Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

4 Gala Penghulu Dilewakan Saat Pubas

Posted by majalahsaran pada Januari 15, 2011

Sebagaimana biasanya,  setiap pulang basamo  IWS selalu diagendakan kegiatan  bernuansa adat yang dikelola oleh KAN (Kerapatan Adat Nagari) Saniangbaka, seperti malewakan (memasangkan/mengukuhkan) gala (gelar) penghulu (datuk)  bagi kaum yang mempunyai tunggua gala penghulu. Kegiatan ini dikarenakan sesuatu alasan yang tepat  seperti  penghulu yang bersangkutan sudah  meninggal.

Kegiatan yang tak kalah sakralnya adalah pengukuhan gala bagi anak kemenakan yang sudah memenuhi persyaratan, karena secara umum dalam keseharian sebagai orang minangkabau khususnya di nagari Saniangbaka masih menyakini pituah  “ketek disabuik namo gadang disabuik gala” (masa kecil disapa nama, sudah besar disapa gelar).

Pada Pulang Basamo  2010 sebetulnya ada 4 gala Penghulu yang dilewakan, dari 4 penghulu tersebut hanya satu orang yang menetap di kampuang.  Gala Datuk Rangkayo Sati dari suku Piliang yang dilewakan secara tersendiri  yang sebelumnya diemban oleh (alm ) H.Akhyar Dt Rky Sati (Datuk Rangkayo Sati), mantan Ketua KAN Saniangbaka,  atas dasar kesepakatan kaum yang bersangkutan diamanahkanlah  gala tersebut  kepada Ir.H. Haska Etika, kesehariannya sebagai seorang pengusaha muda yang  berdomisili di Bandung . Pelaksanaan malewakan gala ini dilaksanakan  Minggu, 4 Juli 2010 yang berlanssung semarak  seperti pengangkatan Datuk Rajo Nan Sati Suku Koto sebelumnya.

Prosesi malewakan gala Dt Rky Sati yang dipusatkan di Balai-Balai Adat Nagari Saniangbaka, setelah pengambilan sumpah  Penghulu yang  diarak menuju Masjid Raya  untuk menunaikan shalat Zhuhur berjamaah kemudian  bararak maguliliang  nagari. Alek adat  malewakan gala  dihadiri oleh seluruh Penghulu  yang ada di dalam kampuang, Solok dan Padang dan juga  turut dihadiri  oleh Mantan Gubernur Sumbar H.Azwar Anas, beberapa orang pemangku adat dari Koto Tangah Padang dan undangan pejabat PT Telkom dll.  Kesenian anak nagari dan Tim kesenian dari ASKI Padang Panjang  menambah  semaraknya malewakan Gala Dt Rky Sati.

Pada  Kamis, 8 Juli 2010, KAN Saniangbaka  mengadakan Pengkatan 3  gala Penghulu yang terdiri dari : Yos  Dt Tumbak Alam  suku Guci,  H.Masdar Dt Tanali dan Andi Dt Rky Marajo. Dalam prosesi malewakan gala yang juga dilaksanakan di Balai-Balai Adat Nagari Saniangbaka dihadiri oleh sejumlah keluarga, kerabat, kaum. Untuk memeriahkan acara tersebut ditampilkan kesenian anak nagari berupa randai dan tari.

Dalam  pengangkatan gala penghulu kali ini pihak KAN Saniangbaka  merestui dan melangsungkan acara batagak gala  setelah ada kesepakatan masing–masing anggota kaum, yang juga ditandai dengan pengesahan oleh Panghulu, urang ampek jinih dari kaum atau suku yang bersangkutan, dan tidak ada pengesahan dari cadiak pandai  dalam KAN  Saniangbaka. “Istilah cadiak pandai diemban oleh kalangan Manti,  jadi kalau tidak ada kesepakatan yang dimaksudkan seperti tersebut di atas  KAN Saniangbaka  tidak akan  serta merta begitu saja dalam pengangkatan gala Penghulu,” demikian ungkap dari H.Syukri Dt Gadang,  ketua KAN Saniangbaka.(Nusa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: