Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Seribu Tafsir untuk Saniangbaka

Posted by majalahsaran pada Januari 15, 2011

Bertempat di Masjid Raya Saniangbaka dilaksanakan penyerahan Tafsir  yang lebih populer  dengan kegiatan “seribu Tarfsir”. Hal demikian merupakan salah satu  agenda  Pulang Basamo 2010.  Dalam acara Penyerahan Tafsir atas nama Pribadi  hadir  Drs H. Syamsu Rahim Bupati Solok terpilih periode 2010 s.d 2015, Wali Nagari, Ketua BMN, sejumlah tokoh  masyarakat Saniangbaka seperti DPP IWS  H.Yunasril Angah. H. Salmi Jalal, serta undangan pengurus dan Jamaah Masjid dan Surau yang ada di Saniangbaka

Drs Yulnasman selaku Koordinator kegiatan “Seribu Tafsir”  menerangkan  bahwa Tafsir yang terkumpul sebanyak 550 buah  merupakan sumbangan dari para dermawan warga Saniangbaka yang ada di daerah Jakarta dan sekitarnya. Pengumpulan Tafsir  dari para Donatur dilakukan secara pro aktif akhirnya  alhamdulillah, atas izin Allah SWT cita-cita mulia tersebut tercapai  juga walaupun jumlahnya tidak mencapai angka 1000 buah akan tetapi  hal ini merupakan salah satu bentuk buah tangan   untuk  Saniangbaka.

Lebih lanjut dijelaskan oleh  Drs.Yulnasman, pendistribusian  Tafsir ke  Mesjid, Surau, lembaga pendidikan yang ada di Saniangbaka didasarkan  kepada tingkat kebutuhan, kondisi jumlah dan  keaktifan  jamaah. Dengan kriteria demikian   dapat ditentukan jumlah Tafsir yang ideal.

Artinya Masjid. surau   dalam nagari tidak sama  jumlah tafsir yang didapatkannya. Dalam laporannya Drs.Yulnasman untuk memotivasi membaca, mempelajari Al’Quran dikutip kisah nyata seorang Syekh dari Minangkabau yang bisa menjadi Imam besar di Mekah.

Dalam acara penyerahan Seribu Tafsir turut hadir dan memberi sambutan   H.Yunasril Anga Ketua DPP IWS, Drs. H.Khairul Umaya M.Ak. Keduanya secara umum disampaikan rasa terimakasih kepada Drs Syamsyu Rahim yang cukup kooperatif dalam penyambutan rombongan Pubas 2010.

Drs Syamsu Rahim yang diminta menyampaikan sambutannya memberikan apresiasi yang positif   karena dalam kegiatan Pubas  pada tempat lain belum ada program seribu tafsir  dan secara panjang lebar Drs Syamsyu Rahim yang terkenal  aktif dalam pengajian dakwah Islam memberikan tausiyah tentang bagaimana sebenarnya fungsi Al-Quran bagi  manusia.

Terakhir kegiatan, dilakukan penyerahan tafsir  secara simbolis yang diwakili oleh perwakilan  Masjid Raya,  Masjid Al Kausar Aia Angek dan Surau Makola.  Pada malam penyerahan kepada utusan surau, sekolah  yang hadir diserahkan secara kesuluruhan  sesuai dengan jumlah tafsir yang telah ditetapkan panitia.

Pakih Muni pengurus Surau Batuang, merasa berterima kasih sekali kepada segenap penyumbang dan panitia sehingga mendapatkan  30 buah tafsir. “Hanya saja kami terlupa dalam pengelolaan yang semestinya tafsir yang telah kami terima diberi nomor dan stempel surau,” ujarnya. (Nusa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: