Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

H. Yunasman SE.M.Si, Ketua Pengurus Harian Yayasan Pendidikan menyerahkan bantuan pendidikan

Posted by majalahsaran pada Agustus 22, 2011

Memanfaatkan momen  awal tahun ajaran baru 2011/2012, Yayasan  Pendidikan Saniangbaka  atas kesepakatan  Dewan Pembina dan Dewan  Pengurus  mensegerakan pencairan  dana bantuan  kepada  putra putri Saniangbaka yang akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang berikutnya.

Kamis  14 Juli 2011, bertempat di Masjid Raya Saniangbaka dilangsungkan acara penyerahan dana bantuan kepada 11 orang penerima  terdiri  dari 7 orang memasuki perguruan tinggi, 2 orang masuk SLTA dan 2 orang masuk  SLTP.

Acara penyerahan  dihadiri  oleh Wali nagari , KAN, BMN, dewan pengurus, Tim verivekasi dan orang tua penerima  dana bantuan.  Tarmizi  Mkt Sutan  mewakili tim verifikasi  dalam sambutannya menyampaikan bahwa  tim verikikasi berupaya mengemban tugas yang dipercayakan sebaik mungkin,  mendistribusikan formulir penerima  dan merekomendasikan kepada dewan pengurus berapa nilai nominal bantuan yang akan diberikan setelah melalui proses penjajakan data dan segala macam  pertimbangan untuk diusulkan  kepada dewan pengurus sebagai penerima.

Naspi Dt Mudo Nan Itam SH Msi yang didampingi oleh H. Yunasman SE.M.Si, Ketua Pengurus Harian Yayasan Pendidikan dalam sambutannya menjelaskan sedikit kilas balik  upaya pendirian Yayasan Saniangbaka.

Sebelum yayasan terbentuk  sebetulnya sudah ada nama nama organisasi sosial kemasyarakatan Saniangbaka  yang mencoba bergerak dalam  pemberian bantuan d ibidang pendidikan seperti Yamsa yang dicanangkan sewaktu Pubas 1996.

Akan tetapi karena kurangnya komitmen sehingga kebradaan Yamsa tidak bertahan lama hilang dalam perjalanan waktu. Ketika  usai acara syukuran terpilihnya   Bupati Solok Drs Syamsu Rahim dengan  Desra Ediwar.A dan Wali kota  Solok Drs.Irzal Ilyas  dengan Zulelfian Dt Tianso di lapangan Balai-balai Adat nagari Saniangbaka, ide dan semangat untuk mendirikan Yayasan pendidikan  untuk Saniangbaka mengapung lagi, maka disepakatilah  tiga orang tokoh masyarakat Saniangbaka yakni  H.Yunasman SE.M.Si, H.Naspi Dt Mudo Nan Itam. Dt Tan Bagagar SH.Mh. Amanah  diberikan kepada  mereka  didasarkan  kepada Kompetensi mereka yang tidak diragukan lagi untuk merancang persiapan  hingga terbentuknya Yayasan Pendidikan Saniangbaka.

Lebih lanjut Naspi Dt Mudo Nan Itam menjelaskan bahwa setelah     struktur  pengurus yayasan dibentuk kemudian yayasan  mengantongi   akta notaris sambil menunggu pengesahan dari Kementerian hukum dan HAM. Soal nama dalam forum pertemuan  pengurus pernah diusulkan beberapa nama diantaranya Yayasan Bukik Gajah duabalang, Yayasan Camin Taruih, Yayasan Tangaya akhirnya disepakati nama Yayasan Pendidikan Saniangbaka.

Menyinggung soal program yayasan dijelaskan bahwa prioritas awal adalah pemberian bantuan dana pendidikan  kepada  anak nagari Saniangbaka yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya seperti anak tamat SD masuk ke SLTP, tamat SLTP masuk ke SLTA dan tamat SLTA masuk ke Perguruan tinggi. Untuk masuk SLTP dan SLTA diutamakan yang sekolahnya di kampuang (dalam nagari) yang sekolah di luar dalam  nagari dianggap punya kemampuan secara ekonomi.

Program lainnya mendirikan lembaga pendidikan. Dalam kesempatan, demikian Naspi Dt Mudo Nan Itam, pekerjaan yang berat itu adalah menghimpun dana  dari sumber yang diharapkan.  Untuk itu  diimbau kepada seluruh warga Saniangbaka di mana saja berada mari kita besarkan Yayasan  dengan menyalurkan kelebihan  rezki  melalui  Zakat,infak sadaqahnya (ZIS) kepada Yayasan Pendidikan Saniangbaka.

Dasrizal Chandra Bahar sebagai kepala pemerintahan  Saniangbaka dalam sambutannya menyampaikan pesan terutama kepada penerima,  pergunakanlah bantuan dana dari yayasan Pendidikan Saniangbaka dengan sebaik-baiknya  untuk keperluan pendidikan. Jangan disalahgunakan sehingga maksud dari bantuan tersebut mencapai sasaran yang diharapkan.

Ke depan bila yayasan sudah berjalan dengan lancar kita tidak mendengar lagi anak –anak nagari kita Saniangbaka yang terlantar pendidikannya. Lebih lanjut diharapkan  bagi penerima sekarang ini suatu saat kelak  juga bisa berbuat yang terbaik untuk kemajuan nagari Saniangbaka.

Setelah orang tua penerima menanda tangani naskah serah terima dan kwitansi dana bantuan  maka  Atrizon SPd,  salah seorang pengurus yayasan, mengumumkan daftar penerima   dana bantuan pendidikan penyerahan  diberikan secara simbolis, untuk tingkat SLTP dan SLTA diserahkan oleh H.Yunasman SE.MSi dan penyerahan kepada penerima tingkat perguruan tinggi diserahkan oleh Dasrizal Chandra Bahar. Acara penyerahan semakin hikmat karena  ditutup dengan pembacaan do’a yang dibacakan oleh Drs.Irfan Umir Dt Mustafa. (nusa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: