Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Drs. H. Nafrizal Pakih Sinaro: Pubas 2010 Harus Bawa Buah Tangan

Posted by majalahsaran pada Juni 6, 2010

Salah seorang tokoh IWS Bandung Cimahi Drs. H. Nafrizal Pakih Sinaro mengatakan agar Pulang Basamo Warga Saniangbaka 2010 ini lebih berkesan dan harus membawa buah tangan. “ Pulang basamo kali ini kita harus membawa buah tangan sebagai oleh-oleh yaitu dengan pelaksanaan program yang riil dan mendapatkan kesan dan apresiasi dari warga yang di kampong halaman” kata H. Nafrizal memulai pembicaraan dengan Saran di kediamannya di Jalan Leuwigajah Cimahi, Senin 26 April lalu.

Pria enerjik yang lebih dikenal dengan panggilan Eri Buya ini menuturkan, dengan adanya buah tangan dalam kegiatan pulang basamo tentu akan memberi dampak yang positif baik untuk urang awak di kampung maupun yang di  rantau, terutama yang ikut serta Pulang Basamo.

Kalau tiap kali kegiatan ini dilaksanakan tidak membawa program yang jelas untuk nagari tentu tidaklah akan efektif, dan yang terlihat hanyalah urang rantau pulang basamo-samo tapi tidak meninggalkan apa-apa. Ditambahkannya, program riil yang akan dilaksanakan di kampung  tidak perlu juga banyak-banyak cukup 1 atau 2 saja tapi mempunyai dampak yang luas dan berguna dalam jangka panjang.

“Misal untuk Pubas 2010 ini, kita melakukan penyelesaian pembangunan Kantor Wali Nagari yang tingkat 2. Dengan selesainya kantor Wali Nagari ini, selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan bagi anak nagari sebagai sarana dan media pendidikan. Bisa nanti di sana dibuka kursus komputer, perpustakaan nagari dan kegiatan lainnya. Program selanjutnya adalah dengan menanam pohon jati di sepanjang batang air, yang akan bermanfaat untuk melindung pinggir sungai dari longsor dan meperkuat struktur tanah di sana.”

Untuk itu dia mengharapkan bahwa Pulang Basamo ini tidak perlu menggelontorkan program yang muluk-muluk dan membutuhkan dana yang besar. Terpenting ada yang ditinggalkan untuk nagari dan berguna dalam jangka panjang. “

Kegiatan seminar, sarasehan dan bentuk-bentuk diskusi lainnya lebih baik tidak diadakan. Pengalaman selama ini, hal semacam itu tidak ada tindak lanjut dan implikasinya bagi nagari. “Kegiatan tersebut hanya membuang waktu dan energi dan setelah itu dilupakan,” katanya lagi.

H. Eri Buya mengatakan bahwa warga Saningbaka di Bandung Raya sangat mendukung kegiatan Pulang Basamo ini. “Kami Panitia Pubas IWS Bandung Raya sedang berusaha keras dalam rangka mensukseskan kegiatan ini, baik dengan mengelola urang awak sebanyak mungkin sebagai perserta juga dalam penggalangan dana agar warga yang ikut nanti dapat disubsidi serta menyiapkan dana untuk berpartisipasi mewujudakn buah tangan untuk nagari” demikian kata H. Nafizal. (Musfiardi Amwa)

H. Mursal Chan:

Program dalam Pubas Harus Sesuai Kebutuhsan Nagari

Bandung, Saran.

Mantan Ketua DPC IWS Cimahi H. Mursal Chan mengatakan agar program yang akan dilaksanakan dalam Pulang Basamo 2010 ini, haruslah seseuai dengan kebutuhan di Nagari. “ Sebelum Panitia Pulang Basamo membuat Program tentu meminta masukan dulu dari pemuka masyatakat di Nagari, seperti Wali Nagari, Ketua KAN dan Ketua BMN. Kan beliau-beliau itu yang sangat memahami kebutuhan masyarakat  nagari. “ kata H. Mursal ketika dihubungi melalui ponselnya Selasa, 27 April lalu.

Sebagai tokoh dan sesepuh warga Saningbaka yang pernah memimpin IWS Cimahi selama 18 tahun ini, mengharapkan terutama kepada yuniornya di IWS Cimahi dalam rangka mensukseskan Pubas 2010 ini untuk dapat bekerjasama dengan semua yang berkepentingan, baik  tua maupun yang muda. Terutama meminta pendapat dan nasehat kepada mereka yang sudah berpengalaman dalam organisasi IWS. Dengan begitu

kegiatan pulang basamo ini dapat berjalan dengan baik. Dia menyarankan agar organisasi IWS ini mempunyai kas abadi yang akan menyokong segala aktifitas organisasi. Dia mencontohkan kalau ada kegiatan keluar daerah janganlah membebani anggota pengurus yang jadi utusan, tapi harus didukung dengan dana organisasi. Dengan begitu seperti untuk kegiatan Pulang Basamo ini, guna menunjang kerja panitia haruslah didukung dengan dana yang memadai. Jadi tidak perlu pontang-panting mencari dana saat diperlukan.

Pendapat lain disampaikan salah seorang Penasehat DPC IWS Cimahi saat ini, Zulfikri Hamzah, dengan adanya dana abadi ini kita dapat mempunyai rencana strategis untuk mengembangkan organisasi IWS dimasa mendatang. Kalau memungkinkan nanti IWS Cimahi dan Bandung Raya suatu saat ini mempunyai bangunan gedung sendiri seperti yang ada di Cibitung Bekasi. Yang terpenting dalam organisasi urang awak anak adalah keterbukaan. Sikap keterbukaan ini perlu ditumbuhkan dalam organisasi urang awak dimanapun baik di rantau maupun di nagari, agar kepercayaan seluruh warga tetap terjaga “Bagi urang awak yang terpenting adalah keterbukaan. Biarlah orang lain melakukan korupsi miliaran rupiah, tapi dalam organisasi urang awak jangan coba-coba. Untuk itu kepada pengutus atau panitia kegiatan apa saja dalam organisasi urang awak harus hati-hati dan terbuka dalam pengelolaan keuangan” timpalnya mengingatkan.

Zulfikri Hamzah yang pada tahun 1990 an aktif di IWS Jakarta, saat ini tetap berkiprah di IWS Cimahi dan menjadi pengarah dalam Kepanitiaan Pulang Basamo Cimahi. Disamping ikut dalam kepanitiaan dia juga akan ikut sebagai peserta Pubas nanti bersama keluarga, anak, menantu dan cucunya. Dia sangat berharap Pubas 2010 ini lebih sukses dari Pubas sebelumnya dan menghindari diri dari kesan hura-hura. Pubas kali ini haruslah didukung program yang jelas dan bermanfaat bagi warga di kampong baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. (Musfiardi Amwa).

Kabar Gembira

Telah lahir dengan selamat putra ketiga dari Musfiardi Amwa (Korespoden SARAN

Bandung Raya) di Rumah Sakit Bersalin Astana Anyar Bandung pada Senin, 5 April 2010 yang diberi nama : Ferdi Hidayatullah Saputra

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: