Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Sekolah-sekolah di Kampung Siap Terima Siswa Baru

Posted by majalahsaran pada Juni 6, 2010

Tahun Pelajaran 2010/2011 tinggal dalam hitungan hari, bagi murid/ siswa yang telah menamatkan suatu  pendidikan tentu akan melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya. Terkadang seorang anak menetukan sekolah karena didasarkan teman sepermainan (uru-uruan), bagi anak yang punya prinsip  akan menjadikan ortu tempat    curhat. Orang tua yang bijak tidak akan menyia-nyiakan  hal ini, arahan pertimbangan akan diberikan sehingga sang anak bisa membuat keputusan yang tepat.dalam memilih sekolah.

Secara umum daya tampung Sekolah di Saniangbaka dari semua jenjang pendidikan lebih dari cukup. Pendidikan Usia Dini (PAUD) 2 buah, TK   2 buah, SD sebanyak 7 buah, SLTP 2 buah dan setingkat SLTA 2 buah . Dari segi Tenaga pengajar,sarana prasarana  sekolah yang ada  di Nagari Saniangbaka sudah memadai,hanya saja kita warga Saniangbaka tidak bisa menutup mata bahwa kenyataan sebagian sekolah yang ada tersebut dihadapkan  dengan masalah kekurangan murid.

Menyikapi tentang ketentuan rayon.Penerimaan Siswa Baru. Dasrizal Chandra Bahar selaku Wali Nagari Saniangbaka menuturkan bahwa pemerintah nagari hanya bisa menghimbau warga untuk taat pada aturan rayon. Untuk ukuran Saniangbaka penegasan aturan  rayon sulit dikondisikan karena menyangkut percaya diri rang Saniangbaka yang perlu dipertanyakan. “Yang jelas pemerintahan nagari tidak akan sembarangan mengeluarkan izin keluar rayon, sebab kalau tidak rang Saniangbaka siapa lagi yang akan memajukan sekolah di Nagari Saniangbaka,” ucap pak Wali.

Untuk mengetahui sejauh mana persiapan sebagian sekolah yang ada dalam nagari Saniangbaka, SARAN merangkumnya  dalam laporan berikut:

  • TK Aysiyah

Sekolah yang   terletak di Jorong Kpl Labuah, dalam menghadapi Tahun Pelajaran 2010/2011, Kepala sekolah meminta ketegasan pemerintahan Nagari Saniangbaka dalam pengaturan rayon. Secara internal pengurus bersama Majelis guru terus berbenah.  terutama segi  Kurikulum, metode  pembelajaran. Sudah saatnya  TK Aisiyah bisa menunjukan sesuatu yang menjadi kelebihan atau nilai plus, katakanlah  anak   bisa  mengenal, menulis, melafazkan  Al-Qur’an  atau  Anak bisa Mengenal , menulis, membaca huruf  latin atau anak mempunyai akhlak yang baik.Kalau sudah Kalau sudah begini tentu tidak ada lagi  alasan menyekolahkan anak ke luar.

  • MTsM Saniangbaka

Sekolah yang terletak di pusat nagari Saniangbaka tepatnya di Balai lalang.,ekonomis dan praktis segi keuangan, karena siswa tak perlu mengeluarkan ongkos. Tidak hanya itu di MTsM Saniangbaka punya  kegiatan ekstrakurikuler seperti :Didikan Subuh, Muhadarah, Pramuka,Drum Band dll., Ridwan Husein Kepala MTSM Saniangbaka, menjelaskan kepada Saran  bahwa Seperti biasa panitia PSB  menyiapkan Brosur, Spanduk dan mengadakan kegiatan kreatif seperti pertandingan Futsal antar SD. Yang menjadi target  dari siswa baru tidak saja murid yang dari Saniangbaka tapi juga dari  Nagari-nagari lain seperti : Sumani, Koto Sani, Gantung Ciri dll

  • SLTP 4 X Koto Singkarak

Lingkungan yang asri sangat mendukung terciptanya suasana belajar yang kondusif, itulah  salah satu kelebihan SLTP 4 X Koto Singkarak, untuk Tk Kabupaten prestasi sekolah ini sangat diperhitungkan. Aksia Fotasri S.Pd selaku kepala sekolah menjelaskan kepada Saran bahwa  sosialisasi  dalam rangka Penerimaan Siswa Baru  dilakukan dengan titip pesan orang tua murid  kls IX yang hadir dalam acara perpisahan  atau melalui murid.. Keengganan untuk sekolah di SLTP 4 hanya didasarkan oleh pertimbangan jarak, siswa harus mengeluarkan ongkos transpotasi setiap harinya. Seandainya letak SLTP 4 X Koto Singkarak arah ke Solok,mungkin cerita atau kenyataanya akan lain.

  • MAM Saniangbaka

Asrama Putri, Masjid  Taqwa Muhammadiyah, Labor Komputer, Ruang belajar yang permanen, lapangan olah raga, merupakan sebagian sarana penunjang untuk pelaksanaan Proses Belajar Mengajar (PBM). Di Pondok Pesantren MAM Saniangbaka. Menghadapi PSB Tp 2010/2011. Amris St Tunaro SE ketika ditemui di ruangan kerjanya  menjelaskan kepada  Saran, bahwa seperti biasa panitia yang ditunjuk jauh–jauh hari telah menyiapkan brosur, mengadakan kegiatan safari dakwah ke nagari-nagari lain akhir-akhir ini  MAM Saniangbaka mengalami kemajuan yang signifikan  karena giatnya pembangunan fisik yang tak terlepas bantuan dana dari warga Saniangbaka di perantauan,  Tahun Pelajaran sekarang  siswa  yang mengikuti UN  lulus 100% , dua siswa kelas X mengikuti pertukaran pelajar ke Kalantan Malaysia. Lebih lanjut dijelaskan insyaallah pada  Tahun Pelajaran 2010/2011 disamping jurusan IPS akan membuka jurusan IPA.

  • SMAN 2 X Koto Singkarak

SMAN 2 X Koto Singkarak yang dikenal dengan julukan  kampus Idaman,terletak di Tonggak  Villa Saniangbaka, posisi gedung sekolah agak sedikit berjenjang-jenjang  menjadi  suatu daya tarik tersendiri yang membuat siapa saja  betah berlama –lama di sekitar lokasi sekolah.yang satu ini karena terlihat jelas sungguhan  panorama alam  Danau Singkarak nan indah dan hamparan sawah nagari Saniangbaka. Lingkungan alam seperti demikian sangat kondusif untuk pelaksanaan PBM.

Tentang persiapan PSB TP 2010/2011,Drs.Erpenis MM ,Kepala SMAN 2 X Koto Singkarak menjelaskan kepada Saran bahwa  sekiranya  sudah keluar surat edaran ketentuan  perayonan  dari Kemdiknas Kab. Solok, kami akan mengkoordinasikan dengan pemerintahan Nagari Saniangbaka. Dan sekolah SMAN I X Koto Singkarak serta sekolah lainnya.  Sebetulnya adanya kengganan  ke SMAN 2  X Koto Singkarak hanya karena factor emosional  batuka-tuka raso  dan alasan gegrafis.atau memang rang Saniangbaka sepertinya tak ingin memajukan sekolah yang ada di Saniangbaka. Lebih lanjut Drs Erpenis MM menuturkan bahwa secara  akademik  tahun sekarang SMAN 2 X Koto Singkarak merupakan salah satu dari dua sekolah SMAN di Kab. Solok yang siswanya lulus 100 % pada UN kemarin. Dari segi lainnya SMAN 2 Singkarak selalu kebanjiran atau kelebihan formulir PMDK dari UNP,UNAND , IAIN dll (Nusa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: