Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Jalan Sehat Prima Sukses Meramaikan Pubas

Posted by majalahsaran pada Januari 15, 2011

Ribuan warga Saniangbaka  yang muda  maupun yang tua turun ke jalan untuk mengikuti kegiatan “Jalan Sehat Prima”  dengan  menempuh rute  star dari Balai Lalang  finish di Lapangan Bola kaki Puruk yang terdiri dari tiga posko penyerahan  kupon Doorprice. Wali Nagari Saniangbaka yang didampingi oleh H.Syafril Dja’far  sebagai wakil  sponsor H. Sudasril Darwis melepas peserta secara resmi, tepatnya  di Posko Panitia Penyambutan Pulang Basamo 2010 atau Kantor Kepala Jorong Balai lalang 

Handra Kurniawan  SE salah seorang panitia pendaftaran  mengakui  kewalahan karena  mepetnya waktu persiapan dan pendaftaran karena keterlambatan pengiriman kopon dan nomor peserta, sementara di luar perkiraan jumlah  peserta melampaui target  yang direncanakan panitia pusat sebanyak 1500 peserta.

Dengan keadaan demikian maka atas inisiatif panitia pendaftaran melakukan penambahan   kupon dan nomor  untuk  1500 peserta lagi. Meledaknya jumlah peserta kali ini boleh jadi dikerenakan oleh  hadiah hiburan  yang disediakan sponsor berupa  100 buah amplop berisi uang seratus  ribu. 100 buah kain sarung  dan 100 buah tas sekolah.

Keceriaan tampak di raut wajah semua peserta jalan Sehat Prima yang memadati  rute jalan  yang ditempuh. Tiada terasa payah, letih  karena dengan berjalan kaki sambil mengenang bercerita tentang kenangan manis masa lalu. Kegiatan ini  akan menjadi catatan sejarah bagi tiap pribadi yang akan menjadi kenangan tersendiri nantinya, maka tak heran sepanjang jalan dan di lokasi Lapangan Puruk banyak peserta yang berpose dengan pemandangan alam Saniangbaka mengabadikanya dengan kamera.

Iringan peserta Jalan Sehat Prima dikawal oleh mobil satuan keamanan dari Polsek X Koto Singkarak. Penentuan rute oleh panitia ke Lapangan Puruk dengan kondisi  jalan yang sempit ditambah prilaku pengendara kendaraan di jalan raya maka sempat diragukan  dari segi keselamatan peserta dan memunculkan usulan agar dipindahkan  ke lokasi  Bukit Tampat  sebagai alternatif sebagaimana yang diusulkan oleh Maizarman Cai, Trantibmas nagari Saniangbaka.

Sesampainya di lokasi finish Lapangan Puruk,  di tengah lapangan dan di hadapan peserta yang telah berkumpul   panitia menggelar langsung penarikan Doorprice. Secara simbolis penarikan dilakukan oleh Dasrizal Candra Bahar, Drs.H.Khairul Umaya, Ir.H.Fahkrul Rozi, Ir. Ikhlas Bahar. “Alangkah semaraknya kalau di lokasi finish peserta  Jalan Sehat Prima dihibur dengan orgen tunggal,” demikian komentar Ishak salah seorang Panitia Pubas 2010.

Drs.Akhyar Sadin suku Koto perantau dari Jakarta Utara, mengaku  sudah 20 Tahun tidak pernah pulang kampuang. Dia merasa terharu dengan kegiatan macam ini, ternyata  kebersamaan dan kebanggaan sebagai masyarakat Saniangbaka masih ada.  Sembari menikimati  rute Jalan Sehat Prima hingga ke  Finish  ke Lapangan Puruk, secara pribadi merasa kagum terhadap alam Saniangbaka akan tetapi dibalik itu semua potensi sumber daya alam yang ada sebagai karunia Ilahi menanti tangan-tangan kreatif dari anak nagari Saniangbaka sendiri, sebagai contoh dekat lokasi Lapangan Puruk yang entah sampai kapan,  masih belum bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya.(Nusa )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: