Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Kini Saniangbaka Terang Benderang

Posted by majalahsaran pada Januari 15, 2011

Jalan utama  Saniangbaka mulai dari Asam Jao hingga ke  Lapau kincia dan beberapa titik di Pinang  hingga ke Aia Rabang pada malam hari sudah terang benderang. Keadaan itu karena seiring dengan semangat Pulang Basamo IWS 2010, lahirlah  ide  dari beberapa tokoh masyarakat Saniangbaka untuk menghimpun dana pengadaan lampu jalan seperti di sepanjang jalur jalan tersebut.

Setidaknya ada  40 Unit  lampu marcuri yang telah dipasang, secara keseluruhan  menghabiskan  biaya lebih kurang Rp.21 Juta lebih. Sejak awal Ramadhan yang lalu lampu yang telah dipasang, merubah suasana lebih semarak di malam hari yang biasanya redup.  Terhimpunya sumbangan  dana pengadaan  lampu jalan tersebut tidak lepas dari upaya atau semangat yang keras  dari Eri Yongker dari IWS Jakarta sebagai pencari donatur   baik yang ada di kampung, Solok, Padang dan di Jakarta.

Ir.Edi Sumanto M.Si  dipercaya sebagai pengelola dari kegiatan pengadaan lampu jalan, dalam mewujudkan rencana tersebut  telah melakukan koordinasi dengan PLN  dan petugas lapangan yang akan memasang  di setiap titik yang diprioritaskan. Diakui sebetulnya  ada 50 set lampu lagi yang dibutuhkan  sehingga pemasangan lampu jalan sampai ke jalan gang dalam kampuang.

Untuk pemasangan   lampu jalan tersebut sudah ada ketentuan  oleh PLN bahwa  dalam setiap 2 tiang  hanya satu dipasang lampu penerang jalan. Nilai setiap unit lampu kisaran Rp.500 ribu dan Rp.750 ribu, sementara untuk biaya untuk pemasangan sebanyak Rp. 2 Juta. Terdapatnya kekurangan  dari dana keseluruhan  biaya pemasangan lampu ditanggulangi oleh Ir Edi Sumanto. Lebih lanjut  Ir .Edi Sumanto menjelaskan  bahwa  untuk pengadaan atau pembelian  barang  dari pemasangan lampu jalan  dipercayakan  kepada   Ir Hamdani Dt Rky Basa.

Ahmad Mkt Sati  warga  Balai Lalang mengaku puas  dan mengucapkan terima kasih atas  adanya inisiatif dari tokoh masyarakat dan dermawan  yang peduli kepada kampuang seperti dalam pengadaan atau pemasangan lampu jalan. Hanya saja yang juga perlu jadi perhatian bersama soal perawatan lampu jalan tersebut bagaimana ketentuannya, siapa yang bertanggung jawab, hendaknya disosialisasikan kepada masyarakat kita (Nusa)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: