Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Visi Menunju Saningbaka Sejahtera

Posted by majalahsaran pada Juni 6, 2010

Untuk mempertajam Visi menuju Saniangbaka Sejahtera, serta menambah makna pada kegiatan Pulang Basamo IWS  nanti, akan diadakan Seminar Sehari yang akan membahas tiga topik, yaitu tentang budaya, ekonomi dan pendidikan. Seminar akan menampilkan pembicara dari dalam dan dari luar Nagari. Diharapkan dengan diadakannya seminar tersebut, dapat memberikan solusi untuk mengatasi setidaknya tiga persoalan yang dihadapi Nagari.

Masing-masing topik akan menampilkan dua pembicara. Tentang masalah budaya rencananya akan disampaikan oleh Prof. Nusirwan Efendi, Guru Besar Atropologi Unand, bersama Abel Tasman S.S, Anggota DPRD I Sumbar. Mengenai masalah pendidikan akan dibawakan oleh Dr.Zulheldi Dt.Sinaro Sati M.ag dan Jufrianto S.ag. MPd. Tentang masalah ekonomi akan dikupas oleh H.Yunasril Anga bersama H.Syukri Suid. Sedangkan yang akan bertindak sebagai moderator adalah Ir H.Hardizal Bahar.

Disiapkan juga satu tim kecil atau tim perumus yang akan membuat suatu kesimpulan dan rekomendasi. Harapannya setelah seminar selesai akan kita dapatkan sebuah hasil berupa solusi kongkrit terhadap masalah yang dihadapi Saniangbaka. Lebih jauh, akan dibuatkan pula semacam rekomendasi yang akan disampaikan kepada lembaga Nagari atau elemen terkait  lainnya.

Sekilas kita lihat tentang persoalan yang sedang dihadapi oleh Nagari Saniangbaka. Pertama seputar masalah budaya, selain masalah kesenian yang masih perlu digarap dan dikembangkan. Ada persolalan karakter atau sifat dan parangai kita yang masih perlu diperbaiki. Karakter dan sifat itu sangat besar pengaruhnya terhadap masa depan suatu bangsa.

Zaim Ukhrawi, kolumnis rutin di Harian Republika menyebutkan contoh bahwa kemajuan yang diraih oleh bangsa Jepang dan Korea itu adalah dikarenakan budaya dan karakter mereka yang kuat. Katanya, dua bangsa itu sangat memegang teguh prinsip kejujuran, disiplin, dan kerja keras. Mereka juga punya semangat kebangsaan yang tinggi.

Di bidang pendidikan, setidaknya ada dua persoalan yang dihadapi. Pertama tentang lembaga pendidikan yang ada. Masih berkutat dengan persoalan sulitnya mengatasi biaya operasional, ditambah dengan tuntutan mutu sekolah yang harus ditingkatkan. Dan itu tentu berkaitan dengan sarana yang harus ditambah. Kedua adalah persoalan generasi yang sering hanya sampai jenjang SLTA. Padahal untuk masa depan kita perlu banyak sarjana/ intelektual, karena permasalahan masa depan itu lebih rumit dan kompleks.

Begitu juga dengan masalah ekonomi, persoalan kemandirian adalah hal yang sangat penting untuk kita pikirkan. Tidak mungkin selamanya tergantung dengan subsidi dari rantau. Bila suatu saat terjadi kesulitan pada orang rantau, tentu semuanya akan repot. Jadi lebih baik jauh hari kita sudah berja-jaga. Lagi pula dengan adanya kemandirian dan kemajuan ekonomi di kampung, maka itu berarti ada pilihan untuk hidup lebih baik dari pada marantau di Negeri orang.

Program seminar ini secara jelas dan tegas sudah ditetapkan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Pulang Basamo nanti. Donatur untuk membiayai kegiatan inipun sudah ada. Sebagai penanggung jawab adalah H.Adlim Gani dan Yudi Harzi.  Mengenai nara sumber, semuanya sudah menyatakan oke, kecuali Prof Nusirwan Efendi, tapi penghubung beliau menyatakan optimis bisa diajak.   Tinggal yang belum pasti benar adalah mengenai tempat dan hari pelaksanaannya. Pilihannya sekitar tanggal 6 sampai 8 juli nanti. Tempatnya bisa di Tsanawiyah atau MAM atau bisa juga di SKB Vila.

Melihat latar belakang para nara sumber serta kepakaran mereka tentang bidang yang dibebankan, kita yakin akan kita dapatkan solusi cerdas terhadap seputar tiga persoalan penting yang dihadapi Nagari kita Saniangbaka. Kita tahu masing-masing mereka adalah orang-orang yang berpengalaman dan sukses di bidangnya. Akhirnya kita berharap semoga cita-cita bersama menuju Saniangbaka Nan Sejahtera dapat kita raih. (yd)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: