Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

H.Syukri Dt, Gadang Terpilih Sebagai Ketua KAN Saniangbaka Periode 2010 – 2015

Posted by majalahsaran pada Februari 28, 2010

Melalui proses pemilihan yang demokratis, H.Syukri Dt, Gadang terpilih sebagai Ketua KAN (Kerapatan Adat Nagari) Saniangbaka Periode 2010-2015. Dia didampingi oleh   Rusmadi Pandito Pinyangek sebagai Sekretaris , dan Drs Irfan Umir Dt Mustafa sebagai Bendahara.

Rapat pembentukan pengurus KAN Saniangbaka periode 2010 s/d 2015 dilaksanakan di lantai 2 gedung MTsM Saniangbaka, Minggu, 10 Januari 2010. Rapat dihadiri oleh Wali Nagari, BMN (Badan Musyawarah Nagari). Selain itu diikuti oleh ± 85 orang peserta rapat yang terdiri dari Bundo kanduang  dan urang ampek jinih  nagari dalam nagari Saniangbaka. (Penghulu kaum, Manti, Pandito dan dubalang adat).

Rapat yang diawali dengan acara pembukaan, bertindak sebagai protokol Nasir St Nangkodoh dengan susunan  acara berupa mendengarkan laporan panitia pelaksana dalam hal ini disampaikan oleh Naspi Dt.Mudo Nan Itam, kemudian laporan  Ketua KAN, E.Dt Palindih yang diantaranya disampaikan laporan pertanggung jawaban keuangan semasa periode jabatannya dan sambutan dari Wali Nagari Saniangbaka Dasrizal Chandra Bahar, dalam penyampaiannya dijelaskan  bahwa KAN adalah elemen penting dalam nagari apalagi kita sebagai orang Minangkabau lebih lanjut disampaikan bahwa apabila Adat berfungsi dalam nagari maka nagari  akan aman. Setelah acara pembukan selesai  baru  peserta rapat, masuk kepada acara inti yaitu pemilihan  pengurus KAN yang baru. Selanjutnya rapat dipimpin oleh H. Nurijal Dt Sinaro Nan Kuniang.

Menjelang shalat  dzuhur masuk peserta rapat baru hanya bisa menyelesaikan dan menyepakati tata tertib rapat pemilihan, Setelah disepakati sistem pemilihan, seperti persyaratan yang umum  dan biasa pada lembaga KAN atau pada  organisasi sosial kemasyarakatan lainnya. Cuma saja ditambahkan oleh anggota rapat  bahwa yang dicalonkan nanti syaratnya adalah orang Saniangbaka yang berdomisili di kampuang. Setelah itu pimpinan rapat mempersilakan anggota rapat untuk urung rembuk  berdasarkan kelompok sukunya untuk menetapkan  dan mengusung  kandidat sebagai anggota formatur.  Pada giliran berikut akan dipilih  oleh seluruh anggota rapat yang hadir melalui kertas surat suara untuk menentukan siapa yang akan duduk sebagai ketua KAN

Adapun nama-nama yang diusung  dari masing-masing suku adalah  Albasri Dt B Nan Gadang oleh suku Koto, E.Dt.Palindih mewakili pilihan Suku Sumpadang, Jufri D. Dt Tanpatih mewakili Suku Sikumbang. Sementara itu  H. Syukri Dt.Gadang  diusung oleh Suku Balai Mansiang dan Suku Piliang.  dan Rusmadi Pandito Pinyagek diusung oleh Suku Pinyangek dan Guci, serta yang terakhir  Irfan Umir Dt  Mustafa merupakan pilihan suku Tanjuang.

Suatu hal unik dari pelaksanaan rapat pemilihan pengurus KAN  ini adalah penentuan sekretaris  KAN  juga dilakukan  pemungutan  suara melalui kertas suara, demikian juga pemilihan bendahara. Jadi  artinya, pemilihan  pengurus KAN berlangsung dengan sangat demokratis betul-betul murni pilihan peserta rapat. Sebegitu demokratisnya pemilihan kepengurusan KAN akhirnya hanya baru bisa memilih  pengurus inti yang terdiri dari : Ketua  : H.Syukri.Dt Gadang, Rusmadi Pandito Pinyangek sebagai Sekretaris , kemudian Drs Irfan U.Dt Mustafa sebagai Bendahara.

H.Syukri Dt, Gadang sebagai ketua KAN terpilih ketika diminta menyampaikan sepatah kata, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan  dan ini adalah amanah. Lebih lanjut beliau mengharapkan kerjasama yang baik, bimbingan basamo dalam melaksanakan tugas nanti, bak kato pepatah “Kok kurang tolong ditukuk, kok Senteng tolong dibilai, kok tabanama tolong disilami, kok hanyuik tolong dipintehi,  Kok hilang tolong di cari.

Mengingat waktu yang sudah tidak memungkinkan selanjutnya  pimpinan dan anggota rapat menyepakati untuk memberikan tugas  dan kepercayaan kepada pengurus inti KAN yang terpilih  membentuk struktur kepengurusan yang lengkap dalam jangka waktu  2 minggu. Setelah selesainya rapat pembentukan pengurus KAN kali ini.

Di antara sekian banyak penghulu dalam nagari baik yang berdomisili di kampuang, di Solok dan di Padang,  penghulu dari suku Piliang  tidak seorangpun yang berkesempatan untuk hadir. Ini sangat disayangkan, mengingat  tema yang diusung dalam acara rapat pemilihan pengurus KAN kali ini adalah “Basamo-samo kito Mangumbalian Saniangbaka Nan Baradat Kajadi Camin taruih Koto Piliang

(Nusa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: