Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

H.Alirman Sikumbang: Kesuksesan Pubas 2010 Sebagai Tes Buat Panitia Menjadi Calon DPP IWS

Posted by majalahsaran pada Juni 6, 2010

H.Alirman Sikumbang , mantan Sekretaris Umum DPC IWS Jakarta Priode 1996-2000 di bawah ketuanya H.Jasmi Akib, berpendapat  mereka yang duduk sebagai Panitia Pusat Pulang Basamo 2010, seperti Haji Andri Novel, merupakan tes atau uji coba untuk dapat tampil ke pentas nasional, memimpin DPP IWS.

Oleh karena itu, H.Alirman Sikumbang sangat mendukung kegiatan  Pulang Basamo IWS 2010. Dia berharap, pubas dapat berlangsung dari awal sampai akhir dengan  aman dan sukses, serta dapat dikenang sebagai Pubas IWS yang spektakuler dan menumental.

H.Alirman Sikumbang  mengatakan, pubas sekarang harus sukses karena Ketua Umum panitia adalah H.Chairul Ummaiya,  mantan Ketua Umum DPP IWS Priode 2002-2006 yang telah berhasil memajukan dan  memimpin IWS  sehingga telah dikenal sebagai organisasi  kemasyarakatan  rantau Minang di Jakarta. Sedangkan Ketua Pelaksana adalah H Andri Novel, tokoh muda yang kini memimpin IWS Jakarta.

H.Alirman sangat bangga dengan generasi  pengurus DPC IWS Jakarta sekarang  karena dipimpin oleh generasi yang ulet dan gigih serta punya kemampuan di bidang  materi. “Mereka tidak segan untuk merogoh kantongnya sendiri untuk kegiatan organisasi dan sangat kompak. Mereka punya loyalitas yang tinggi terhadap IWS dan Nagari,” ucapnya.

Menurut H.Alirman, keberhasilan pulang basamo IWS tahun 2006 yang lalu juga tak lepas dari kinerja mereka sebagai panitia. Kini untuk Pubas tahun 2010,  keberhasilannya juga tak lepas dari sepak terjang  mereka, di bawah pimpinan H.Andri Novel dan kawan-kawan.

“H. Andri Novel sebagai Ketua Harian Pubas IWS 2010 adalah sangat tepat. Mudah-mudah H Andri Novel dan kawan –kawan  pada Mubes IWS tahun  2011 yang akan datang siap untuk menjadi   pucuk pimpinan DPP IWS priode 2011-2015. Nampaknya  Pubas IWS ini dijadikan sebagai tes terakhir bagi para pimpinan DPC IWS Jakarta untuk nantinya  apakah bisa atau tidak mereka duduk  di jajaran Pengurus DPP IWS di masa datang,” tutur H.Alirman Sikumbang.

Nampaknya,  menurut H.Alirman,  untuk bakal calon Ketua Umum DPP IWS masih tetap didominasi oleh 2 kandidat,  yakni H Yunasril Anga dan H. Chairul Ummaiya. Kedua orang ini adalah tokoh IWS  yang sangat popular dan punya kemampuan yang hebat di bidang organisasi dan  disenangi  oleh Warga IWS.

Pada zaman DPC IWS Jakarta dipimpin oleh H.Jasmi akib Dan H.Alirman, primadona kegiatan yang menonjol adalah menyediakan ambulan  bagi warga yang meninggal, sensus penduduk dan warga IWS, kotak amal di restaurant, warung dan toko, tarawih keliling di bulan Ramadhan, buka puasa bersama, santunan hari raya.

H.Alirman berharap kepada  DPC IWS Jakarta supaya selalu melibatkan dan mengundang  orang tua-tua  dan mantan pengurus IWS  pada setiap kegiatannya. Hal ini sangat penting untuk kita tetap membangun silaturahim antara yang muda dan tua.

“Kalau kita melupakan nan tuo, kita tidak akan mendapat berkah Allah. Melupakan nan tuo-tuo membuat kita  menjadi pongah. Nan tuo, nan alah bapangalaman, tampek awak maminta nasihat, mambuek awak randah hati karano bisa sajo awak diberanginyo. Manarimo kritik dari nan tuo pertando awak berjiwa besar,” kata H.Alirman Sikumbang.

H.Alirman,  Suku Sikumbang  adalah anak ke 2 dari almarhum Haji Manan Geren dan Nurijah. Dia lahir di Saniangbaka, 5 Maret 1956, dan isterinya Hj.Suhasni Bahar, umur 48 tahun, suku Sumpadang.

H.Alirman Sikumbang dikenal sebagai aktifis dan penggiat Arisan kaum Ibu IWS Jakarta bersama Hj Darnawati Darwis,  isteri H.Jasmi Akib. Dia  dikaruniai  2 orang anak yakni ; Syarullah, 21 tahun, kuliah di Universitas Moestopo (Beragama) jurusan Jurnalistik, dan  Novi Haslira,  20 tahun,  kuliah  di Perbanas.

Prinsip dari H.Alirman,  anak harus sakolah ke perguruan tinggi. “Jaan takah awak lo anak wak tu, awak ndak sakolah. Masalah kerja dan keberhasilan  nantinya itu adalah urusan takdir dan nasib,” ucapnya.

Terpenting, lanjut H.Alirman Sikumbang,  kita menanamkan etos kerja, semangat kerja serta keuletan dan kegigihan dalam setiap kerja dan urusan. Kita perlu menanamkan sifat jujur dan amanah, sopan santun. “Lebih penting lagi, harus selalu  berpedoman dan taat beribadah kepada  Allah SWT dengan selalu menjalankan  ajaran Islam,” demikian kata H.Alirman Sikumbang. (ISDT).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: