Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Yayasan Pendidikan Saniangbaka Mulai Beraktifitas

Posted by majalahsaran pada Januari 15, 2011

Kemampuan anak-anak Saniangbaka, Kabupaten Solok dalam bidang akademis  cukup tinggi, namun banyak  dari mereka  terbengkelai sekolahnya lantaran  kondisi  ekonomi minim. 

Menyikapi kondisi  demikian, masyarakat anak nagari baik yang berada di kampung maupun perantauan  berusaha membantu  dengan mendirikan  Yayasan Pendidikan Saniangbaka. Pada Tanggal 3 Januari 2011 , Yayasan  ini telah menjalankan  aktifitasnya  membantu biaya pendidikan anak-anak sekolah.

Pendiri Yayasan,Tasman Dt Tan Mangagar didampingi  pendiri lain Yunisfar  kepada Singalang  di Solok, Minggu (26/12) mengatakan, bantuan yang diberikan  itu untuk  siswa yang berprestasi dengan ekonominya tak mampu  mulai dari tingkat SD  hingga ke Perguruan Tinggi.

Bentuk Beasiswa tersebut , bisa bersifat bantuan masuk  kuliah  atau biaya SPP hingga membantu sekolah  sampai tamat. Bantuan itu adalah salah satu bentuk kepedulian masyarakat  nagari, membangun Sumber Daya Manuasia(SDM)  masyarakat kampung halaman.

Di samping itu membantu pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa. ”Kita tahu, kalau semuanya diserahkan kepada Pemerintah tentu tak akan bisa ditangani.Oleh sebab itu kami berperan dan mengambil sikap,” ujarnya.

Yunisfar juga mengatakan  sebelumnya  banyak  para siswa  yang lulus di Mesir dan ITB , bahkan  ada juga yang tak jadi melanjutkan pendidikan karena  tak ada uang. Sumber dana yayasan terdiri dari sumbangan anak nagari, zakat dan sumbangan lepas.

Sumbangan lain dari cabang-cabang Ikatan Warga Saniangbaka (IWS) yang saat ini  terdapat 30 cabang. Pendiri lain  dari Yayasan tersebut  seperti Fauzi Bahar, Suryadi Asmi Dt Rajo Nan Sati, Zul Elfian, Syukri Katik Jo Alam,Firmansyah Rky,Hamdani Dt. Rky Basa, Bayrizal,Yulnasman Ikhlas,Zulfadli. (Singgalang, 27 Desember 2010)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: