Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Deni Nurdin: Warga IWS Bali dan Lombok Dukung Pulang Basamo

Posted by majalahsaran pada Februari 28, 2010

Ketua BIdang Humas DPC IWS Bali, Deni Nurdin ,menyatakan kepada SARAN, bahwa warga Tangaya di Bali dan Lombok, siap mensukseskan pulang basamo 2010. ”Insya Allah, kami basamo samo rombongan, barangkek dari Bali menuju Jakarta,” ucapnya.

“Baitu juo imbauan dari adinda dr Zulakhbar pada  Saran edisi lalu, tentang pulang basamo 2010 perlu awak cermati dan renungkan. Mari kita tingkatkan, rasa kebersamaan dan program apo nan ka awak karajoan, yang bermanfaat untuk nagari tercinta dalam Pubas 2010 ini, mudah-mudahan ado kenangan indah nan ditinggaan di kampuang sabalun awak baliak karantau.”

Deni Nurdin Tanjung juga, meminta supaya acara di kampuang disusun secara, rapi dan penuh kenangan, seperti acara batagak gala bagi para Datuak atau Pangulu dalam Nagari. Mengganti atau menghidupkan tunggua pangulu nan alah dilipek, dan yang telah wafat, diberi kesempatan kepada kaumnya untuk kembali menghidupkan gala tersebut.

Tentu saja semua itu sesuai dengan kreteria dan syarat-syarat yang telah diatur menurut adat. Kemudian juga acara , batagak gala sanak kamanakan, yang menikah, perlu diadakan. Sebagai urang Minang ketek banamo gaadang bagala.

“Acara  batagak gala dan penghulu ini diadakan, dalam rangka meningkat rasa kebersamaan antar warga nagari saciok bak ayam sadanciang bak basi, acara batagak gala penghulu atau Datuk diadakan siang hari , sedangkan batagak gala anak kemenakan malam hari, dengan acara kesenian anak nagari,dan tidak dicampur dengan  kesenian  lain , murni kesenian tangaya,” kata Deni Nurdin.

Haji Thamrin Katik

Sementara itu mantan pengurus Muhammadiyah, Saniangbaka,  tahun 70 an, H Thamrin Katik, sangat mendukung diadakannya Pulang basamo IWS Tahun 2010, dan berharap semoga sukses, dan dapat meninggalkan buah tangan, untuk kampuang yang berguna untuk masyarakat nagari.

H Thamrin katik ,suku sumpadang, sekarang tinggal di Pisangan Lama Jakarta Timur, menghimbau kepada, warga Saniangbaka di perantauan untuk peduli dengan, nagari. Bagaimana  supaya mereka peduli dengan pendidikan di kampuang halaman.

“Perlu ada  kepedulian kita terhadap pendidikan sekoklah Tsanawiyah, dan Aliyah Muhammadiyah Saniangbaka, yang memerlukan dana untuk pembiayaan pengelolaan pendidikan yang sangat besar. Sekolah Tsanawiyah Muhammdiyah defisit Rp 6 juta perbulannya, ini perlu bantuan,”  kata Pak H Thamrin Katik.

Harus Tinggalkan Oleh-oleh

Pansehat DPC IWS Bekasi, Harmunis Katik, menghimbau kepada Panpel Pubas 2010, untuk dapat meninggakan cindera mata atau oleh-oleh bagi orang kampuang, yang bisa dikenang,dan bermanfaat bagi orsang kampuang dalam jangka panjang. Harmunis Katik,kurang setuju, dengan mobil ambulan sebagai oleh panitia Pubas. Perlu ada terobosan dari panitia untuk dapat memikirkan, bagaimana Warga kampuang, dapat motivasi , dan semangat dari rantau, dengan mendapat bantuan modal usaha pertanian seperti dapat bijo dan bibit tanaman coklat, dan bawang secara cuma-cuma,kemudian memberikan   santunan kepada guru-guru mangaji di surau surau di kampuang.

Sementara itu panasehat DPC IWS Cimahi Zulfikri Hamzah, menyatakan, warga IWS Cimahi, siap untuk mensukseskan acara Pubas IWS 2010, namun  perlu ada bantuan dari DPP IWS dan Panpel Pubas untuk dapat memberikan subsidi kepada warga  yang kurang mampu untuk  ikut pulang basamo. Hal itu disampaikan oleh Zulfikri dalam acara  pertemuan DPP IWS dan DPC IWS Jakarta, Bekasi, Cimahi dan Bandung Raya di GSG IWS Cibitung pada  Minggu, 24 Januari 2010.

Penasehat IWS Cimahi Zulfikri juga melaporkan bahwa jumlah warga IWS  di Cimahi adalah sebanyak 135 KK, Kegiatan rutin adalah pengajian bulanan, olahraga dan pengumpulan dana organisasi dari celengan warga. Zulfikri Hamzah juga, menghimbau,supaya Warga Nagari untuk tetap kompak,dan permasalahan Nagari  diselesaikan dengan cara kekeluargaan. (IDT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: