Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

H. Andri Novel, Ketua Pelaksana Pulang Basamo:Pulang Basamo Untuk Kebersamaan Membangun Nagari Tercinta

Posted by majalahsaran pada Februari 28, 2010

Ketua DPC IWS Jakarta H. Andri Novel yang dipercaya sebagai Ketua Pelaksana Panitia Pusat Pulang Basamo menyampaikan komitmennya bahwa pulang basamo tahun ini harus benar-benar dalam suasana kebersamaan untuk memacu pembangunan dalam nagari. Dia berharap, pemimpin bersama masyarakat dalam nagari dapat bersatu sehingga membawa kegairahan pula bagi warga perantauan yang pulang kampuang.  Berikuit ini petikan percakapan singkat SARAN dengan pak Andri Novel, 13 Februari lalu.

Semangat apa yang membuat kita perlu mengadakan pulang basamo?

Untuk memperkuat silaturrahmi sesama  keluarga Saniangbaka yang lamo ndak basuo karena masing- masing hidup di tempat baserak atau berjauhan, maka even yang terbaik untuk itu adalah dengan mengadakan kegiatan pulang basamo. Sudah sejak 50 tahun lalu urang awak mulai marantau, mungkin ada yang sudah selama itu belum berjumpa.

Dengan pulang basamo memungkinkan kita basuo jo dunsanak dan keluarga sakampuang di tanah kelahiran awak atau orangtua. Mengenang dan mengulang keakraban masa lalu. Memperkenalkan anggota keluarga baru, membahas kembali nasab keturunan, saling tukar informasi tentang usaha dan kegiatan sekarang. Dapat mengingat kembali  waktu dulu belajar mengaji di masjid dan surau- surau. Mengenang masa- masa bermain di waktu kecil, dan banyak hal lagi yang dapat dilakukan.  Yang lebih utama lagi adalah membuat kebersamaan untuk membangun nagari tercinta.

Apa target yang hendak dicapai ?

Kita tidak muluk- muluk, tetapi kita berkeinginan agar pulang basamo kali ini lebih baik dari yang lalu- lalu. Ada suatu bekas yang berkesan hendaknya ketika  kita meninggalkan kampung nantinya. Kalau pada tahun1994 ada program batu tarajuik, maka pada Pulang Basamo 2010 ini  untuk  menargetkan beberapa program, seperti; pengadaan ambulans, pustaka nagari, 1000 tafsir, yang ketiganya merupakan sebagai program utama. Ada lagi beberapa kegiatan rutin seperti; batagak gala, IWS Cup, lari gembira dan lain sebagainya.

Apa yang mesti dipersiapkan oleh peserta pulang basamo nanti ?

Yang paling utama tentu saja fulus, persiapkanlah keuangan sebanyak- banyaknya. Semakin banyak kita membawa dana, akan semakin banyak pula yang bisa kita perbuat. Yang kedua adalah memperkuat koordinasi terutama bagi tim panitia. Koordinasi sangat penting sekali mengingat kegiatan pulang basamo kita kali ini akan lebih besar dari yang sebelumnya.   Juga jangan lupa menjaga kesehatan, jangan sampai pada saat perjalanan nanti kita kurang fit, supaya tidak mengganggu kelancaran perjalanan.

Bagaimana kiat panitia untuk kesuksesan acara ?

Berbagai upaya  akan dilakukan oleh panitia demi kelancaran dan kesuksesan pulang basamo ini. Di samping terus melakukan sosialisasi, panitia akan berusaha untuk mendapatkan sponsor dari berbagai relasi usaha warga di perantauan ini. Juga akan mengumpulkan dana dari warga kita yang berkelebihan rezeki.  Pokoknya segala potensi akan kita himpun demi kesuksesan kegiatan kita ini. Kami sangat berharap semua kita bersama- sama bermurah hati, memberikan apa yang bisa kita berikan untuk kemajuan Nagari kita. (yd)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: