Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Prajurit Saniangbaka Dari Dulu Hingga Sekarang

Posted by majalahsaran pada September 5, 2009

Diyakini keterlibatan urang Saniangbaka dalam keprajuritan sudah sejak zaman perjuangan perlawanan terhadap Belanda dan Jepang. Namun tim Saran baru dapat menelusurinya sejak  zaman kemerdekaan. Masa keterlibatan urang awak dalam dunia keprajuritan, dibagi dalam tiga masa, yaitu; masa kemerdekaan, masa Orde Baru dan masa reformasi hingga sekarang.

1.    Masa Perjuangan Kemerdekaan.

Tokoh Saniangbaka yang bergabung dalam militer pada masa kemerdekaan dan sesudahnya (Orde Lama) adalah; Lettu Dinar Lukman (wali Dinar) suku Sikumbang, Kopral Syahbudin (Koto Raso), Kopral Kamaludin ustad (Sikumbang), Kopral Djamin (Sikumbang), Kopral Bujang Ma`a (Sikumbang), semuanya bertugas di wilayah Sumbar dan sekitar. Yang lainnya adalah Kapten BK Sudaryono (Buyuang Pasa) bertugas di kesatuan RPKAD yang sekarang bernama Kopasus. Kemudian ada sersan Sofiyan Bawai dan sersan Zaimar Damani, dua duanya bertugas di kesatuan Marinir TNI Angkatan Laut yang basis utamanya adalah di Surabaya. Pada saat inilah masa-masa awal berdirinya IWS.

2.    Masa Orde Baru

Putra Saniangbaka yang masa-masa aktif kemiliterannya lebih banyak kurun waktu Orde Baru ini adalah: Mayor H. Hasan Latif (Koto Raso), Letkol H. Syamsul Bahri Panglimo Kayo (Sikumbang), Letkol H. Salmi Jalal (Sumpadang), Kapten Latif Nur dan termasuk juga Peltu Bakri (TNI AD) Sikumbang. Selama tiga dekade tahun 70an sampai tahun 90an, mereka telah berjasa untuk negara dan bangsa Indonesia. Di samping itu perhatian kepada saudara sekampungpun tak mereka lupakan.

Pada masa ini merupakan saat berbondongnya urang awak dari kampung ka rantau, sehingga persoalan yang sering mencuat di tengah warga adalah mengenai urusan tempat usaha. Di situlah bantuan dan peran aktif tokoh militer kita begitu dibutuhkan. Kita dengar peran tokoh militer Saniangbaka itu begitu dirasakan masyarakat. Dan yang paling banyak disebut adalah peran H. Syamsul Bahri Panglimo Kayo. Pada masa ini juga dinilai sebagai masa begitu aktifnya IWS.

3.    Masa Reformasi hingga sekarang

Anak Saniangbaka yang masa aktifnya dalam era reformasi hingga sekarang merupakan jumlah terbesar dibanding masa sebelumnya. Di antara mereka adalah: Kapten Nafriyon (TNI AD) Sumpadang, Kolonel Ruzel Habib (TNI AL) Koto Raso, Letkol Wahidup (TNI AL) Sikumbang, Letkol Alfi Munir (TNI AL) Piliang, Sersan Hendra Ajo (TNI AL) Koto, Serka Yoni Efrizal (Kopasus) Sikumbang, Lettu Desri Putra (TNI AD CBA, bertugas sebagai Danton Ang Kima Yonif 643/WNS Pontianak, Kalbar) Sumpadang, Sersan Deli (TNI AD) Piliang, Sersan Afrizal (polisi) Piliang, Serma Sanofa (polisi) Balaimansiang, Brigadir Alhamdi (polisi) Piliang, dan Brigtu Medika Andesba (polisi) Koto. Kemungkinan masih ada lagi urang awak yang belum tercatat oleh Saran.

Situasi dan kondisi yang dihadapi pada masa sekarang tentu berbeda dengan masa dahulu.  Banyak juga yang telah mereka perbuat, walaupun kepopuleran mereka ini belum seperti masa-masanya Mayor Hasan Latif dan kawan-kawan, tetapi mengingat masa dinas mereka masih panjang mungkin saja mereka bisa berbuat menyamai atau bahkan melebihi.

Demikianlah data-data warga Saniangbaka yang pernah dan sedang aktif dalam kancah kemiliteran. Kemungkinan data ini belum lengkap, mohon maaf juga bila ada kesalahan dalam menuliskan nama, pangkat serta suku masing- masing Tokoh. Kami minta kepada para pembaca untuk menyampaikan bila ada yang salah dan terlewatkan.  (YD)

Satu Tanggapan to “Prajurit Saniangbaka Dari Dulu Hingga Sekarang”

  1. Medika Andesba said

    Assalammu’alaikum.wr.wb. salam sejahtera kepada semuanya khususnya IWS, bahwasannya menginformasikan bahwa Briptu.Medika Andesba,SH.(KOTO) sekarang bertugas di Polrestabes Bandung di Satuan Fungsi BA RESKRIM dengan bertugas melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, alhamdulillah, sekarang sedang melaksanakan Pendidikan S2. salam kepada Keluarga Besar IWS. Wassalammualaikum.Wr.Wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: