Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Panduan Pelaksanaan Pulang Basamo 2010

Posted by majalahsaran pada Juni 6, 2010

PENGANTAR

Pulang Basamo 2010 merupakan bagian dari kalender kegiatan rutin 4 (empat) tahunan warga Saniangbaka Perantauan yang dikelola langsung oleh masing-masing panitia yang dibentuk oleh setiap DPC yang ada di daerah, dan di koordinir panitia pusat yang dibentuk oleh DPC DKI Jakarta, dibawah tanggung jawab penuh Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Warga Saniangbaka (DPP. IWS). Kegiatan ini terutama sekali bertujuan melepas taragak / rindu warga rantau terhadap tanah kelahiran dan juga dimaksudkan untuk meningkatkan rasa persatuan sesama warga rantau dan warga yang berada di kampung dalam sinergi pembangunan Saniangbaka ke depan dalam bentuk fisik dan moral sipiritual.

Petunjuk pelaksanaan PULANG BASAMO ini memberikan informasi mengenai tata tertib peserta, tempat pemberangkatan, pemberhentian, kepanitiaan, waktu pelaksanaan dan jadwal acara selama dikampung, serta informasi lain yang ada hubungannya dengan Pulang Basamo.

Semoga dengan adanya panduan ini dapat memberikan kemudahan bagi para peserta sebagai dokumen tertulis yang dapat digunakan pedoman.

Ø  LATAR BELAKANG

“Sajauh-jauh tabang bangau, suruiknyo ka kubangan juo. Sajauh-jauh bujang marantau, pulangnyo ka kampuang juo..”.

Merantau merupakan suatu tradisi budaya yang masih tetap berlangsung semenjak abad ke-6 sampai sekarang. Merantau selain untuk berusaha juga mempelajari ilmu pengetahuan, ketrampilan dan mencari pengalaman. Tradisi merantau juga menambah kekerabatan dengan etnis lain.

Tradisi merantau juga sudah sejak lama dilakukan oleh orang Saniangbaka. Berhubung semakin banyaknya warga Saniangbaka yang merantau, maka pada tahun 1968 terbentuklah organisasi Ikatan Warga Saning Bakar (IWS) di Jakarta pada sebuah rapat di rumah Bpk. H. Muslim Atin dengan Ketua untuk pertama kalinya Bpk. BK Sudaryono dan Sekretaris Bpk. H. Darwis Sutan Batuah. Dalam perjalanannya IWS terus berkembang seperti sekarang ini yang memiliki Cabang/DPC di berbagai daerah.

Sebagai wujud cinta mereka terhadap kampung halaman, orang Saniangbaka senantiasa ingat dan rindu / taragak dengan kampung halaman Saniangbaka. Disisi lain, dengan semakin berkembangnya organisasi IWS, maka kerinduan warga di perantauan ke kampung halaman tersebut direspon positif oleh Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Warga Saniangbaka (DPP IWS) dengan mencantumkan kegiatan pulang basamo ke salah satu Program DPP IWS tahun 2010.

Pulang basamo merupakan program 4 (empat) tahunan DPP IWS yang telah dimulai sejak tahun 1990. Melalui kegiatan ini warga Saniangbaka yang berada dikampung halaman diharapkan mendapatkan manfaat dan kontribusi yang optimal dari warga perantauan.

  • DASAR PELAKSANAAN
  1. AD/ART IWS
  2. Program kerja DPP IWS
  3. Hasil rapat DPP IWS dan DPC IWS pada waktu IWS Cup bulan Juni 2009 di Bali.
  4. Saran dan masukan warga, baik yang berada di rantau maupun yang berada dikampung termasuk unsur pemerintahan Nagari.
  • NAMA DAN TEMA KEGIATAN

Kegiatan ini dinamakan Pulang Basamo Ikatan Warga Saniangbaka (IWS) 2010 Dengan tema : Dengan Pulang Basamo kita wujudkan Saniangbaka nan Sejahtera

  • TUJUAN KEGIATAN
  1. Menumbuh kembangkan rasa cinta pada kampung halaman Saniangbaka yang tercinta.
  2. Membangkitkan rasa kepedulian warga perantauan pada kampung halaman tanah leluhurnya.
  3. Mengenalkan Nagari Saniangbaka kepada urang sumando/sumandan serta anak kemenakan yang lahir di perantauan.
  4. Meningkatkan dan memperkokoh silaturrahmi sesama warga Saniangbaka.
  5. Menggerakkan pembangunan nagari.
  • WAKTU DAN TEMPAT

Pelaksanaan Acara Pulang Basamo Ikatan Warga Saniangbaka (IWS) diselenggarakan selama 9 (sembilan) hari yaitu tanggal 1 s/d 9 Juli 2010 bertepatan dengan liburan sekolah secara nasional. Peserta pulang basamo direncanakan berangkat dari Jakarta (Start Mesjid At Tin TMII) pada hari Kamis tanggal 1 Juli 2010 pukul 16.00, dan diperkirakan tiba di Kota Solok hari Sabtu tanggal 3 Juli 2010 kemudian bersama-sama menuju ke Kampuang (Jadwal terlampir).

  • KEGIATAN / PROGRAM

Dari panitia Pusat

  1. Seribu Tafsir Al-Quran.
  2. Perpustakaan Nagari.
  3. Jalan Sehat Prima
  4. Seminar, Pendidikan, Budaya dan Ekonomi Saniangbaka.
  5. Sunatan Massal dan Checking Gula Darah.

Dari Panitia Penyambutan

  1. Acara Penyambutan kedatangan rombongan Pulang Basamo.
  2. Gotong royong pembersihan jalan dan got/banda/lawang disekitar nagari.
  3. Batagak Gala/Penghulu.
  4. Turnamen Bulu Tangkis IWS Cup.
  5. Bazar makanan khas Saniangbaka di Balai Gadang plus Panggung Gembira.
  6. Malam resepsi acara puncak / penutupan Pulang Basamo
  • PESERTA

Peserta pulang basamo adalah seluruh keluarga besar warga Saniangbaka di perantauan, urang sumando/sumandan dan besan yang terdaftar di masing – masing DPC IWS se-Indonesia. Jumlah peserta pulang basamo diperkirakan sekitar 2.000 orang dengan mengunakan sekitar15 bus dan 200 kendaraan pribadi. yaitu:

  1. DPC IWS Jakarta
  2. DPC IWS Bekasi
  3. DPC IWS Bandung Raya
  4. DPC IWS Cimahi
  5. DPC IWS Sumedang
  6. DPC IWS Tegal
  7. DPC IWS Yogyakarta
  8. DPC IWS Purworejo
  9. DPC IWS Semarang
  10. DPC IWS Wonosobo
  11. DPC IWS  Temanggung
  12. DPC IWS Solo
  13. DPC IWS Surabaya
  14. DPC IWS Ngawi
  15. DPC IWS Bali
  16. DPC IWS Lombok
  17. DPC IWS Bangko
  18. DPC IWS Pekan Baru
  19. DPC IWS Palembang
  20. DPC IWS Lampung
  21. DPC IWS Padang
  22. DPC IWS Jambi
  23. DPC IWS Lubuk Lingau
  24. DPC IWS Solok.
  • PENYELENGGARA :

Penyelenggara Pulang Basamo IWS terdiri dari :

1. Panitia pusat  dibentuk oleh DPP IWS (Susunan Panitia terlampir)

2. Panitia Daerah dibentuk oleh setiap DPC IWS se-Indonesia.

3. Panitia kampung dibentuk oleh unsur nagari (Wali Nagari, KAN, BMN, MUI, Pemuda, dan Bundo Kanduang).

  • KEPANITIAAN

Acara Pulang Basamo Ikatan Warga Saniangbaka (IWS) tanggal 1 s/d 9 Juli 2010 dilaksanakan oleh Panitia Pusat dan Panitia Daerah (Kampuang) dengan susunan Panitia sebagai berikut :

STRUKTUR KEPANITIAAN PULANG BASAMO IWS 2010

A. Pembina           : 1.Wali Nagari Saniangbaka

2.Ketua Kerapatan Adat Nagari Saniangbaka

3. Ketua Badan Musyawarah Nagari Saniangbaka

B. Penasehat         :

1. Letkol (Purn) H. Syamsul Bahri Panglimo Kayo

2. Drs. H.Mustafa Kadir

3. Mayor (Purn) H. Hasan Latif

4. Letkol (Purn) H. Salmi Djalal

5. H. Yon Helmi

7. H. Sudasril Darwis

8. H. Azwar Akib

9. H. Masdar Bahar

10. H.Syamsul Bahri Ibrahim

11. Lukmi St Marajo

12. Eri Yongker Rajo Bujang

13. H. Nurman Nur

14. H. Isbar Wahab

15. Sudirman Pakih Mudo

C. Penanggung jawab     : Ketua Umum DPP IWS Yunasril Angah

D. Penyelenggara           :

Ketua Umum        : Drs. H. Chairul Umaiya

Ketua Pelaksana   : H. Andri Novel

Ketua Dana          : Ir. Ikhlas Bahar

Anggota              : Eklapi Aska, Drs. Suryatman Yasin, H.

Murdisyam, H. Wendy Koto, IY DT

Bandaro Basa, H. Edison Djalal, Rudi

Akbar, H. Syaiful Wahab, Rino

Kurniawan,  Ade Patria.

Ketua Program     : Ir. Adlim Gani

Anggota              : H.Bathrik SE,

Ir. Hardzal Bahar, H. Zulkifli ME,

Drs Yulnasman Yasin.

Ketua Transportasi : H. Syaiful Kamil

Anggota                : Hendra Gustian, Herman, Gusmadi,

Faisal Blok A, Aviz, Rico Blok A,

Joni Mustika, Abrar, Ilfadr, Beni Koto

Ketua Humas dan Publikasi       : Is Datuk Bandaro Aceh

Anggota                                  : Drs. Zulheldi MS, Musfiardi Amwa,

Albar SE, Yulmedia SH.

Sekretaris Umum   : M. Edrison Kamil

Sekretaris Satu      : Yudi Harzi

Sekretaris dua       : Jufrizal

Bendahara Umum : Aidon Fitri Sag

Bendahara Satum : Hendri Sama

E. Koordinator Keamanan         :

Ketua                    : Kol. Laut Ruzel

Wakil Ketua           : Letkol Wahidup

Anggota                : Mayor Alfi Munir, Kapten Nofriyon

G. Koordinator Kesehatan         : 1. Dr. Zul Abrar

2. Dr. Ratna Eliya

Jakarta, 8 Agustus 2009

  • SUSUNAN PANITIA DAERAH

Susunan Panitia daerah bisa dibentuk khusus pada daerah yang  memiliki warga atau peserta cukup banyak seperti DIY dan Bandung dan sebagainya, namun daerah-daerah kecil, cukup di kelola langsung oleh pengurus-pengurus DPC.

  • TRANSPORTASI

Peserta Pulang Basamo dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan Bus yang disediakan oleh Panitia masing-masing daerah. Untuk peserta daerah dari DPC IWS DKI Jakarta dan sekitarnya panitia menyediakan (dua) buah Bus besar. Bagi peserta yang menggunakan Bus dikenakan ongkos 40 % dari tarif resmi yaitu sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah) per orang.

  • TEKNIS PEMBERANGKATAN

Peserta dari Pulau Jawa, Bali dan Lombok selambat-lambatnya sudah berada di Jakarta pada tanggal 1 Juli 2010 jam 12.00 WIB. Seluruh perta berangkat dari Jakarta (halaman Mesjid At Tin TMII) jamb 16.00 WIB diperkirakan sampai di Merak jam 19.00 WIB. Rombongan naik kapal penyebrangan menuju Pos I (Bangkahuni) dan diperkirakan sampai jam 22.00, kemudian rombongan istirahat sambil menunggu peserta yang masih tertinggal selama 1 (satu) jam. Untuk lebih detailnya dapat di lihat pada tabel dibawah ini :

  • JADWAL PEMBERANGKATAN
WAKTU KEGIATAN TEMPAT/

POS

PETUGAS KETERANGAN
Kamis,

1 Juli 2010

09.00 – 16.00 Check Peserta At Tin TMII Panitia Pusat Semua Peserta
16.00 Peserta Berangkat At Tin TMII Panitia Pusat Sudah ada dan lengkap
22.00 – 04.30 Menuju Pos I Kota Bumi Panitia Pusat
Jum’at,

2 Juli 2010

04.30 – 05.30 ISHO Pos I Subuh Kota Bumi Panitia Pusat
06.00 – 16.00 Menuju Pos II Batu raja Panitia Pusat
16.00 – 19.00 ISHOMA Pos II Batu raja Panitia Pusat
22.00 – 04.30 Menuju Pos III Lb. Linggau Panitia Pusat
Sabtu,

3 Juli 2010

04.30 – 06.30 ISHO Subuh Lb. Linggau Panitia Pusat
06.00 – 09.00 Menuju Pos IV Gng. Medan Panitia Pusat Panitia Pusat
09.00 – 11.00 Istirahat Pos IV Gng Medan Panitia Pusat
11,30 – 12.30 Menuju Solok Pos V Solok Panitia Pusat Panitia Pusat
12.30 – 14.00 Istirahat Pos V Solok
14.00 Menuju SB Panitia Daerah Panitia Daerah

  • KETENTUAN UMUM
  1. Bagi Peserta Pulang Basamo Ikatan Warga Saniangbaka (IWS) baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun bus, sudah hadir 1 (satu) jam sebelum berangkat. Bagi yang menggunakan bus agar melapor kepada petugas yang ditunjuk untuk menentukan nomor bangku Bus yang tersedia.
  2. Untuk kelancaran administrasi diharapkan setiap peserta pulang basamo agar mengisi dan menanda tangani daftar hadir yang telah disiapkan oleh panitia dengan mencantumkan nama jelas, jumlah anggota keluarga yang dibawa, serta menunjukkan tanda bukti pembayaran ongkos Bus.
  3. Bagi peserta yang memakai kendaraan pribadi wajib mendaftarkan kendaraan yang akan digunakan kepada panitia guna pendataan yang lebih akurat.
  4. Panitia memberi kebebasan kepada peserta pulang basamo untuk menentukan waktu kembali ke perantauan.
  5. Sebelum berangkat seluruh peserta diharapkan mengikuti upacara pelepasan pemberangkatan.
  • TATA TERTIB SELAMA PERJALANAN
  1. Selama dalam perjalanan menuju kampung halaman, peserta wajib mematuhi aturan yang sudah ditetapkan penanggung jawab masing-masing Bus yang ditunjuk panitia.
  2. Diharapkan peserta pulang basamo tidak saling dahulu mendahului, serta dapat menjaga jarak antara satu kendaraan dengan kendaraan lainnya sehingga pada saat istirahat di pos pemberhentian tidak melebihi waktu yang telah disepakati (tepat waktu).
  3. Peserta pulang basamo sebaiknya tidak memisahkan diri dari rombongan dan selama dalam perjalanan agar saling tolong menolong dan bekerjasama dalam segala hal.
  4. Dalam kondisi darurat agar menghubungi contact person yang ada di dalam buku panduan ini.
  5. Setelah istirahat pada pos yang sudah ditentukan, peserta wajib berangkat secara bersamaan.
  6. Koordinator masing-masing bus agar mengecek seluruh penumpang yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  7. Ketua bidang transportasi agar mengabsen setiap anggota (kendaraan) yang terdaftar saat setiap pemberangkatan di Pos yang sudah ditentukan.
  • TATA TERTIB SELAMA DIKAMPUNG
  1. Setiap peserta pulang basamo agar mengikuti setiap rangkaian acara yang sudah disiapkan oleh panitia daerah (kampung).
  2. Selama berada dalam Nagari dilarang memakai mobil pribadi, kecuali untuk keperluan keluar Nagari Saniangbaka, hal ini dimaksudkan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan Saniangbaka.
  3. Selama acara pulang basamo peserta dilarang membawa dan memakai obat-obatan terlarang (narkoba) dan sejenisnya serta tidak dibenarkan untuk melakukan provokasi dalam bentuk apapun.
  4. Diharapkan peserta pulang basamo melakukan sholat 5 waktu berjamaah ke mesjid atau musholla di dalam nagari.
  5. Untuk meningkatkan penghasilan warga di kampung diharapkan peserta pulang basamo untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari agar mencari / membeli dalam jorong / ada di dalam nagari.
  6. Diharapkan peserta pulang basamo untuk memperbanyak sedekah/infak kepada anak yatim, sanak saudara, musholla, mesjid, dan lain-lain yang membutuhkannya.
  7. Bagi peserta pulang basamo yang akan kembali ke rantau diharapkan berangkat secara bersama-sama (rombongan).
  • PENUTUP

Demikian Petunjuk Pelaksanaan Pulang Basamo IWS Tahun 2010 ini kami buat agar Bapak/Ibu peserta pulang basamo dapat menggunakan dan melaksanakannya dengan baik damai dan menyenangkan.

KONTAK PERSON Panitia Pulang Basamo

N A M A NOMOR TELPON
H. Syamsul Bahri, Palimo Kayo

H. Moestafa Kadir

Drs. H. Chairul Umaiya, MM, Ak

H. Azwar Akib

H. Masdar Bahar

H. Syamsul Bahri Ibrahim

Ruzel

Alfi Munir

Yoni Efrizal

I.S. Dt. Bandaro Aceh

Sudirman Pk. Mudo

Suryetman Yasin

Ikhlas Bahar

H. Andri Novel

H. Edison Djalal

Zulkifli, ME

H. Syaiful Kamil

Eklapi

Yulnasman Yasin

H. Syaiful Wahab

Edrison Kamil

Aidon Fitri

Elsuskudri

Gusmadi

Hendra

Indra Yopi

081321516176

08128145769

081574700059

08151827048

0811962116

081384890046

08179179642

08151890151

08128039162

081384605987

08129648247

08164859097

08128572746

08128000636

0811181514

08128610916

081382765600

08129022770

081382420476

08161411347

081382356908

08161329863

081317807598

081511688855

081314520971

0818675561

RANCANGAN SCHEDULE KEGIATAN PULANG BASAMO IWS TAHUN 2010

HARI/TGL JAM KEGIATAN/ACARA TEMPAT P. JAWAB
Kamis,

01/07/10

08.00 -16.00 Rombongan berangkat dari Jakarta Mesjid At Tin TMII Jakarta DPP IWS dan Panitia Pusat Pubas 2010
Jum’At,

02/07/10

00.00 – 00.00 Menikmati Touring 1500 km Lintas Tengah Sumatera Panitia Pusat Pubas 2010
Sabtu,

03/07/10

10.00 – 13.00 Rombongan Berkumpul Kota Solok (Mesjid) Kota Solok Panitia Penyambutan
13.00 – 13.30 Rombongan menuju Kampung Saniangbaka Panitia Penyambutan
13.00 – 16.00 Musik Khas Seni Budaya Tradisional Balai Gadang Panitia Penyambutan
  • Sekapur Sirih
Balai Gadang Panitia Penyambutan
Tari-Piriang & Silat Balai Gadang Panitia Penyambutan
  • Sambutan

Ketua Panitia Pubas Pusat

Ketua Panitia Penyambutan

Wali Nagari Saniangbaka

  • Tampilan Seni budaya
Balai Gadang Panitia Penyambutan
  • Istirahat
20.00 – 23.00
  • Ramah Tamah
Balai Gadang Panitia Penyambutan
  • Penampilan Kesenian Tradisional
Balai Gadang Panitia Penyambutan
Minggu,

04/07/10

08.00 – 11.00 Bazaar dan Panggung Seni Budaya Seminggu Panitia Penyambutan
11.00 – 16.00
  • Pembukaan Bazaar
  • Pembukaan panggung Seni
    • Pembukaan Pertandingan Batminton IWS Cup 2010
Balai Gadang

Balai Gadang

GSG. Tanjung Guci

Panitia Penyambutan

sPanitia Badminton

18.00 – 20.00 Istirahat
20.00 – 23.00 Penampilan Seni Budaya khas

Anak Nagari

Lanjutan Badminton

Balai Gadang

GSG

Tanjung Guci

Panitia Penyambutan

Panitian Badmintor

23.00 – 08.00 Istirahat
Senin,

05/07/10

08.00 – 16.00 Seminar Sehari tentang Pendidikan, Budaya dan Ekonomi

  • Pembukaan oleh Protokol
  • Diskusi Kelompok (Pendidikan, Budaya dan Ekonomi)
  • Hasil Diskusi
Tsnawiyah Muhammadiyah Panitia Pusat dan Panitia Penyambutan

Yudi Harzi

16.00 -18.00
  • Pembukaan Pustaka Nagari
  • Penyerahan Seribu Tafsir
Mesjid Raya Rudy Akbar

Yulnasman

18.00 Istirahat
Lanjutan Badminton GSG

Tanjung Guci

Panitia Badminton
Selasa,

06/07/10

08.00 – 10.00 Jalan Sehat Prima (Durasi 60 Menit) Prima Group
10.00 – 16.00 Pembukaan Sunatan Massal dan Check Gula darah Lapau Belek Dr. Zul Abrar
Lanjutan Badminton GSG.

Tanjung Guci

Panitia Badminton
18.00 Istirahat
20.00 – 23.00 Lanjutan Badminton Sport Hall

Tanjung Guci

Panitia Badminton
23.00 Istirahat
Rabu

07/07/10

08.00 – 12.00 Batagak Gala dan Maangkek Pangulu  Kaum Balai Gadang KAN
Lanjutan Sunatan Massal

Lanjutan Badminton

Lapau belek

Sport Hall

Tanjung Guci

Panitia Badminton
12.00 – 18.00 Latur / Makan Bersama / Makan2an ka Palo BAnda Balai Lalang / Palo Banda Panitia Latur
18.00 – 20.00 Istirahat
20.00 – 23.00 Penampilan Kesenian Anak Nagari Balai Gadang Seksi Kesenian
23.00 – Istirahat
Kamis

08/07/10

06.00 – 10.00 Wisata / Observasi Keindahan Alam Saniangbaka Kucai, Tampat, Pila. Panitia Penyambutan
08.00 – 18.00 Final Badminton Sport Hall

Tanjung Guci

Panitia Badminton
18.00 – 20.00 Istirahat
20.00 – 01.00 Malam Puncak Resepsi Balai Gadang Panitia Bersama
  • Pembukaan oleh Protokol
  • Kata Sambuatan Panitia dan Tokoh
  • Melewakan Gala
  • Penyerahan Hadiah turnamen IWS Cup 2010
  • Hiburan Khas Minang
  • Penutup
Balai Gadang Panitia Bersama

KAN

Panitia Badminton

01.00 – 08.00 Istirahat
Jum’at

09/07/10

Kembali

Merantau……………

Jakarta,     Mei  2010

Ketua Umum Panitia,

Drs. Chairul Umaiya, MM,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: