Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Majelis Zikir Assakinah Saniangbaka Terus Berkembang

Posted by majalahsaran pada Januari 15, 2011

“Assalamualaikum Wr.Wb, diberitahukan kepada Jamaah majelis Zikir Assakinah, bahwa subuh yang penuh berkah ini kita akan pergi zikir bersama dirumah ……..Demikian pengumuman  ini disampaikan wassalam”. Rangkaian kalimat  ini selalu terucapkan oleh Pakih Muni, selaku Pembina majelis Zikir Assakinah dan juga salah seorang pengurus Surau Batuang  setiap usai shalat subuh selama bulan Ramadhan.

Jamaah Zikir yang  didominasi oleh kaum hawa dengan  berpenampilan pakaian Shalat atau tilakuang (mekena) sambil meneteng tas yang berisi Al-Qur’an  terjemamahan dan buku panduan zikir, bergegas  mendatangi lokasi pengajian.

Kegiatan zikir yang diformat  sedemikian rupa diawali dengan pembacaan beberapa ayat Al-Qur,an secara moratal, kemudian salah seorang angota pengajian membacakan terjemah. Setelah itu selama  lebih kurang 7 Menit salah seorang Ustad /Ustazah yang hadir diminta untuk mentadaburkan penjelasan ayat yang dimaksud. Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan  surat Yasin  dan zikir  serta  pembacaan Asmaul Husna.

Pada hari –hari biasa atau bulan carai, pengajian diadakan setiap hari Selasa sesudah shalat  Ashar, tempatnya ditetapkan  secara bergiliran di rumah anggota jamaah Majelis Zikir. Tidak adanya pakaian-pakaian tertentu seperti harus berjubah dan berbaju hitam, dan gamis bagi kaum bapak atau pakai muslim  corak bebas maka barangkali inilah salah satu  ciri khas atau perbedaan dengan majelis zikir lainnya yang ada dalam kenagarian Saniangbaka

Susi Elfina S.Ag yang lebih dikenal sebutan Ummi merupakan penggagas “Majelis Zikir Assakinah” dipercaya sebagai  ketua.  Kepada Saran dijelaskan bahwa majelis Zikir yang dipimpinnya sudah berdiri sejak Februari 2009 hingga saat ini dari segi keanggotaan mengalami perkembangan yang sangat signifikan.

Hal ini ditandai dengan  kehadiran jamaah setiap kali pengajian, lebih 200 orang mendatangi lokasi pengajian, Padahal  awal berdirinya, keanggotaan jamaah majelis zikir hanya terdiri dari puluhan orang atau  beberapa jamaah surau saja. Sekarang terdapat utusan hampir seluruh surau yang ada dalam nagari Saniangbaka.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa  Majelis Zikir  Assakinah merupakan bagian dari BKMT  kenagarian Saniangbaka yang menjadi  ide dasar pembentukannya pertama merupakan media untuk  memperkokoh silaturrahim  jamaah  lintas surau yang kedua untuk meningkatkan  wawasan keislaman  jamaah. yang ketiga Baitul Mal wal Tanwil (BMN) Simpan Pinjam tanpa Bunga dimaksudkan dalam rangka mengurangi ketergantungan warga Saniangbaka khususnya jamaah dari jeratan sistem ekonomi yang berkadar riba. Selain itu  majelis Zikir Assakinah juga  sering diundang untuk kegiatan social lainnya seperti Takziah kematian, acara  syukuran dll.

Salah satu bentuk  sasaran point yang ketiga di atas adalah  dilaksanakanya pengumpulan infak, sadaqah  dari jamaah  kemudian setelah terkumpul dalam jumlah yang memadai  diberikan pinjaman  tanpa  bunga  kepada anggota  jamaah majelis zikir Assakinah.yang membutuhkan. Yuriatni  sebagai Bendahara Majelis zikir Assakinah     melaporkan  bahwa sampai menjelang  akhir Ramadhan 1431 H  Saldo Kas  jamaah pengajian sebanyak 19 Juta lebih. Dan pengembalian  pinjaman berjalan dengan lancar.

Wisrita salah seorang anggota yang sudah pernah meminjam dengan jumlah lebih dari satu juta  mengatakan bahwa  dengan adanya  kegiatan sosial berupa pinjaman tanpa bunga cukup membantu meringankan beban ekonomi yang saya alami apalagi dikala situasi yang terdesak maka melalui majelis Zikir Assakinah menjadi solusi yang tepat.   Penggunaan pinjaman oleh anggota beragam terkadang pinjaman digunakan untuk biaya pengolahan sawah ladang, biaya sekolah/kuliah  anak, buka usaha atau tambahan modal mangaleh. (Nusa )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: