Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Membangun Semangat Baru

Posted by majalahsaran pada Januari 19, 2011

Alhamdulillah, majalah SARAN dapat terbit kembali setelah terlambat sekitar 3 bulan. Keterlambatan ini banyak menimbulkan tanda tanya buat mereka yang sudah merasa akrab dengan media sambung rasa warga Saniangbaka ini. Harus jujur diakui, keterlambatan terjadi banyak menyangkut faktor kepedulian dan komitmen kita bersama, termasuk para pembaca sendiri.

Seharusnya SARAN, sesuai jadwal 3 bulan sekali, terbit September 2010 tetapi sampai saat itu dana untuk penerbitan media ini sama sekali belum ada, bahkan untuk menutupi penerbitan edisi lalu belum juga terpenuhi. Kita sudah mengingatkan teman-teman yang  peduli dengan media ini untuk segera mengirim bantuan biaya cetaknya, namun tidak kunjung datang. Pendanaan yang bermasalah ternyata membuat pengelola juga terlena asyik dengan kesibukan keseharian kehidupannya sehingga SARAN seolah jadi terlupakan.

Tampaknya, kepedulian dan komitmen kita bersama terhadap SARAN perlu dibangun kembali. IWS, baik DPP maupun DPC,  sebagai pemilik dan penanggungjawab utama media ini perlu memikirkan upaya mempertahankan dan mengembangkannya agar tetap dapat rutin terbit. Bila tidak ada upaya pemecahan maka keterlambatan, bahkan terhentinya penerbitan SARAN dapat saja terjadi. Masalah lain yang patut dipikirkan juga adalah dalam soal pengelola yang perlu ada regenerasi. Patut diketahui, beberapa pengelola sudah ada yang sangat jenuh, terutama orang lama yang mengelola sejak pertama kali media ini terbit sekitar tahun 1980.

Apapun itu, kali ini Alhamdulillah, SARAN ini dapat terbit setelah ada pertemuan “luar biasa” antara H Yunasril Anga, Ketua Umum DPP IWS serta Ery Yongker, dengan pengelola SARAN, yaitu  H Sudasril Darwis, Usman Yatim dan H Ikhlas Bahar. Edisi kali ini diupayakan terbit dengan harapan setelah itu, ada upaya serius dari DPP dan DPC IWS untuk memecahkan permasalahan yang ada.

Haji Yunasril Anga menyadari, SARAN mutlak harus terus diterbitkan karena diakui merupakan sarana komunikasi dan informasi paling efektif dalam membangun hubungan antar urang awak, baik sesama di perantauan, maupun dengan warga di kampung halaman. Bahkan, media ini seharusnya dapat juga untuk berkomunikasi dengan pihak lain, seperti jajaran pemerintah, baik tingkat nagari, kecamatan, kabupaten, bahkan propinsi.    Mudah-mudahan saja dalam tahun baru 1432 Hijriyah dan 2011 Masehi ini, kita dapat membangun semangat baru. Semoga segala niat dan upaya kita mendapat ridha, rahmat, kurnia dan hidayah Allah Swt. Amiin!

Wassalam,

Redaksi

Satu Tanggapan to “Membangun Semangat Baru”

  1. mrzl said

    Info, saya akan melanjutkan pengembangan situs http://www.saniangbaka.org/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: