Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

PSSB Wadah Pembinaan Pemuda Pelajar Saniangbaka

Posted by majalahsaran pada Agustus 22, 2011

”Saniangbaka  Di Dadaku, PSSB Kebanggaanku,” demikian motto pemuda pelajar Saniangbaka yang tergabung dalam kelompok Persatuan Sepak bola Saniangbaka.Tiga bulan  belakangan ini PSSB mencoba kembali berkiprah menghimpun para pemuda pelajar Saniangbaka.

Mereka terdiri dari pelajar yang masih aktif dengan  berbagai sekolah asal baik SMP, MTsM, SLTA,, Mahasiswa dan bahkan ada di antara  mereka yang tidak berstatus pelajar. Artinya mereka adalah unsur Pemuda. PSSB kali ini adalah  dalam bentuk format baru mempunyai sekretariat di kantor bekas Desa Balai Mansiang,  tepatnya depan lapangan Balga.

Untuk mewujudkan program kegiatan PSSB di lapangan para anggota   didampingi oleh  Zaki Zakaria, selaku Ketua umum PSSB.  Zaki menjelaskan, munculnya kembali  semangat PSSB dalam format baru  yang lebih professional kali ini tidak lain adalah  karena  ingin mewadahi pemuda pelajar Saniangbaka kepada kegiatan yang positif yang selama ini terkesan banyak uru-uruannya.

Bakat dan potensi yang dimiliki  pemuda pelajar tersebut tidak tersalur,  bahkan sesama pemuda pelajar tidak saling kenal mengenal. PSSB hadir untuk mencoba menjawab realita tersebut.

Dijelaskan bahwa sekarang ini keanggotaan PSSB ± sebanyak 100 orang. Mereka kebanyakan anggota yunior dan sekitar belasan orang anggota senior. Sesuai dengan program yang telah dirumuskan bersama secara berkala 1 kali seminggu diadakan latihan resmi di Lapangan Bola Kaki Sumani dengan mendatangkan pelatih  dari Padang.

Belakangan ini  latihan bersama pelatih tidak lagi bisa dilanjutkan karena terkendala biaya pelatih. Diharapkan dengan adanya latihan resmi melalui beberapa kali  pertemuan maka sedikit banyak  anggota  PSSB   mendapatkan   pengetahuan dan skill tentang sepak bola.  Berkat adanya latihan selama ini PSSB sudah mampu menunjukkan prestasi  sparing antar nagari yang cukup baik bahkan pernah Sparing ke Batu Sangkar.

Menyinggung program selama Ramadhan 1432 H para anggota PSSB hanya melakukan latihan  dalam bentuk Futsal di Lapangan SD Balai Gadang. Rupanya Tidak saja  Bola kaki yang digalakkan dalam PSSB akan tetapi  juga   bidang keagamaan. Kegiatan diskusi keagamaan telah dilaksanakan beberapa kali  oleh para anggota PSSB yang bertempat di Sekretariat PSSB. Insya Allah ke depan  kegiatan diskusi keagamaan tempatnya akan dilaksanakan di Masjid. Hal ini sudah disetujui oleh beberapa Pembina di antaranya Handra Kurniawan .SE Juni Epi Candara.MAg.

Berkaitan dengan sarana Lapangan dan program lainya dijelaskan kepada Saran, bahwa mengenai  Lapangan Bola Kaki di Lekok Puruk  sebetulnya PSSB punya keinginan besar bagaimana Lapangan tersebut bisa dimanfaatkan. Hanya saja mereka belum tahu langkah atau prosedur yang akan ditempuh.

Berdasarkan usulan dari beberapa tokoh masyarakat yang mempunyai kepudulian terhadap lapangan tersebut, sangat mendorong  semangat PSSB untuk melakukan sesuatu. Tentu saja ini semua bisa terwujud bila ada dukungan penuh dari lembaga pemerintahan, KAN, BMN, Pemuda dan IWS.

Menurut Zaki, banyak terdengar suara  yang pesimis dengan   menyebut kekurangan lapangan Bola kaki yang kita punya. Sampai kapan  kita selalu menumpang di lapangan punya orang lain. “Insya Allah kalau ada dukungan moril dan materil secara bertahap, Lapangan Bola kaki Puruk  akan kita benahi,” ucap Zaki.

Langkah awal mungkin akses jalan yang mendaki ke lokasi lapangan perlu dicor semen  dan diberesi saluran drainasenya. Memang yang kami punya baru berupa semangat. Kalau sesuatu itu sudah kita tekadkan secara perlahan mimpi itu bisa menjadi nyata.

Melalui  saran, Zaki menitipkan rasa terima kasih kepada para dermawan yang telah turut memberikan  sumbangannya kepada PSSB. Perlu  diinformasikan  bahwa dana yang telah dihimpun hingga sekarang  ini telah digunakan untuk biaya sekretariat dan biaya transportasi pelatih. (nusa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: