Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Pulang Basamo IWS Dapat Pujian

Posted by majalahsaran pada Januari 15, 2011

Kegiatan Pulang Basamo sudah berlalu namun kenangannya masih tetap membekas, mulai dari saat pemberangkatan hingga ketika sampai di kampung halaman. Bahkan saat rombongan tiba di kota Solok, penyambutan sudah dilakukan oleh tokoh dan pejabat tingkat kabupaten dan kota Solok. Mereka  memuji kebersamaan para perantau Saniangbaka, termasuk memampuan mengelola kegiatan Pulang Basamo.

Perjalanan rombongan  pulang  Basamo IWS  2010 yang mengambil star di Masjid At Tin Taman Mini Jakarta    hingga sampai ke kampung halaman    bukanlah  perjalanan tanpa makna.  Suka  duka perjalanan menjadi cerita dan kenangan tersendiri bagi rang Saniangbaka. Pulang Basamo IWS 2010 dinilai berlangsung dengan sukses, semua tidak terlepas dengan berkat adanya perencanaan serta  koordinasi dari segenap panitia dan peserta. Akhirnya 3 Juli 2010 rombongan Pubas  IWS 2010 yang diperkirakan sebanyak ± 2500 jiwa   terdiri dari 17 Bus dan ± 300 buah mobil pribadi  sampai di kampuang halaman.

Sebelum menginjakkan kaki di ranah tacinto, rombongan disambut secara  meriah oleh segenap keluarga besar IWS Solok. Penyambutan secara resmi dihadiri langsung oleh Drs.Syamsu Rahim dan undangan lainnya di Terminal Bareh Solok. Dalam acara penyambutan, Drs.Syamsu Rahim yang kala itu menjabat Walikota Solok dan kini menjadi Bupati Solok menyampaikan   salut dengan  kekompakan  warga Saniangbaka, sehingga semangat pulang Basamo  betul-betul membawa arti bagi kemajuan tanah leluhur. Usai acara penyambutan kemudian   kendaraan rombongan yang dikawal oleh kendaraan Patwal Polres kota Solok berkonvoi menuju Saniangbaka.

Mulai dari Kapalo Labuh hingga ke Balai Gadang warga masyarakat sudah tumpah ruah ke jalan raya untuk menunggu para dunsanaknya yang ikut Pulang Basamo.  Di seberang jalan  Loket  Lorena, rombongan turun dari kendaraan, disambut dengan tari Pasambahan oleh Tim kesenian anak Nagari Saniangbaka, Bagian depan terdapat petinggi IWS seperti Drs. Khairul Umaya MM.Akt selaku Ketua Umum Panitia Pubas  2010, kemudian ada H.Yunasril Anga (Dongah) Ketua Umum DPP IWS, merupakan  mobil  dengan nomor  rombongan urut 1 kemudian ada Ir.Iklas Bahar dll.

Setelah itu rombongan  berjalan kaki menuju Lapangan depan Balai-Balai Adat Nagari Saniangbaka. Persis di depan gerbang Balai –Balai Adat  Nasir St Nangkodoh membawakan  Kucindam pangambang lapik. Setelah itu  dilangsungkan acara seremonial oleh Panitia penyambutan.

Menurut Eklapi, salah seorang panitia Pubas IWS 2010, sepanjang perjalanan ada beberapa kejadian yang membuat  beberapa kendaraan  yang terpisah dari rombongan utama. “Kami tidak bisa berlepas tangan atau menyelematkan diri surang-surang,” ucapnya.

Pengaturan jalan dan kendaraan yang telah ditentukan panitia, kendaraan pribadi melewati jalan  Kepala Labuh memutar ke arah Balai Panjang sementara Bus menuju arah Balai lalang. Hal ini cukup membantu megurai  kemacetan, hanya saja sebagian warga yang kurang tertib. Sedianya acara dihadiri oleh seluruh perwakilan  IWS akan tetapi karena kebanyakan rombongan karena lelah dalam perjalanan atau tak sabar lagi bertemu dengan sanak keluarga di rumah beguti juga sebaliknya keluarga dengan rasa haru menunggu orang –orang tercinta.

Chairul Umaya dalam komentarnya menyampaikan rasa terimakasih kepada Wali kota Solok dan jajarannya yang telah memfasilitasi penyambutan rombongan Pubas IWS 2010 di Terminal Bareh Solok , kemudian juga kepada Panitia Penyambutan. Lebih lanjut dikemukakan bahwa pelaksanaan Pubas kali ini termasuk yang sukses karena banyaknya jumlah peserta dan jumlah kendaraan, rombongan. “Untuk ukuran Nagari  bisa dimasukkan ke dalam Rekor Muri,” kata Umaya.

Kapolresta Solok dalam sambutannya juga menyampaikan salut karena kemampuan panitia mempersiapkan dan mengatur perjalanan yang diikuti oleh orang dengan jumlah yang banyak mulai dari pemberangkatan hingga sampai ke kampuang halaman.(Nusa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: