Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

H. Khairul Umaiya, Ketua Pulang Basamo: “Saya Optimis Pulang Basamo Tahun Ini Lebih Sukses”

Posted by majalahsaran pada Februari 28, 2010

Melihat suasana rapat Panitia Pulang Basamo (Pubas) yang diadakan di RM Manisa Jaya, Perumnas Klender, Minggu, 21 Februari 2010, H.Khairul Umaiya yang dipercaya sebagai Ketua Umum Pubas kali ini sekaligus tuan rumah pada rapat itu mengaku optimis bahwa pulang basamo kali ini akan lebih sukses dibanding pulang basamo sebelumnya. “ Kita optimis angkanya bisa mencapai 2500-3000 warga akan ikut serta dalam Pulang Basamo kali ini,” ucap dia disela- sela rapat.

Rapat pada malam itu memang  cukup ramai. Semua peserta rapat, termasuk utusan Cimahi, terlihat begitu bersemangat mengikuti jalannya acara. Hampir semua hadirin menyampaikan usulan dan pendapat untuk kelancaran acara nanti.

Setelah membuka acara, M.Edrison Kamil, protocol acara meminta Ketua Umum Pubas untuk memimpin langsung acara rapat. Ketuapun mengambil alih dan memulai rapat dengan pembahasan proposal pelaksanaan pulang basamo. Sebelumnya dibagikan lembaran rancangan proposal itu kepada para peserta rapat, di dalamnya tertulis beberapa item seperti dasar pelaksanaan acara, tema, tujuan, kegiatan/program, penyelenggara,  peserta, rancangan pengeluaran dan  rencana pemasukan. Dilampirkan juga Daftar Struktur Kepanitiaan.

Pembahasan diawali dengan masalah kegiatan /program untuk pulang basamo nanti. Ada sepuluh rancangan yang tertulis, yaitu, pengadaan ambulan, seribu tafsir, penghijauan, bakti social, sarasehan/seminar, batagak gala, lomba olahraga dan seni budaya, bazaar, membangun carano, dan malam resepsi. Lalu ada tambahan program, perpustakaan Nagari. Disela pembicaraan, Ketua Pubas menyebutkan bahwa anggaran untuk pendidikan anak Nagari patut dimasukkan sebagai program.

Pembicaraan yang paling hangat pada malam itu adalah mengenai pembahasan rancangan anggaran penerimaan. Dan yang menjadi bintang pada malam itu adalah DKI. Saat itu, Pengurus DPC DKI yang hadir  mengaku menerima beban estimasi penerimaan dengan angka perkiraan Rp 100 juta. Bila ditambahkan dengan perkiraan estimasi dari DPC  lain seperti,  Bekasi,  Cimahi, Bandung Raya, Yogyakarta, Semarang, Bali, Lombok, Solo dan DPC lainnya, maka terlihat angka sekitar Rp  400 juta lebih, melebihi rancangan pengeluaran sementara sebelumnya yang berjumlah Rp 350 juta.
Memang suasana itu semakin memunculkan rasa optimistis.  Terbuka peluang untuk menyiapkan bentuk  program dan kegiatan yang lebih monumental dalam rangka mewujudkan kemajuan Nagari. Tentu saja rancangan program dan kegiatan yang dibahas itu belum final, di samping belum ada pembahasan bersama dengan panitia  di kampong. Panitia pusat di Jakarta pun saat berita ini ditulis masih dalam proses penyeleseaian proposal. (yd)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: