Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Surau Tauhid Kepala Labuh Gelar Khatam Qur’an

Posted by majalahsaran pada Agustus 22, 2011

Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Mushalla Tauhid Jorong  Kapalo Labuh  menggelar  Khatam Al-Qur’an, Jum’at  1 /7) . Rangkaian  kegiatan yang berlansung tiga hari tersebut  diawali dengan pembukaan Khatam yang dibuka secara resmi oleh  Zulfatmai..Ag KUA Kec X Koto Singkarak. Turut hadir  dan beri kata sambutan Ketua KAN Saniangbaka.mewakili lembaga nagari  karena pada waktu yang bersamaan Wali Nagari Saniangbaka dan ketua BMN menghadiri Mubes IWS di Ciawi Bogor.

Kegiatan Tamat Kaji (Khatam)  di Suaru Tauhi Kapalo Labuh kali diikuti oleh 49 orang peserta terdiri dari 16 orang laki-laki, 33 orang perempuan, sebagian peserta adalah anak mangaji dari surau lainnya dalam ke nagarian Saniangbaka.

Secara umum prosesi kegiatan khatam berjalan dengan lancar dan meriah  karena adanya dukungan penuh tidak hanya panitia, orang tua peserta  akan tetapi juga warga masyarakat dalam kampuang. Semuanya  turun tangan korbankan waktu dan tenaga.  “Istilahnya lah manjadi alek nagari,” ungkap Amsi  Fondri, Sekretaris kegiatan Khatam.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Septrismen, ketua seksi dana, menjelaskan kepada Saran bahwa atas nama segenap panitia mengucapkan terima kasih yang tak terhingga  atas sumbangan dana dari  para dermawan  maupun melalui beberapa cabang  IWS   yang turut berpartisipasi demi suksesnya khatam qur’an di Suaru Tauhid Kpl Labuah.

H.Syukri Dt.Gadang, Ketua KAN Saniangbaka, dalam sambutannya  mengajak peserta    Tamat Kaji (Khatam) jangan  semata-mata untuk mengharapkan  kemenangan dan penghargaan semata, tetapi lebih dari itu dapat memotivasi masyarakat terutama peserta sebagai  generasi muda menghidupkan tradisi mencintai dan memuliakan  Al-Quran.

Selain itu, jadikan khatam sebagai  momentum evaluasi sejauhmana kualitas kedekatan antara perilaku manusia dengan nilai-nilai moral yang menjadi pesan utama Al-Quran, sehingga seluruh aktivitas kehidupan yang kita jalani senantiasa berlandaskan pada nilai-nilai luhur Al-Quran dalam naungan keberkahan dan keridhoan Allah SWT.

Zulfatmai S.Ag dalmm sambutannya mengimbau  kepada orang tua peserta khatam untuk tetap mendorong anak-anak kita tetap membiasakan membaca al Quran dan kepada peserta diharapkan jangan puas sampai dikhatam saja teruslah belajar membaca dan mendalami al-quran. Panitia yang telah bersusah payah mengangkat kegiatan khatam ini mudah-mudahan menjadi amal kebaikan. Kemudian secara resmi kegiatan khatam dimulai dengan menampilkan kebolehan masing-masing peserta dalam membaca Al-qur.an.

Pekerjaan yang sangat memerlukan  waktu dan tenaga serta kebersamaan adalah proses penyembelihan  7 ekor sapi aqiqah hingga masak di kancah. Setelah proses demikian selesai maka kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh rang kampuang baik nan gadang maupun nan ketek-ketek adalah makan bajamba yang telah disiapkan oleh panitia untuk para undangan. Makan bajamba dimulai setelah usai shalat jum’at. Tempat acara makan bajamba ini di Surau Tauhid Kapalo  Labuh tidak ada masalah karena lokal MDA Bahrul Ulum yang ada di depan surau Tauhid bisa dimanfaatkan.

Rusmadi Kasim St.Sinaro yang akrab disapa Edi Naro selaku ketua panitia menginformasikan  bahwa setelah makan bajamba  sekitar jam 14.30.Wib para peserta  mengikuti arak-arakan keliling nagari  yang diringi oleh  Drum Band MTsM Saniangbaka. Puncak kegiatan  khatam diadakan malam  dana dan hiburan  bersama  gambus Nida Ul Islam, panitia juga menyediakan restoran amal  dan lelang kue.

Pada malam puncak tersebut  diumumkan peserta terbaik serta penyerahan piagam, hadiah serta pengucapan ikrar peserta Khatam. Berhasil sebagai peserta terbaik pertama adalah Roza Armayuni mendapat hadiah 1 bintang emas, terbaik kedua Elvia Oktaviani dengan hadiah ½  emas , dan terbaik ketiga diraih oleh Anfi Sintia denagn hadiah ¼ emas.

Semua peserta Khatam masing-masingnya mendapat  1 buah Al-qur’an  terjemahan yang disumbangkan oleh PT.CNM. Lebih lanjut dijelaskan  secara umum laporan keuangan dapat diinformasikan bahwa jumlah pemasukan dari berbagai sumber berjumlah Rp. 97.132.500.- Sedangkan pengeluaran Rp. 90.923.100.- jadi terdapat sisa lebih  kas panitia Khatam Rp. 6.209.400.  (nusa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: