Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Wali Kota Solok H. Irzal Ilyas M.M: “Orang Saniangbaka Cukup Berkontribusi Di Kota Solok“

Posted by majalahsaran pada Agustus 22, 2011

Keberadaan dan peran Urang Saniangbaka di Kota Solok mendapat respon positif. Respon tersebut tidak datang dari sembarangan orang, tetapi datang dari orang nomor satu di Kota tersebut, yaitu H. Irzal Ilyas M.M.

Dengan terus terang beliau mengakui kontribusi ‘Urang Awak’ di wilayah yang ia pimpin. “Orang Saniangbaka itu cukup punya kontribusi di Kota Solok,” ujarnya kepada Saran, seusai acara pembukaan IWS CUP ke 9, pada tanggal  2 Juli 2011 lalu di Jakarta.

Kontribusi yang dimaksud beliau adalah dalam banyak hal, di antaranya kontribusi di dunia usaha. Banyak usaha yang diperankan oleh orang Saniangbaka di Solok. Beliau mengaku kenal baik dengan para tokoh tersebut. Kebersamaan yang terpelihara di Kota Solok juga tidak terlepas dari kontribusi orang Saniangbaka.

Kehadiran Irzal sendiri adalah karena memenuhi undangan Panitia untuk menghadiri sekaligus membuka kegiatan tersebut. Kehadiran beliau dapat memperlihatkan kedekatan antara pemimpin Kota Solok dengan salah satu unsur Kenagarian yang ada, yang mana Saniangbaka tentu merupakan bagian yang tak terpisahkan. Kedekatan dengan Saniangbaka sebenarnya sudah lebih dahulu sudah terjalin kuat oleh karena yang menjabat sebagai Wakil beliau adalah putra Saniangbaka, yaitu Zul Elfian Dt. Tianso.

Irzal waktu itu terlihat begitu semangat dan antusias ketika memberikan kata sambutan. Dia menilai kegiatan ini sangat berguna untuk memperkuat hubungan kekeluargaan antar sesama. “ Kegiatan seperti ini diperlukan untuk mempererat hubungan silaturahmi. Selain itu kegiatan ini juga punya dampak ekonomi, terutama apabila tempat pelaksanaannya diadakan di kampung halaman,” katanya.

Hal itu berdasarkan pengalaman yang ia rasakan pada saat acara Pulang Basamo IWS 2010. Seperti diketahui, pelaksanaan turnamen IWS CUP ketika itu mengambil tempat di Hall Lapangan Merdeka Kota Solok. Dengan even tersebut, apalagi ditambah dengan hilir mudiknya warga Saniangbaka yang pulang, benar-benar membuat Solok penuh sesak.

Oleh karena itu, dia berharap agar turnamen ini lebih sering diadakan di kampung halaman. “ Kalau perlu untuk dua tahun sekali diadakan di kampung,” harapnya. Beliau juga memuji kekompakan warga Saniangbaka. Hanya dengan kekompakanlah acara seperti ini bisa diadakan. “Saya tahu Orang Saniangbaka itu di mana-mana bersatu,” ucap Irzal.

Dalam perbincangan tersebut, beliau  juga menceritakan tentang suasana keharmonisan di Kota yang terkenal dengan Barehnya ini. “ Suasana harmonis tersebut terwujud adalah berkat kita selalu menumbuhkan rasa keadilan di tengah masyarakat, sehingga tidak ada rasa kecemburuan sosial,” papar pak Wali.

Apa yang dijelaskan tentang keharmonisan itu memang tidaklah berlebihan. Kita dapat saksikan bahwa di Kota Solok memang jarang sekali terjadi keributan, atau tawuran seperti yang sering terjadi di Jakarta, Ibu Kota Negara ini. Semoga suasana tersebut terus dapat dipelihara hendaknya. (yd)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: