Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Walimatussafar Calon Jamaah Haji IWS

Posted by majalahsaran pada November 29, 2009

Bagi yang Mampu Supaya Menunaikan Ibadah Haji

Penasehat DPP IWS, H. Yon  Helmi Ahmad, menghimbau kepada Warga Saniang¬baka yang telah punya ke¬mam¬puan supaya menunaikan ibadah Haji. Hal itu disampaikannya pada acara Wali¬matussafar (pelepasan) Calon Jemaah Haji (Calhaj) Ikatan Warga Saniangbaka (IWS), di Gedung Serba Guna (GSG) IWS,  Cibitung,  Sabtu 24 Oktober 2009 lalu.

Acara dimulai jam 10.00 WIB, ber¬langsung meriah dan cukup khidmad. Para warga IWS dan warga Ikatan Keluarga Minang (IKM) serta jamaah Mesjid Jami Nurul Amin, berdatangan untuk memberikan do’a restu kepada para Calhaj.

Para Calhaj adalah Ketua Umum DPP IWS Yunasril Anga, Ketua Bidang Dakwah Ustadz Sudirman Pakih Mudo, tokoh IWS Cimahi H. Nofrizal ( Ery Buya), dan Ketua Bidang Dana DPP IWS Ir Ikhlas Bahar.Warga IWS lainnya adalah, Mardanis  (isteri Sudirman Pakih Mudo), Susi Akmal (isteri H. Zulkifli Mak Etek), Asnidar Koto, Nuri Sumpadang,  Mardiah Si¬kum¬¬bang, Rusdi Jalal Sum¬pa¬dang, Merry (isteri Ikhlas Bahar), Yurhar¬lis Balaimansiang, Hj Asmanidar Bais Tanjuang (isteri almarhum H. Zainal Jamil), dan Dewi Zainal beserta suami.

Hadir juga pada acara ini Ketua DPC IWS Jakarta, H. Andri Novel, Ketua DPC IWS Bandung Raya Hafrizal Rangkayo Sutan, H. Nursal Chan, H. Ery Buya, Rusdi Bagindo Sutan, para penasehat DPC IWS Bandung Raya, Dewan Panasehat DPP IWS H. Azwar Akib dan H. Syamsul Bahri Ibrahim, serta Ketua Dewan Pembina DPP IWS, Drs H. Chairul Ummaiya Arifin, Letkol Wahidup, dan Letkol Alfi Munir.

H. Yon Helmi, yang sering memimpin kajian Alqur’an pada  pengajian min¬g¬guan di Gedung Serba Guna IWS, me¬nyampaikan selamat menunaikan ibadah haji kepada seluruh warga IWS, dimana¬pun berada. Ia tak lupa berpesan agar Calhaj menjaga kesehatan dan makanan, supaya tidak mengalami gangguan  dalam melaksanakan ibadah Haji.

Haji Mabrur

Diingatkan bahwa bagi yang telah mampu, tapi tak ada niat untuk naik haji, maka bagi yang bersangkutan tinggal pilih, mau matinya Yahudi, atau Nasrani, atau matinya sebagai orang yang beriman. “Oleh karena itu, tunaikanlah ibadah haji. Dalam melaksanakan jangan berbantah-bantah sebagai kita suami isteri, dan jangan suka omongan yang tidak perlu, apalagi bicara porno. Laksa¬nakanlah ibadah sesuai dengan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad  SAW. Pasanglah niat untuk mengerjakan haji semata mata karena Allah SWT, janganlah ria dan sombong,” demikian tausyiah H. Yon Helmi, seraya mengutip Ayat Suci Alqur’an Surat Albaqarah (2) ayat 197, yang menegaskan bahwa “ sebaik-baiknya bekal adalah taqwa”.

Balasan bagi yang telah  selesai me¬ngerjakan haji adalah haji mabrur, yakni ada perubahan dalam tingkah laku dan beribadat kepada Allah SWT, menjadi orang mukmin dan taqwa, dan  menjaga diri dari perbuatan dosa serta menjauh¬kan diri dari perbuatan yang dilarang oleh agama Islam.

H. Yon Helmi Ahmad mengutip Alqur’an surat Albaqarah (2) Ayat 177 : “Bukanlah menghadapkan wajahmu ke a rah timur dan barat itu  suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebaikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemu¬dian,Malaikat-malaikat, Kitab-kitab, Nabi-nabi, dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musa¬fir [yang memerlukan pertolongan], orang-orang yang meminta-minta, memerde¬kakan hamba sahaya, mendirikan Sholat, dan menunaikan zakat; Dan orang-orang yang menempati janjinya apabila berjanji, orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar [imannya]; dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa “.

Disambut gembira

Salah satu kegembiraan dari keluarga Besar IWS diseluruh Indonesia adalah, berangkatnya Ketua Umum DPP IWS Yunasril Anga beserta jajaran pengurus DPP IWS lainnya, menunaikan ibadah haji pada tahun ini. Hal  ini tergambar dengan antu¬siasnya warga IWS Jakarta, Bekasi dan sekitarnya untuk hadir dalam acara Walimatussafar  Calhaj  IWS di GSG IWS Cibitung.

Hafrizal Rangkayo Sutan, Nursal Chan, H. Ery Buya, Rusdi Bagindo Sutan, Musbar Munap, adalah beberapa nama diantara warga IWS yang secara terbuka menyampaikan rasa syukur  dengan kepergian Yunasril Anga naik haji tahun ini. Mereka berharap, semoga semua tokoh IWS dan warga IWS pada umumnya dapat pula mengi¬kuti jejak beliau menunaikan ibadah haji pada tahun-tahun berikutnya.

Eri Yongker Rajo Bujang, Ketua Bidang Organisasi DPP IWS, adalah   orang yang paling gembira dan ber¬syukur, atas keberangkatan Yunasril Anga. Sebagai sobat yang selalu rajin mendampingi Ketua Umum DPP IWS melakukan kunjungan ke DPC-DPC IWS, termasuk pulang kampuang ke Saniang¬baka, Solok dan Padang, antara ke¬duanya sudah ibarat aua jo tabiang. Pada berbagai kesempatan acara kegiatan organisasi IWS, Eri Yongker lah orang¬nya yang selalu mendorong supaya Yunasril Anga  naik Haji. Hal itu diakui sendiri oleh Yunasril Anga, seperti ia katakan ketika menyampaikan sam¬butannya pada acara Walimatussafar di  GSG Cibitung.

Yunasril Anga dalam sambutannya tak lupa mengucapkan terimakasih kepa¬da Sobat kentalnya, H.Yon Helmi Ahmad, yang telah mendorong dan mem¬beri semangat, dan bantuannya, sehingga bisa melaksanakan haji pada tahun ini. Demikian pula kepada seluruh warga IWS, yang telah datang memberikan do’a restunya kepada para calon jemaah haji IWS tahun ini.

“Semoga kami diberikan kekuatan iman dan kesehatan jasmani dan rohani, serta kelapangan dan kemudahan,   sela¬mat pulang pergi, sehingga bisa berkum¬pul kembali dengan seluruh keluarga nantinya, Amin,” kata Yunasril Anga, seraya memohon maaf atas  segala kekhi¬lafan dan kesalahan, yang diperbuat selama ini, baik disengaja maupun yang tidak disengaja.

Secara khusus beliau juga meng¬ucapkan terima kasih kepada panitia, yang telah bersusah payah untuk melak¬sanakan acara ini. “Kemudian juga kepada semua pihak yang mengisi acara penuh khidmad ini, sekali lagi kami ucapkan terima kasih,” tambahnya dengan penuh santun.

Yunasril Anga  juga menganjurkan agar di tahun-tahun mendatang, jika warga IWS akan mengadakan acara pelepasan atau Walimatussafar bagi warga yang akan naik haji dari seluruh Indonesia, supaya penyelenggaraannya dipusatkan di GSG IWS Cibitung ini. “Supaya warga IWS lebih mudah, dan tidak perlu mendatangi warga yang akan pergi naik haji  ke rumahnya masing-masing. Oleh karena itu, saya meng¬him-bau agar warga IWS memanfaatkan  GSG IWS di Cibitung ini untuk acara melepas Calhaj, atau Walimatussafar. Alangkah indahnya, warga IWS dilepas naik haji di GSG IWS Cibitung ini,” katanya.

Manfaatkan GSG IWS Cibitung

Acara Walimatussafar Calhaj di GSG IWS Cibitung ini adalah yang kedua kalinya diadakan oleh DPC IWS Bekasi dan DPP IWS untuk melepas Warga IWS naik haji secara nasional. Pada tahun  2007, juga pernah di¬adakan acara serupa,  untuk melepas keberangkatan  H. Zulkifli Mak Etek, H. Adril Mak Etek, dan H. Edison Jalal, ke tanah suci Mekkah.

H. Zulkifli Mak Etek menghimbau dan menyarankan kepada warga IWS yang akan naik haji  pada tahun yang akan datang, agar mengadakan acara Walimatussafar di Gedung Serba Guna IWS Cibitung ini. “Kalau dapat acara ini juga dibarengi oleh dengan halal bihalal IWS, jadi calon jamaah haji yang berada di perantauan ataupun di kampuang dapat ikut acara Walimatussafar IWS secara nasional di Gedung Serba Guna IWS ini,” sarannya.

“Kalau kita mengadakan acara Walimatussafar secara sendiri-sendiri, tentu akan me¬makan biaya yang mahal, dan belum tentu semua warga IWS bisa hadir. Jadi, akan lebih baik jika warga IWS memanfatkan ge¬dung Serba Guna IWS Cibitung ini,” ujar lanjut , kata H. Zulkifli Mak Etek. (ISDT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: