Majalah Saran

Penggerak Dinamika Saniangbaka

  • Bacaan Para Pengambil Kebijakan

Wali Nagari Dasrizal Chandra Bahar:“ Chairul Umaiya Ketua Umum, adalah Pilihan Pas”

Posted by majalahsaran pada Agustus 22, 2011

Terpilihnya H. Chairul Umaiya sebagai Ketua Umum DPP IWS disambut baik oleh Wali Nagari Saniangbaka, Dasrizal Chandra Bahar. Dia menilai itu adalah pilihan yang tepat. “ terpilihnya H. Chairul Umaiya sebagai Ketua Umum IWS adalah pilihan yang pas,” katanya kepada Saran ketika dijumpai saat kunjungannya di Jakarta awal Juli lalu. Pak Wali melihat pasnya pilihan itu adalah dari sisi kemampuan dan kemauan. “  Chairul Umaiya adalah orang yang punya kemauan dan juga kemampuan,” ujarnya.

Keunggulan lain disebut Pak Wali yang ada pada Pimpinan Grup Manisa Jaya itu adalah tentang kemampuannya dalam bidang organisasi. “ Beliau adalah seorang organisatoris,” ucapnya. Oleh karena itu sambung Pak Wali, untuk ke depannya dapat diharapkan adanya perubahan pada organisasi IWS, yaitu bisa menjadi ormas yang ideal, dengan selalu merujuk kepada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Organisasi.

Pak Wali pun memberikan masukan tentang bagaimana kiat untuk memajukan IWS ke depannya. Dia menyebut tentang persoalan dana sebagai hal vital dalam sebuah organisasi.  “Perlu adanya iuran anggota untuk mengisi kas, karena itu adalah urat nadinya organisasi,” katanya.

Ketika ditanyakan berapa kira-kira angka yang pas bisa dibebankan kepada anggota, beliau menjawab bahwa mengenai angka tentu relative. Tergantung dari kemampuan warga, tapi dengan minimal Rp 10 ribu/KK  perbulannya barangkali tidak memberatkan.

Mengenai perhatian IWS ke kampung halaman selama ini dinilainya sudah bagus, tapi tentu masih perlu ditingkatkan lagi. Di antara bantuan rantau yang disebutnya sangat berguna dan bermanfaat itu adalah adanya Pustaka Nagari. Beliau memberitahu berdasarkan penilaian tentang perpustakaan yang dikelola nagari oleh pihak yang berkompeten, maka Pustaka Nagari kita itu adalah yang terbaik se kabupaten, tentu ini merupakan sebuah kebanggaan.

Bantuan lain yang juga sudah dimanfaatkan dengan baik di kampung adalah Ambulan. Hanya saja, mengenai Ambulan ini ada sedikit terdengar adanya keberatan dari warga di kampung. Ada yang keberatan tentang tarif yang ditetapkan oleh pengelola.

Menanggapi hal itu, Wali menyebut bahwa angka yang ditetapkan itu sudah merupakan hasil keputusan bersama dalam rapat antara KAN, Wali, dan BMN. Menurut beliau angka yang ditetapkan itu sudah mempertimbangkan segala sesuatu yang berkaitan dengan operasional Ambulan tersebut.

Pada kesempatan itu, Wali juga mengkritik pihak-pihak yang kurang puas terhadap penyelenggaraan Pemerintahan Nagari, tapi hanya membicarakannya di Palanta. Dia mengharapkan agar segala keberatan itu disampaikan lewat saluran yang sudah ada.

Beliau mengakui bahwa Pemerintahan Nagari di bawah pimpinannya memang belum bisa dikatakan sukses, tapi beliau juga tidak merasa gagal. Dia juga merasa tidak pernah melakukan pelanggaran dalam menyelenggarakan pemerintahan ini.

Beliau memahami besarnya harapan dan tuntutan dari masyarakat terhadap dirinya, tapi tentu tetap saja apa yang dilakukannya hanya dalam batas wewenang dan kemampuan. “ Wali itu kan bukan malaikat yang bisa melakukan segalanya,” katanya.

Juga disebutkan bahwa beban untuk pengelolaan masyarakat dan Nagari itu tidak hanya tertumpu pada dirinya sebagai Wali, tapi juga ada lembaga lain yang berkompeten, yaitu KAN dan BMN. Menurutnya, Wali Nagari itu urusannya adalah di bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Nagari.

Mengenai persoalan mental dan moral masyarakat adalah bagiannya Ninik Mamak dan Alim Ulama. “Masyarakat kadang-kadang tidak bisa membedakan antara lembaga yang ada, antara Wali, KAN, BMN dan lembaga lainnya,” ujarnya.

Sungguhpun begitu, ujar Wali, sebenarnya dia sudah melakukan pendekatan ke semua pihak untuk mengatasi persoalan yang ada di tengah masyarakat. Diapun menghimbau kepada masyarakat agar menjauhi prasangka negative. Jangan hanya asal komentar, tapi perlu membiasakan sikap sportif dan gentlemen. (yd)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: