Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Tangaya Adventure Peduli Gempa Sumbar

Posted by majalahsaran pada November 29, 2009

Gempa 30 September 2009 dengan kekuatan  7,6  SR telah menguncang pulau Sumatera, meluluh lan- takkan sebagian wilayah  Sumatera Barat, tepatnya di daerah  kota Padang, Pariaman dan Agam. Lebih dari 850 orang korban meninggal dan  diperkirakan  ratusan korban lainnya yang masih hilang atau terkubur ter­timbun longsor dan bangunan akibat gempa yang terbilang dahsyat tersebut

Bencana gempa ini cukup me­nye­dot perhatian dan empati dari masya­rakat luas, baik dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini ditunjukkan dengan  banyaknya relawan lokal dan asing  yang berdatangan  membantu tugas medis, evakuasi korban dan tugas-tugas lain­nya. Bantuan berupa uang makanan  dan logistik  lain­nya terus mengalir deras baik secara pribadi, lembaga sosial atau penggalang­an dana melalui media massa. Pemirsa dan pembaca dengan penuh keperca­yaan menitipkan   donasinya  bagi korban  gempa Sumatera.

Liputan media televisi se­perti TV One, Metro TV,   RCTI  — yang diiringi dengan musikal Saluang  ciri khas Minang Maimbau — membuat warga Minang yang ada di perantauan  ter­gugah dan ingin pulang kampuang   untuk berbagi rasa  dengan para dunsa­nak yang tertimpa musibah gempa.

 

Bentuk kepedulian masyarakat Saniangbaka

Setelah diadakan pengumpulan bantuan untuk korban gempa di kenagarian Saniangbaka berupa uang, sembako dan obat-obatan maka pada hari Minggu tanggal 4 Oktober 2009, lebih dari 80 orang pemuda Saniangbaka  yang tergabung dalam kelompok Off-roader Tangaya Adventure berangkat menuju daerah yang tertimbun  longsor­an  akibat gempa, tepatnya di Nagari Gunung  Tigo dan Nagari Tandikek, Ka­bu­paten Padang Pariaman untuk me­nyam­paikan langsung bantuan dari masya­rakat Saniangbaka.

Rombongan diketuai oleh Kristison Kamil jo Bunsu. Ikut dalam rombongan tersebut antara-lain Atrizon S.Pd selaku ketua BMN, Yunisbar Marah Banso, dan Serka Yoni Efrizal. Sebelum berangkat, Wali Nagari Saniangbaka Dasrizal Candra Bahar memberikan arahan kepada rom­bongan  bahwa kegiatan yang dilakukan sebagai wujud kepedulian masyarakat Saniangbaka atas kondisi tanggap daru­rat  akibat  gempa yang melanda daerah Sumatera Barat. Diingatkan agar rom­bongan dalam perjalanan mematuhi tertib berkendaraan di jalan raya, guna  meng­hin­d­ari kejadiaan yang tidak diinginkan.

Perjalanan menempuh rute Padang Panjang. Setelah Ishoma di Lembah Anai, rombongan melanjutkan perjalanan me­nu­ju Sicincin. Setelah sampai di daerah lokasi bencana gempa,  tepatnya  di Nagari Gunung Nan Tigo, bantuan yang telah dikemas  dan diikatkan pada tiap motor off-road langsung diserahkan  dan diterima oleh beberapa orang perwakilan  masyarakat Nagari Gunuang Nan Tigo. Mereka mengungkapkan rasa haru dan berterima kasih kepada masyarakat Saniangbaka, yang telah menujukkan kepeduliannya.

Bantuan tahap dua

Pekan berikutnya, tepatnya hari Sabtu tanggal 10 Oktober 2009, Tangaya Adventure kembali menyampaikan bantuan untuk korban gempa, kali ini ke nagari Malalak di Kabupaten Agam.  Berbekal pengalaman perjalanan ke Nagari Gunuang Nan Tigo, tim Off-road yang telah ditunggu oleh tim Off-road Bukit Tinggi, berupaya mengefektifkan  waktu perjalanan.

Mencermati  begitu tingginya ting­kat kepedulian masyarakat Saniang­baka terhadap bencana gempa kali ini, sepertinya  akan ada  bantuan tahap ketiga dan berikutnya.  Dilansir  masih ada kelompok  pemuda di Saniangbaka yang  menyalurkan  bantuan untuk meringankan penderitaan korban gempa  yang melanda wilayah kota Padang, Pariaman dan Agam.  1 (Nusa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: