Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Pulang Basamo 2010, Dalam Pandangan Kepala Jorong Se-Saniangbaka

Posted by majalahsaran pada Juni 6, 2010

Pulang Basamo kegiatan yang memberikan nuansa dan makna tersediri bagi  warga rantau yang pulang maupun bagi warga yang menanti di kampuang. Pulang Basamo dimaknai  sebagai wujud kepedulian untuk membangun  Nagari Saniangbaka, mempererat silaturrahim, paubek rindu, palapeh taragak, Siapapun rang Saniangbaka semoga tak ada yang salah kaprah  memaknai kegiatan yang satu ini.

“ Dengan pulang basamo kita wujudkan Nagari Saniangbaka nan Sejahtera” Demikian  tema yang  diusung Pada Pulang Basamo 2010. akan menjadi spirit,bagi Rang Saniangbaka,  asalkan itu  dibarengi  dengan prinsip ketulusan, Saiyo sakato bukan tagilincia batu alia. Tidak hanya  partisipasi yang diharapkan nanti tapi juga berkontribusi untuk kemaslahatan nagari Saniangbaka, jika tidak, apa yang menjadi  Visi Nagari Saniangbaka dan tema Pulang Basamo nanti  akan tetap menjadi mimpi, jauh tinggi diawang -awang yang tak kan pernah bisa dibumikan.

Kepala Jorong adalah perpanjangan tangan dalam  pelaksanaan sebagian tugas pemerintahan Nagari. Bisa dikatakan sebagai pemimpin yang lebih dekat dengan  warga. Mengetahui seperti apa pandangan Kepala Jorong se Saniangbaka tentang  tema Pulang Basamo yang diusung, kali ini Saran mencoba mengorek komentar  yang  disampaikannya sbb:

1.Armansyah Bagindo Alam. (Kepala Jorong Aia Angek)

Memahami Kalimat “Saniangbaka nan Sejahtera “ sebagai suatu kadaan  masyarakat lebih baik  dari yang sudah sudah.dari segala bidang. Oleh sebab itu warga  masyarakat menunaikan hak dan kewajiban  secara seimbang befitu juga  pemerintahan nagari  harus  kerja keras, cerdas  dalam membangun serta transparan terhadap sesuatu yang patut  diketahui oleh  anggota Masyarakat.

Tentang pulang Basamo imbauan kapado dunsanak  kami nan rombongan  Pubas nanti calik-caliklah kami di Jorong aia Angek, sebab insyaallah kami pada tanggal yang mungkin agak persamaan akan mengadakan pula suatu acara malam hiburan berupa Salawat dulang tujuannya sekaligus menggalang dana untuk kelanjutan pembangunan mesjid di Jorong Aia Angek.

2.Jhon Hendri Gindo Rajo (Kepala Jorong Balai lalang)

Menurut Saya Saniangbakla nan Sejahtera  sebetulnya lebih dittik beratkan pada terpenuhinya kebutuhan hidup masyarakat Saniangbaka yang pada umumnya sebagai Petani. Idealnya nanti  tidak ada lagi keluhan tentang mahalnya harga pupuk. Lancarnya jalan sarana transportasi ke lokasi pertanian (bukik dan lading). Kalau lah sejahtera masyarakat kita kita tak perlu dibantu bahkan berebut beras Raskin.

Masalah kegiatan Pulang Basamo 2010, program yang telah disusun oleh panitia Pulang basamo jalankanlah dengan baik, kalau bisa program yang akan dilaksanakan menunjang peningkatan kesejahteraan  petani, seperti menghidupkan Koperasi simpam Pinjam petani, menampung  hasil tani dengan nilai jual yang menguntungkan anggota. Kemudian bisa juga dalam bentuk memberikan bantuan bibit gratis Tanaman seperti Cengkeh, Coklat, Pinang dll. pada masyarakat Saniangbaka yang  sekarang ini lagi semangat-semangatnya  berkebun  atau berladang tanaman kareh. Kalau ndak tatampuang dek talapak tangan dek nyiru kan kami tampuang.

3. Herison (Wali Jorong Balai Panjang)

Tema yang diusung dalam Pulang Basamo 2010  jangan sekedar lipstick  pemanis   dibibir, Rancanglah  program yang bersifat social seperti  bedah rumah yang tak layak huni.  Masyarakat nan  di kampaung usahlah diagiah-agiah angin sarugo. Kalau ada bantuan  yang akan diberikan oleh  Dunsanak di rantau  dalam Pubas 2010 dan bantuan –bantuan lainya kelolah secara transparan kapan perlu  bentuk lembaga social yang bisa dipercaya.

4. Akhyar  Rky Batuah  (Wali Jorong Balai Tingkah)

Menurut Pandangan Jorong Balai Tingkah, Keadaan Saniangbaka nan sejahtera digambarkan dengan kenyataan masyarakat yang  sehat ekonominya , apabila ekonomi sudah sehat, agama sudah mantap  hal-hal lain akan mengikut pula jadi  baik.mudah diajak bepartisipasi sebagai anggoat masyarakat seperti bergotong royong.bayar  kewajiban PBB.

Secara umum kami warga nan dikampuang khususnya jorong Balai panjang sangat mendukung kegiatan Pubas 2010. Karena dengan pulang basamo akan terjalin Silaturrahmi serta memberikan solusi permasalahan yang dihadapi nagari Saniangbaka.

5. Hasri Nusa ( Kepala Jorong Kapalo Labuah)

Saya punya pandangan Kalimat “Saniangbaka Nan Sejahtera”  bagi saya pribadi terasa agak terlalu jauh  dan sulit untuk tercapai ( jauh panggang dari api). Sering saya mendengar nada miring    di tengah –tengah masyarakat  tentang  kalimat  dalam visi Nagari kita, maunya warga masyarakat tidak muluk-muluk“kubak kulik tampak isi””jan rancak di labuh” Dalam kata-kata’ sejahtera” tetapi dilihat ke dalam banyak compang campingnya.

Secara ril  kehidupan masyarakat yang dikampuang  sangat  payah. Lihat betapa paniknya masyarakat petani ketika musim panas. Air sawah untuk nagari lain lancar  sementara untuk nagari kita sulit. Hal ini disebabkan karena saluran banda yang ada dalam nagari Saniangbaka banyak yang tidak terawat.  Runtuhnya Gapura perbatasan Saniangbaka dengan nagari Sumani yang mana kalimat visi nagari “Saniangbaka nan Sejahtera “pernah tertulis jelas di sana perlu jadi renungan kita bersama. Tidak bisa dipungkiri  bahwa masih  banyak  warga  Saniangbaka ndak sesuai kalimat  yang menjadi visi  tersebut dengan perbuatan,prilaku sehari-hari.

Terkait dengan  kegiatan  Pubas 2010, Bagi dunsanak kami yang pulang Basamo   tersebut, saya  mengucapkan selamat datang  di  kampuang halaman tercinta semoga  memberi manfaat  bagi  warga  kami yang pulang Basamo apalagi bagi warga  yang  dikampuang.

6.  Dalfitri  ( KepalaJorong Balai Gadang)

Sebenarnya saya tidak bisa menjelaskan  seperti apa dan  bagaimana “Nagari Saniangbaka nan sejahtera”.  Jadi hal ini yang lebih tahu adalah Wali Nagari sebagai kepala Pemerintahan.

Masalah Pulang Basamo 2010, Kegiatan Pulang Basamo itu rancak  akan tetapi karena saya tidak hadir dalam rapat pembentukan panitia Pulang Basamo, entah karena undangan rapat pembentukan panitia   tak kunjung sampai ke tangan saya, maka dalam hal ini lebih tepat ditanyakan lansung juga pada Wali Nagari. (Nusa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: