Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Semarak Ramadhan di Mushalla Istiqlal (Surau Tangah)

Posted by majalahsaran pada November 30, 2009

Dalam rangka menyemarakkan Ramadhan 1430 H Remaja  Mushalla Istiqlal (Surau Tangah) Saniangbaka mengadakan serangkaian kegiatan, mulai dari penyelenggaraan  MTQ sampai acara bedah film Islami. Pengurus dan jamaah Surau Tangah juga menyelenggarakan acara latur buka puasa bersama.

MTQ  tingkat kenagarian  Sanian­gbaka mempe- rebutkan piala bergilir Wali Nagari dan Tropi lepas sum­bangan dari Ir Edi Sumanto M.Si dan H.Syukri Suid. Kegiatan MTQ yang yang berlangsung di Mushalla Istiqlal (Surau Tangah) dari tanggal 11 s/d 13 September 2009 tersebut, diikuti oleh 13 utusan Surau yang ada di Kenagarian Saniang­baka.

Wali Nagari Saniang­baka, Dasrizal Candra Bahar, dalam sambutannya pada acara pembukaan mengemukakan  bahwa  MTQ  kali ini hendaknya  menjadi  ajang seleksi  MTQ tingkat kecamatan,  yang pada tahun 2010 mendatang kebe­tulan  nagari Saniangbaka  akan menjadi tuan rumah.

Kegiatan  MTQ  ditutup oleh Sek­retaris Nagari (Rusmadi Panito Pinya­ngek). Berhasil keluar sebagai juara umum  dalam MTQ tersebut utusan dari Surau Kapalo Banda .

Selanjutnya, pada tanggal 15 September 2009, Remaja Surau Tangah  be­kerja­sama dengan Forum Komunikasi Pelajar Islam Solok (FKPIS),  menye­lenggarakan acara  Bedah Film Islam. Kalangan warga masyarakat menghadiri acara ini dengan penuh antusias, khu­susnya  warga yang bermukim di sekitar Surau Tangah.

Pada acara ini antara lain ditayang­kan film kisah perjuangan rak­yat Pales­tina dalam melawan Zionis Israel, dan film-film Islami lainnya, termasuk dianta­ranya film Islami yang mengandung pesan agar anak tidak durhaka kepada kepada orang tua (birru walidain).

Latur buka puasa bersama, yang menjadi tradisi urang Saniangbaka,  diadakan oleh pengurus  bersama jamaah Surau Tangah pada hari kamis  tanggal 17 September 2009. Latur kali ini meru­pakan kegiatan latur yang pertama kali diadakan  di Surau Tangah, dan sebagai latur  penutup di kenagarian Saniangbaka pada Rama­dhan 1430 H ini.  Sebelumnya  telah diadakan  latur di Surau  Kapalo Ban­da, Surau Palak Ubi, Surau Sikum­bang tapi Aia, surau Bungo Lapau Manggih.

Salah seorang pengurus Surau Tangah, Zainal, mengatakan bahwa rangkaian kegiatan yang diadakan di bulan Ra­madhan   1430 H  kali ini  adalah dalam rangka memfungsikan Surau sebagai mana mestinya. Dijelaskan bahwa, disamping  tempat ibadah, dakwah, dan pendidikan, fungsi Surau  juga merupakan  tempat pembinaan  bagi generasi muda  (remaja), sekaligus untuk memeliharan silahturrahmi  antara sesama warga masyarakat. 1 (NJ)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: