Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Warga Saniangbaka Syukuran Terpilihnya Bupati dan Walikota Solok

Posted by majalahsaran pada Januari 15, 2011

Bersamaan dengan  momentum Idul Fitri 14 31 H, masyarakat Saniangbaka menyelenggarakan  Silaturrahmi dan syukuran  terpilihnya Drs.H.Syamsu Rahim dengan  Desra Ediwan  sebagai  Bupati Solok  periode  2010 s.d 2015  dan  Ir.H. Irzal Ilyas  dengan Zul Elfian Dt Tianso  SH. MSi sebagai Wali Kota Solok  periode 2010 s.d 2015. Kegiatan dilaksanakan Sabtu (18/9) di halaman  Balai- Balai Adat Nagari Saniangbaka.

Silaturaahmi dan syukuran masyarakat Saniangbaka dengan  Bupati dan Wali kota  Solok terpilih selain bertujuan untuk menjalin silaturrahim  dan  menggelorakan kembali semangat membangun Saniangbaka. “Mau dibagaimanakan  Nagari kita Saniangbaka ke depan, jangan  pernah ada lagi  kita saling curiga, terkotak, saling menyalahkan Kemudian terima kasih yang tak terhingga  kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam acara Silaturrahmi dan syukuran,” ungkap  Yunisbar Marah Banso  dalam  laporan  ketua pelaksana kegiatan.

Dasrizal Candra Bahar  Wali Nagari Saniangbaka sebagai penyambung lidah anak nagari  dalam sambutannya menyampaikan ada banyak PR yang sangat perlu mendapat perhatian pemerintahan Kabupaten Solok, pertama masalah tapal batas dengan nagari tetangga yang belum tuntas, padahal aturan dari mendagri bisa menjadi acuan  yang terang.

Kedua kondisi bangunan SD N 10 yang rusak akibat gempa  2006, dapat dana rehab bangunan baru tetapi  masih terbengkelai  sehingga  para murid belajar di  Balai-balai Adat. Ketiga Jalan lingkar Nagari dengan kondisi yang memprihatinkan pada hal hasil Muresbang  kecamatan X Koto Singkarak  tiap tahun selalu diajukan  ke Pemda  untuk  diaspal  hotmix. Begitu juga jalan ke  Jambak, karena  kondisi jalan  yang tidak lancar membuat biaya menjadi tinggi dan akhirnya petani engan menggarap lahan pertanian di sana

Menyinggung masalah   proses demokrasi  yang telah selesai, secara pribadi  Drs. H. Syamsyu Rahim,  Bupati Solok terpilih mengucapkan terima kasih kepada warga Nagari Saniangbaka yang telah memenangkan suara Drs H. Syamsu Rahim dalam Pilkada bulan Juni lalu dan telah memaafkan terlebih dahulu personal yang ragu-ragu atau karena tekanan  kekuasaan sehingga tidak memberikan dukungan kepada saya, Biduk lalu kiambang bertaut. “Melalui acara silaturrahim dan mumpung masih dibulan syawal kita rajut silaturrahim dan kita implementasikan nilai-nilai Ramadhan yang telah kita jalani dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Menanggapi  beberapa aspirasi masyarakat Saniangbaka, Drs.H. Syamsu Rahim mengajak  semua pihak untuk menolkan diri. Artinya jauhkan emosional dan kepentingan pribadi sehingga permasalahan dengan nagari tetangga akan bisa dituntaskan, begitu juga dengan masalah jalan  lingkar nagari dan SDN 10  akan  diprioritaskan. Pemda Kab. Solok dalam waktu dekat  akan melakukan survei termasuk pelebaran jalan  raya Sumani Paninggahan.

Menyikapi  sosial masyarakat khususnya di Kab. Solok,  Bupati memprogramkan agar setiap nagari segera mengadakan kegiatan yang bertemakan mengembalikan pungsi Tungku Tigo Sajarangan dan Tali tigo Sapilin

Tak mau kalah Ustad SayfrizaL Nur dari Batu Sangkar dalam tausiyahnya yang menggugah  hati, mengajak  hadirin untuk senantiasa  menjadi hamba yang bersyukur, karena  sebagai masyarakat Kab. Solok  diberi pemimpin yang  religius.

Keberhasilan  mendapatkan kekuasaan dan apapun bentuknya di dunia ini semuanya atas kehendak allah SWT.  Untuk itu marilah kita jalani hidup ini  dengan penuh tanggung jawab dan perhitungan  dan kita tebar kebaikan  untuk diri keluarga dan masyarakat kita.

Atas Nama IWS Padang  Fauzi Bahar sang pemimpin kota Padang menyempatkan diri untuk menghadiri acara Silaturrahmi dan syukuran yang diadakan anak nagari Saniangbaka. Dalam sambutannnya beliau sedikit bersejarah tentang masa kecil yang pernah dilaluinya karena sering diajak ayahnya ke  Saniangbaka.

Fauzi Bahar menyatakan pengakuannya sebagai rang Saniangbaka. Ayahnya suku Sumpadang ibunya suku  Koto.   Terkahir beliau minta maaf karena  tidak bisa menghadiri rangkaian acara Pulang Basamo IWS 2010 . Sebagai bentuk kepedulian terhadap Nagari Saniangbaka, secara spontan Fauzi Bahar menyerahkan  bantuan  50 sak semen untuk Surau Gadang dan 50 sak semen untuk Surau Balenggek, dan untuk MTsM Saniangbaka  menyusul setelah adanya proposal.

Silaturrahmi dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat Saniangbaka,  Pemerintahan Nagari, urang Ampek Jinih, BMN, Bundo Kanduang, PKK Nagari, Pemuda, IWS Solok dan padang. Setidaknya  lebih dari  300  undangan  menghadiri acara silaturrahmi  dan syukuran tersebut. Acara berlangsung  semarak  kerana dihibur  dengan penampilan  Kesenian anaka Nagari dan Orgen  tunggal. Setelah  Ba’da  Shalat   acara ditutup dengan pembacaan Do’a  oleh Ridwan Husen  dan  dilanjutkan dengan Makan Bajamba.  ( Nusa )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: