Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Pustaka Nagari Berhasil Diwujudkan

Posted by majalahsaran pada Januari 15, 2011

Semangat Pulang Basamo 2010  berbeda dengan Pulang Basamo sebelum-sebelumnya. Hal ini ditandai dengan adanya  gerakan  membangun kecerdasan  masyarakat,    di antaranya  dengan  mewujudkan  impian  adanya Pustaka Nagari untuk Saniangbaka tercinta.

Barangkali ini pulalah yang menjadi spirit  Rudi Akbar dipercaya sebagai Koordinator pengadaan Pustaka Nagari Saniangbaka. Peresmian  pemakaiannya  dilaksanakan 9 Juli 2010 seusai shalat Jum.at oleh Wali Nagari Saniangbaka yang turut dihadiri oleh  sejumlah tokoh masyarakat.

Ruangan Pustaka Nagari Saniangbaka  berbentuk petak kios berukuran    3  x  6 M  terletak di jorong Balai Tingkah persisnya di pinggir jalan raya atau simpang Surau Taluk. Reginal Maukar sebagai Kepala Pustaka   menjelaskan kepada Saran bahwa  secara keseluruhan pembangunan pisik ruangan dan untuk perlengkapan berupa mobiler, computer, infucus.TV serta asesoris lainnya telah menghabiskan biaya sebanyak ± Rp.20.000.000.-

Sebetulnya Ruangan Pustaka Nagari Saniangbaka   merupakan bagian dari bangunan milik Keluarga (alm) H. Mukmin, Untuk  Pustaka Nagari  selama  5 Tahun ke depan keluarga pemilik bangunan dengan tulus menyatakan  statusnya adalah hak pakai.

Lebih lanjut dijelaskan  oleh reginal Maukar  bahwa  kolekksi buku  yang ada   sekarang sebayak  1800 judul. Buku-buku itu merupalan sumbangan dari beberapa orang hamba Allah yang tak perlu disebutkan namanya. Koleksi buku yang ada berupa buku agama, umum Di samping itu Pustaka Nagari juga menyediakan majalah bidang-bidang tertentu seperti pertanian, kesehatan, dll.

Untuk pemanfaatan  Pustaka Nagari tersebut pihak pengelola telah melakukan sosialisasi kepada sekolah/madrasah yang ada di Nagari Saniangbaka dan dari segi Manajemen  dan juga penambahan koleksi buku nanti bekerjasama dengan Pustaka daerah Kabupaten Solok.

Kemudian  Pihak pengelola  pustaka juga telah menyepakati agenda kegiatan  yang bersifat edukatif lainya  berupa pengajian berkala  untuk kalangan umum dengan  materi  Akidah dan Fiqh  dan untuk kalangan Remaja  dengan  materi   Akhlak  dan  Keislaman  versinya  nanti bisa dalam  bentuk bedah Buku keislaman, disukusi   dll.

Vivi Febriyanti, salah seorang petugas harian, mengatakan bahwa pengunjung pustaka  didominasi oleh kalangan pelajar. Bacaan yang diminati berupa buku cerita. Sebagian mereka datang ke Pustaka  untuk keperluan menyelesaikan tugas –tugas  sekolah. Sementara pengguna fasilitas internet masih berupa face book. Layanan pustaka  bagi pengunjung dibuka mulai jam 10.00 wib  s.d  16.30.

Mengingat pentingnya  keberadaan Pustaka  Nagari sebagai salah satu di antara sarana dan sumber belajar yang efektif untuk menambah cakrawala pengetahuan, sumber informasi akan turut mewarnai  segi aspek pengetahuan, prilaku  masyarakat., maka Reginal Maukar mengharapkan  kepada pemerintahan nagari dan Pengurus Masjid raya  memfasilatasi  tempat yang lebih representative  untuk sebuah Pustaka Nagari.

Selain itu kepada seluruh warga Saniangbaka untuk bisa bepartisipasi memberikan bantuan berupa buku dan dana yang dapat disalurkan  Via rekening Bank Muamalat  Capem. Solok  Nomor : 9248885589 an. Reginal Maukar Cq  Pustaka Nagari Saniangbaka.  Media Informasi  dapat dilihat  dalam Facebook “Pustaka Nagari”(Nusa )

Pengelola Pustaka Nagari Saniangbaka

Ketua              :  Reginal Maukar

Sekretaris        : M. Sholihin

Bendahara       : Asmon N. Lc

Bidang Pendanaan      :  Rudi Akbar

: Ahmad Zuma Wira

Bidang Perawatan       : Kamra

Bidang  Humas           ; Juni Efi Candra S.Ag

Operasional Harian     : Vivi Vebriayanti

: Siska  Nurwati

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: