Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

DPP IWS Galang Kebersamaan di Rantau dan Kampung Halaman

Posted by majalahsaran pada Februari 28, 2010

Ketua Umum DPP IWS (Dewan Pengurus Pusat Ikatan Warga Saniangbaka) H. Yunasri Anga dan Eri Yongker Rajo Bujang (Ketua Bidang Organisasi) melakukan rangkaian kunjungan ke berbagai daerah, akhir Januari hingga awal Februari 2010. Perjalanan itu bermula dari Yogyakarta dan berakhir di kampung halaman Saniangbaka.

Kunjungan DPP IWS  ke DPC IWS  dalam rangka konsolidasi organisasi, melihat dari dekat kegiatan organisasi IWS dan berbagai permasalahan yang dihadapi, sekaligus menjalin silaturahim antar urang awak di perantauan. Kunjungan ini juga dalam rangka melihat persiapan pelaksanaan pulang basamo yang akan dilaksanakan awal Juli 2010. Sedangkan kunjungan ke Saniangbaka, selain menyangkut persiapan pulang basamo juga membangun silaturahim dan kebersamaan antara tokoh, pemimpin dalam nagari dengan masyarakat nagari.

Mengawali kunjungan, 21 Januari, DPP IWS bertemu dengan beberapa DPC IWS seputar Jawa di Yogyakarta. Pak Angah yang didampingi Pak Yongker  saat itu melantik DPC IWS  Yogya yang baru, dengan Ketua  H. Syaiful Adnan menggantikan H. Andri Malano yang mengundurkan diri. Setelah itu DPP mendengarkan berbagai masukan dari warga. Anga dalam kesempatan ini minta DPC-DPC IWS serius mempersiapkan diri untuk kegiatan pulang basamo yang tidak berapa lama lagi.

Dua hari setelah petemuan Yogya, DPP IWS bertemu dengan empat DPC IWS di Gedung Serba Guna (GSG) Cibitung, Bekasi. Yang hadir adalah DPC IWS DKI,  Bekasi, Bandung Raya dan Cimahi. Turut hadir H. Chairul Umaiya, Ketua Dewan Pembina DPP IWS. Hadir juga Redaksi SARAN serta dua tamu kehormatan, yakni Aktifanus Jawahir, mantan aktifis IWS dan Tabrani Sabirin, anggota DPRD Banten, putra Saniangbaka.

Pertemuan di GSG Cibitung ini membahas tiga tema, yakni: organisasi, pulang basamo dan seputar kehidupan dalam nagari. Secara umum forum berpendapat bahwa masalah dalam nagari diserahkan sepenuhnya kepada urang dalam Nagari. Menyangkut isi SARAN yang sempat dipertanyakan, dinilai Yunasril Anga biasa saja, tidak ada yang berlebihan.  Forum juga memutuskan bahwa pulang basamo sudah mantap yakni pada awal Juli 2010.

Setelah itu kunjungan pun berlanjut ke DPC IWS Padang. Pertemuan terjadi Senin, 25 Januari 2010. Topik pembicaraan seputar masalah dalam nagari, terutama terkait masalah dunia maya (internet). Sejumlah anggota masyarakat sudah keranjingan facebook namun disayangkan isinya digunakan untuk menyebarkan isu, memojokkan Wali Nagari dengan bahasa tak santun yang dapat mengganggu kebersamaan antara masyarakat dan pemimpinnya.

Esoknya, kunjungan dilanjutkan ke kota Solok. Pertemuan dilakukan di rumah H. Syukri, Ampang Kualo. Hadir dalam pertemuan itu DPC Solok, Pengurus KAN (Kerapatan Adat Nagari)  dan  BMN (Badan Musyawarah Nagari). Hadir juga Wakil Ketua DPRD Kab Solok Ir. Edi Sumanto dan lain- lain. Dalam pertemuan ini, lagi-lagi dibicarakan hal-hal seputar dalam nagari. Kesimpulannya, tokoh-tokoh di dalam nagari, terutama Wali Nagari sebagai pemimpin harus lebih meningkatkan kinerjanya, membangun semangat kebersamaan, menjadi pemimpin yang patut diteladani.

Kunjungan DPP IWS terakhir berlangsung di kampung halaman tapi hanya dilakukan oleh Ery Yongker karena H Yunasril Anga ada tugas di tempat lain. Pertemuan pertama berlangsung di rumah Datuk Gadang Kapalo Labuh,  yang dihadiri Ketua DPP IWS Ery Yongker,  Wali Nagari Dasrizal Chandra Bahar, Ketua KAN H. Syukri Dt Gadang , Ketua  BMN Atrizon, Wali Jorong Balai Panjang dan Aia Angek.

DPP  IWS dalam kesempatan ini meminta agar masalah dalam nagari dapat diselesaikan dengan baik oleh lembaga yang ada di kampung, mengingat kita akan menghadapi pulang basamo. DPP IWS berharap ketika Pulang Basamo nanti kehidupan dalam nagari benar-benar dalam suasana penuh persaudaraan. Wali Nagari, KAN dan BMN harus saling menjalin kebersamaan. Melihat keseseriusan DPP IWS, Ketua KAN pun merespon dengan kesiapan mendampingi dan mengawal kepemimpinan Nagari ke depan.

Selanjutnya pertemuan berlangsung di Kantor Wali Nagari, Rabu malam, 3 Februari 2010. Pertemuan ini dihadiri anggota BMN lengkap,  Wali Nagari beserta jajarannya, serta Ketua KAN Dtk Gadang. Pertemuan cukup hangat, penuh suasana keterbukaan, blak- blakan dan juga semangat untuk memperbaiki sesuatu yang tidak sesuai. Semua yang hadir sepakat mencarikan jalan terbaik untuk kesejahteraan Saniangbaka. Ketua DPP IWS Eri Yongker berharap Wali Nagari bersama KAN dan BMN dapat menyelesaikan berbagai persoalan yang ada dengan semangat keterbukaan, kebersamaan, dan dapat menjadi panutan masyarakat. (DPP)

Satu Tanggapan to “DPP IWS Galang Kebersamaan di Rantau dan Kampung Halaman”

  1. mobil88 said

    wah…wah…wah, menurut http://mobil88.wordpress.com info Anda dalam blog ini menarik….sukses ya !!🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: