih posisi lebih tinggi lagi, yaitu Pangkat  Laksamana Pertama. Walaupun memang untuk mendapatkan posisi tersebut bukanlah perkara mudah.

Menurut pengakuan beliau, di antara pengalaman yang paling berkesan dan paling berharga adalah pada waktu awal awal bertugas. Dia pada waktu itu sering melakukan perjalanan keliling dunia, dari Negara ke Negara lain, salah satunya adalah Negara Jepang. Di situ ia melihat sendiri betapa kemajuan yang telah diraih oleh bangsa yang negerinya dikenal dengan Negeri Matahari terbit tersebut. Bangsa yang pernah menjajah kita itu katanya terlihat begitu sibuk, bila berjalan hamper tidak ada yang berjalan gontai. “Kedisiplinan dan semangat kerja mereka sungguh  luar biasa,” kata Pak Ruzel suatu kali.

Pada akhir pembicaraan Beliau berpesan pada kita semua, hendaknya kita terus bekerja keras seperti yang telah dicontohkan oleh bangsa lain kepada kita. Apapun bidang usaha dan pekerjaan yang kita hadapi hendaknya tetap giat. Kita janganlah terlena dengan apa yang sudah ada. Kenapa bangsa lain maju, tiada lain adalah karena mereka pekerja keras. “ Kalau ada kemauan pasti banyak jalan, tetapi kalau udah nggak mau tentu akan banyak alasan “, pungkasnya. {yd}

5 Tanggapan to “Kolonel TNI AL (T) Ruzel: “Persiapkan Mental, Ideologi dan Kesehatan”Mental”

  1. sutrisno mulyo said

    tapi saya tidak punya uang banyak bila nanti insyaalloh bisa masuk, apa kalau tidak ada uang langsung di keluarkan

  2. indra said

    saya adlah pmuda yg smpai dtik ini
    msih berjuang
    n masih berharap bisa jd angkatan

    jd saya mhon bimbingannya
    karna saya cinta indonesia

  3. Bur Gandi said

    saya sudah gagal 2 kali di pantukhir daerah, padahal saya berharap banget bisa gabung di TNI AL & ini merupakan cita-cita saya sejak kecil.
    saya mohon bimbingan & doanya.

  4. arif said

    doain ya saudaraku semua, saya bulan desember tgal 17 besok mau daftar tni al. mohon doanya semua agar saya diberi kelancaran dan kemudahan dalam menghadapi testnya hingga saya menjadi prajurit tni.amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: