Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Rencana Pengadaan Mobil Ambulan Masih Pro Kontra

Posted by majalahsaran pada Juni 6, 2010

Alek gadang 4 tahunan “Pulang Basamo” warga Saniangbaka sudah semakin dekat. Pembicaraan antar warga setiap kali berkumpul, baik di rantau maupun di kampuang tidak terlepas dari seputar acara pubas. Menarik untuk kita simak sejauhmana persiapan acara ini di berbagai daerah baik di rantau maupun di kampuang.

Hal menarik dari Pubas tahun ini adalah terkait rencana DPP IWS memberikan bantuan mobil ambulan untuk kampuang  yang sampai saat ini masih menuai pro kontra.

Atrizon, S.Pd

Atrizon, S.Pd, Ketua BMN (Badan Musyawarah Nagari) Saniangbaka mengatakan, terkait dengan pengadaan ambulan untuk nagari, perlu dipertimbangkan ulang. “Kita perlu belajar dari permasalahan mobil dinas wali nagari yang sampai saat ini tidak jelas ‘duduk tagak e rah’ dan menimbulkan polemik di tengah-tengah masyarakat. Kita harus memikirkan bagaimana pengelolaannya dan darimana biaya operasioanalnya, seperti gaji sopir, beli bensin dan lain sebagainya. Jangan sampai pengadaan ambulan ini menimbulkan permasalahan baru lagi di kampuang,” ucapnya.

Drs. Syaiful Adnan, Ketua IWS Jogjakarta, memaparkan, “mengenai bantuan ambulan, terus terang kami belum berkomentar banyak karena kami hanya mendengarnya dari mulut ke mulut karena seperti yang  saya sampaikan tadi DPC kurang dilibatkan dalam menyusun kegiatan, sehingga kami dari DPC memilih mengikuti saja ke mana maunya DPP.”

H. Andri Novel, Ketua IWS Jakarta menyatakan, masalah mobil ambulan memang ada pro dan kontra dan karena itu belum menjadi keputusan final panitia, dan dapat saja program ini ditunda. “Sampai saat ini masih ada pro kontra di antara pengurus maupun warga, makanya kita dari pengurus berusaha untuk membahasnya sebaik mungkin agar segala sesuatunya bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

H. Andri Novel

Sementara itu, Gusparman, Anggota IWS Bekasi mengemukakan, “kami dari generasi muda kurang setuju dengan rencana IWS untuk memberikan bantuan mobil ambulan. Para petinggi IWS jangan terlalu memaksakan kehendak. Di kampuang sangat banyak kendaraan yang siap untuk memberikan bantuan bagi warga yang membutuhkan pertolongan.”

Menurut pengalaman, lanjut Gusparman, selama ini tidak pernah ada yang menolak untuk memberikan bantuan kendaraan ketika ada warga yang sakit. Kita harus memikirkan bagaimana pengelolaannya nantinya. Untuk membelinya mungkin bukan perkara yang sulit, akan tetapi pengelolaannya tidak semudah yang kita bayangkan. Jangan sampai nantinya menimbulkan masalah baru di kampuang.”

Beni Satria, Ketua IWS Sukajadi Bandung mengatakan pula, mengenai bantuan yang akan diberikan kepada kampuang nantinya sebaiknya ditanyakan kepada warga yang ada di kampuang. Apa sebenarnya kebutuhan yang paling mendesak bagi mereka saat ini karena merekalah yang lebih tahu kebutuhannya dibanding kita dirantau. Jangan sampai nanti kalau kita terlalu memaksakan nantinya justru tidak termanfaatkan dengan baik.

Sedangkan Alfi Sandra, Pengurus IWS Sukajadi menyebutkan, masalah bantuan mobil ambulan,  sangat mendukung kalau memang itu untuk kebaikan warga kita di kampung. “Akan tetapi perlu juga kita pikirkan bagaimana pengelolaannya, supaya tidak menimbulkan masalah,” ucapnya.

Alfi malah lebih meminta panitia memikirkan soal mereka yang mau pulang kampong tapi kesulitan dana. “Kami sangat mengharapkan adanya keringanan biaya dalam pubas nanti. Kalau pun tidak di gratiskan sekurang-kurangnya separo biaya bisa dibantu hendaknya. Rencananya IWS Bandung Raya akan mencari sponsor, salah satunya yang sedang dijajaki adalah perusahaan jamu Sido Muncul. Kalau rencana ini berhasil mungkin akan banyak warga kita di Sukajadi yang akan ikut.” (Andi Saputra)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: