Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Pemda Kabupaten Solok Tetapkan Batas Nagari Saniangbaka dengan Muara Pingai

Posted by majalahsaran pada November 30, 2009

Senin tanggal 9 November 2009, bertempat di Kantor Bupati Aro Suka dilaksana- kan pertemuan tertutup anta-  ra utusan dua nagari Nagari, yaitu Nagari Saniangbaka – Kecamatan X Koto Singkarak dengan Nagari Muara Pingai – Kecamatan Junjung Sirih. Perte­muan diinisiasi  oleh Pemda Kabupaten Solok,  sebagai  upaya  untuk mencari pe­nye­­­lesaian tapal batas antara kedua nagari.

Persoalan tapal batas antar kedua nagari ini, memang pernah  menjadi pemicu konflik, dan hingga sekarang belum juga ada penyelesaian hitam di atas putih yang bisa jadi acuan bagi kedua belah pihak. Ibarat kata pepatah, bak tarapuang tak anyuik tarandam tak basah, maiilia indak ka muaro.

Pertemuan diikuti oleh perwa­kilan   pe­tinggi dari masing-masing nagari. Nagari Saniang­baka diwakili oleh Dasrizal Candra Bahar, E.Dt Palindih, HM. Dt Mudo Nan Sati, Anwa Dt Mudo Nan Kuniang, Atrizon S.Pd, dan Yunisbar Marah Banso. Semen­tara  Nagari Muara Pingai diwakili oleh Zulkifli SH,  HM.Nur Dt Kabasaran, Kamius, Abdul Jafar, dan Rusdini. Ikut hadir dalam pertemuan ter­sebut  Camat Junjung Sirih Drs Suharmen, dan Camat X Koto Singkarak Drs. Dafrizon.

Di akhir-akhir masa jabatan dalam periode sekarang ini, Bupati Solok H. Gusmal SE MM sengaja membentuk tim penetapan dan penegasan batas wilayah administrasi pemerintahan nagari di lingkup Kabupaten Solok.

Ketua Tim  Malfider SH.MM, dalam arahannya menyatakan, iktikad baik dari Pemerintahan Daerah Kabupaten Solok hendaknya dibarengi  dengan sikap ke­ter­bukaan dan semangat kerjasama   (kooperatif) antar kedua belah pihak. “Jan maukua pulau nan talampau juo, jan bakilah-kilah juo, lai duduak permasa­lahan­nya, demi untuk menuju kata sepakat yang final,” pintanya. Ini dimaksudkan untuk “menekan” pihak yang tak serius (plin plan) dalam proses penyelesaian nantinya

Pertemuan menghasilkan kese­pa­katan kedua belah pihak, yang dituang­kan dalam bentuk Berita Acara. Dinyatakan bahwa penetapan dan pene­gasan batas antara nagari Saniangbaka dengan nagari Muara Pingai, ditetapkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Solok, sesuai dengan Permendagri No.27 tahun 2006 pasal 9 ayat (3).

Wali Nagari Saniangbaka, Dasrizal Candra Bahar ketika dihubungi, menya­takan bahwa kesepakatan awal yang ter­tuang dalam berita acara pertemuan ter­sebut, akan ditindaklanjuti oleh tim. Arti­nya, masih akan ada proses berikutnya yang meminta kesa­baran. Pe­nyelesaian sang­keta per­batasan memang membut­uh­kan waktu yang tidak cepat. Bisa jadi   kem­bali dalam bentuk pene­lusuran, pertemuan-pertemuan, dan lain seba­gainya.

Berkenaan dengan adanya BRI­MOB, yang ditugaskan Pemda Sumatera Barat dan Solok di Villa dekat SMAN 2 X Koto Singkarak, diusulkan untuk tetap ditugaskan seperti  biasa, sampai ada penyelesaian yang permanen.

Anwa Dt Mudo Nan Kuniang, sela­ku penghulu nan tuo dalam nagari Saniang­­­baka, yang ikut dalam delegasi nagari Saniangbaka, tampak agak kurang puas. Dengan penuh semangat dikisah­kannya,  sejak tahun 1975 dan tahun 1982 ia sudah mengikuti pertemuan dalam rangka penye­lesaian perba­tasan dengan Muara Pingai. Waktu itu sudah duduk pa­re­tong­an nan dibuek, tidak seperti seka­­rang yang masak pagi matah patang.

Beliau tampaknya sangat paham betul dengan akar per­soalan dan dengan tabiat orang Muara Pingai. Lebih lanjut dije­laskan, pihak Saniangbaka sudah sejak awal atau pertemuan sebelumnya sudah menyerahkan persoalan ini kepada pihak Pemda Kabupaten Solok. Persoalannya ialah, penghulu yang me­wakili Muara Pingai sekarang ini,  tidak ada lagi yang selevel. Artinya, penghu­lunya banyak yang muda-muda, sehingga mereka kurang memahami posisi yang sebenarnya. “Dalam penye­lesaian nanti diharapkan agar jangan ada lagi dusta diantara kita, apalagi kemu­nafikan. Istilahnya masak patang matah malam,” pinta Anwa Dt Mudo Nan Kuniang. 1 (Nusa)

Satu Tanggapan to “Pemda Kabupaten Solok Tetapkan Batas Nagari Saniangbaka dengan Muara Pingai”

  1. saniangbaka said

    SUDAH SANGAT LAMA GAK SELESAI JUGA………\
    CAPEK DEH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: