Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

DPC IWS Jakarta Tetap Kelola Zakat Maal

Posted by majalahsaran pada Agustus 22, 2011

Ramadhan tahun ini DPC IWS DKI Jakarta akan kembali mengumpulkan dan menyalurkan Zakat Maal warganya. Hal ini disampaikan oleh Gusmadi Bendahara IWS Jakarta kepada Jufri dari Majalah Saran.

Pengelola Amil Zakat  di DKI masih tetap ditangani oleh pengurus. Mereka adalah muka lama dibawah komando ketuanya H. AndriNovel. Selain itu mereka juga punya daftar calon muzaki yang sama dengan tahun-tahun ditambah dengan muka baru.

Saat ditanya soal target mustahiq  yang akan dibagi, Rizal -Panggilan akrab Gusmadi, menjelaskan “Kita tetap pada koridor yang telah kita lalui sebelummya yaitu Mustahiq Konsumtif, Mustahiq Produktif dan Bea Siswa. Semua ini tergantung dari perolehan dan kepercayaan yang diberikan oleh muzakki pada kami,” ujarnya.

Pada tahun tahun sebelumnya, pengelolaan zakat yang dipercayakan kepada DPC IWS Jakarta selalu meningkat. Tahun 2007 senilai Rp. 7,8 Juta, 2008 senilai Rp 26 Juta, 2009 senilai Rp 54,5 Juta dan 2010 sebanyak Rp 57 Juta. Lebih lanjut beliau juga mengaharapkan perolehan (pengelolaan) tahun ini juga lebih meningkat lagi. Hal ini dimaksudkan agar lebih banyak juga warga yang terbantu terutama untuk beasiswa dan Mustahiq produktif.

Pada kesempatan yang berbeda H. Andri Novel dan Ketua bidang Keagamaan Aidon Fitri menjelaskan, tentang prioritas beasiswa mungkin  akan ada perobahan.  Selama ini kami memberikan beasiswa pada anak kemenakan kita dari kampung. “Namun sekarang kami akan perioritaskan pada warga di DKI karena ini adalah wilayah kerja dan tanggung jawab kami,” ucapnya.

Pengurus juga berharap diberi kepercayaan lebih besar oleh muzakki agar dapat membantu dan mempercepat pengentasan mustahiq di Jakarta dengan pemberian modal kerja.

Selain itu pengelola zakat mal IWS Jakarta menghimbau kepada DPP untuk menjadikan ini sebagai program Pusat dengan mengukuhkan Baitul Maal IWS. Himbauan yang sama juga disampaikan pada cabang IWS lain demi percepatan sosialisasi pengelolaan zakat di kalangan perantau kita. (GS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: