Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Yayasan Surau Taluk Bantu Keluarga Miskin

Posted by majalahsaran pada Januari 15, 2011

Tidak banyak orang tahu dengan Yayasan Surau Taluk, karena memang yayasan yang bergerak dibidang  social, pendidikan dan perbendayaan ekonomi keraknyatan di Saniangbaka baru berdiri sejak tahun 2007.

Yayasan yang mempunyai akta notaris  di bawah pimpinan H. Sudasril Darwis, dan Amri Gindo Marah selaku Pengurus Mushalla Al-Furqan ( Surau Taluk)  sementara  pengurus harian diketuai oleh Tarmizi Mkt Sutan, Sekretaris Juni Epi Candra S.Ag, Bendahara Edi Rajo Bujang,   kolektor : Afrizal, Nazwar Mak Itam, Pengawas: H.Syukri Syu’id.

Selama tahun 2010 Yayasan Surau Taluk telah mendistribusikan dana zakat sebanyak Rp 61 Juta. Dana yang didistribusikan  dalam bentuk natura (bareh), beasiswa  bagi siswa SLTP,SLTA dan PT, termasuk dua orang putra Saniangbaka yang kuliah ke Mesir, dan  bagi keluarga miskin  untuk ekonomi produktif berupa modal usaha.

Menyangkut masalah  teknis pendistribusian siapa yang  berhak, bagaimana kriteria penerima, sengaja tidak diumumkan secara terbuka kepada warga masyarakat Saniangbaka, karena  demi mengantisipasi  terjadinya persoalan- persoalan yang tak diinginkan.

Marni, 51 tahun suku Piliang seorang janda dan ibu Rumah Tangga,  merupakan salah seorang penerima dana Yayasan Surau Taluk yang digunakan untuk usaha produktif.  Ibu dari  3 orang anak ini,  satu orang anaknya sedang kuliah di UMMY Solok mengaku dengan uang sebanyak Rp. 1 Juta yang diterima  cukup  membantu meringankan himpitan beban ekonomi  keluarganya.

Dana tersebut  telah digunakan untuk usaha ternak itik. Sejak  5 bulan  lalu usaha ternak itiknya sebanyak 22 ekor  yang ada di belakang rumah. Alhamdulillah telah menghasilkan. Rata-rata perhari Marni bisa mengumpulkan telur itik sebanyak 12 buah. Harapan  Marni, kalau masih mendapatkan bantuan dana yayasan, Marni merencanakan usaha ternak ayam. (Nusa)

Satu Tanggapan to “Yayasan Surau Taluk Bantu Keluarga Miskin”

  1. gmana kalo remaja mushalla d gerakkan lg..sperti yg sudah kta alami pda 6 tahn yg silam,yg membwa nama murshalla smpai ke kota n kabupaten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: