Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Ketua Umum DPP IWS Dr. H. Chairul Umaiya MM. AK:”Pendidikan Akan Dapat Menyelesaikan Persoalan Bangsa “

Posted by majalahsaran pada Agustus 22, 2011

Persoalan Pendidikan mendapat perhatian khusus  dari Ketua Umum DPP IWS Dr. H. Chairul Umaiya MM.AK, yang baru saja terpilih pada Mubes IWS kemaren. Beliau menjelaskan betapa pendidikan itu begitu penting untuk mengatasi berbagai persoalan. “Dengan Pendidikan akan dapat menyelesaikan persoalan Bangsa,” ujarnya pada saat rapat penyempurnaan Struktur  Pengurus DPP IWS periode 2011-2015, di kediaman beliau beberapa waktu lalu.

Menurut Chairul, semakin tinggi pendidikan seseorang akan semakin tinggi pula kemampuannya dalam mengatasi suatu persoalan. Sebab dengan pendidikan itu akan diasah pengetahuan dan pemahamannya. Lalu akan muncul generasi yang berwawasan luas yang tahu mencarikan solusi terhadap masalah Nagari ataupun masalah bangsa. Bila generasi Saniangbaka sudah rata-rata berpendidikan tinggi, tentu masa depan Nagari akan lebih cerah.Oleh karena itu, katanya, untuk ke depannya I WS perlu mencarikan solusi untuk warga yang tidak mampu yang kesulitan dalam melanjutkan pendidikan anaknya.

Sumber pendanaan yang potensial untuk mengatasi masalah tersebut menurut beliau adalah dana Zakat, Infaq dan Shadaqah dari warga. Untuk itu, katanya, gagasan untuk membentuk Baitul Mal perlu direalisasikan. Perlu lebih ditingkatkan upaya pengumpulan zakat dari warga mampu untuk selanjutnya dibagikan kepada yang membutuhkan. Sebelumnya perlu juga dilakukan pendidikan kepada masyarakat agar tumbuh jiwa Zakat Minded atau sadar akan kewajiban berzakat.

Dengan tidak membuang waktu, pada saat selesai menyusun nama-nama yang duduk dalam struktur kepengurusan baru tersebut, Ketua langsung menyebutkan dan membahas secara sekilas rancangan program kerja DPP ke depan.

Ketika itu ada sekitar 8 program utama yang dicanangkan untuk kerja ke depan, di antaranya;
– Penyempurnaan AD/ART yang nantinya sebagai syarat untuk mendaftarkan ke Depkumham,
– Penyelesaian Gedung Serba Guna di Cibitung dan penetapan pengelolanya,
– Pelaksanaan Pulang Basamo IWS 2014,
– Turnamen IWS cup,
– Terus Terbitnya Majalah Saran,
– Pendidikan Dan Dakwah,
– Mendorong masing-masing DPC agar punya Gedung Serba Guna,
– dan memperkuat kepedulian kepada warga.

Untuk lebih lengkapnya mengenai program kerja tentu akan dibahas dan ditetapkan pada Rapat Kerja DPP IWS yang akan diadakan nanti. Setidaknya ini dapat menggambarkan bahwa personil  DPP yang baru terlihat ingin segera bekerja, tidak ingin berlama-lama. Kemungkinan pengurus ini dapat langsung bekerja dikarenakan Ketua Umum terpilih tersebut bukanlah orang baru.

Kita tahu sebelum Pak Anga, beliau adalah Ketua Umum juga. Jadi tentu beliau sudah sangat faham mengenai IWS, di samping itu figure-figur pendampingnya pun bukan juga orang baru. Jadi tidak perlu perkenalan atau penyesuaian lagi.

Hal yang juga menjadi penekanan bagi  Ketua adalah tentang persatuan dan kesatuan. Penekanan akan hal itu disampaikan oleh Ketua pada waktu sebelumnya yaitu pada waktu menyampaikan kata sambutan saat pembukaan IWS CUP. Persatuan dan kesatuan memang menjadi kata kunci dalam semua urusan. Bila hal itu dapat terjaga, maka betapapun beratnya masalah tentu akan menjadi ringan. (yd)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: